Doku Talk Tantangan Ekonomi 2023 Bisa Jadi Peluang di Indonesia.jpg

Bisnis

Doku Talk: Tantangan Ekonomi 2023 Bisa Jadi Peluang di Indonesia

Efek pandemi baik diakui atau tidak, masih terasa hingga sekarang dari sisi perkembangan ekonomi di Indonesia dan ini belum ditambah dengan proyeksi potensi krisis ekonomi di tahun 2023. Hal ini bahkan sempat disinggung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Oktober 2022 lalu yang ia sebut krisis pangan 2023 bisa terjadi dengan pemicunya adalah perang Rusia dan Ukraina sehingga tantangan ini bukan hanya dirasakan Indonesia tapi juga global. Menurut Praktisi Keuangan dan Investasi Benny Sufami, walau tantangan ini akan muncul tapi di sisi lain publik tak perlu khawatir, karena kondisi ini juga dapat memicu munculnya peluang ekonomi bahkan menjadi waktu berinvestasi.

Analisa dari Benny itu disampaikan dalam kegiatan Doku Talk pada 24 November 2022 yang membahas mengenai efek perhelatan G20 terhadap perekonomian di Indonesia. Di mana dalam Konferensi Tingkat Tinggi yang digelar di Bali itu dikisahkan mengenai kolaborasi para petinggi negara dalam upaya bersama menghadapi tantangan krisis ekonomi global yang di mana ini terdiri dari agenda untuk menghasilkan pembangunan yang berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi, serta membuka lapangan pekerjaan.

Doku Tal  Tantangan Ekonomi 2023 Bisa Jadi Peluang di Indonesia.jpg

Namun di sisi lain tantangan ekonomi di tahun 2023 masih terus membayangi berbagai negara khususnya Indonesia. Menurut Benny, pemerintah serta masyarakat Tanah Air sudah merasakan beberapa kali krisis yang walau berat tapi tetap bisa dilewati sehingga publik tak perlu khawatir dengan proyeksi terkait krisis tahun 2023. Bahkan ia mengindikasikan, momen ini justru menjadi waktu yang positif untuk berinvestasi tapi dengan catatan menganalisa terlebih dahulu profil risiko.

“Kita sudah pernah mengalami krisis pada 1998, 2008, 2020, dan kita mampu melewatinya. Ke depan, tentu memiliki peluang, apalagi tahun 2024, di Indonesia ada pemilu, yang kemudian menjadi tenaga baru untuk bursa saham kita bisa mengalami kenaikan kembali. Dan ini, kalau kita cerna dengan baik adalah waktu yang baik untuk investasi dengan melihat profil risiko masing-masing,” ujar Benny Sufami dalam Doku Talk: Efek Ekonomi G20, Melihat Opportunity Investasi, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (24/11/2022).

[Baca Juga: Doku Talk Diskusikan Resesi Global dan Hubungannya dengan Tanah Air]

Benny melanjutkan, peluang selalu ada khususnya di tahun 2023 nanti tapi ia menyarankan agar investor ada baiknya melakukan penjajakan terlebih dahulu demi meminimalkan potensi kerugian. “Ini harus menjadi dasar kita, selalu saya sebutkan di setiap perbincangan bahwa untuk memulai investasi, maka investor harus mengetahui profil diri sendiri. Lalu kita mesti kenali antara kebutuhan dan keinginan, sehingga kita dapat melakukan evaluasi keuangan. Dan tentunya untuk mencegah investasi ilegal, kita harus terapkan 2L (Legal dan Logic) demi menghindari kerugian yang besar,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.