Dokumen AMDAL Seluruh Resto Di Kelapa Gading Akan Diperiksa

Bisnis

Dokumen AMDAL Seluruh Resto Di Kelapa Gading Akan Diperiksa

Pengelolaan limbah produksi sudah seharusnya menjadi tanggung jawab produsen. Hal ini sebagaimana Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah. Meski begitu, masih ditemukan produsen yang tak bertanggung jawab untuk mengelola limbah produksinya.

Di Kelapa Gading, Jakarta Utara misalnya, baru-baru ini saat petugas dan warga melakukan pembersihan saluran air, mereka menemukan adanya limbah yang diduga berasal dari salah satu restoran di kawasan tersebut, (1/3/2020). Saat mereka melakukan pembersihan, mereka menemukan lumpur dan limbah lemak yang mengeras di dalam saluran air.

Dokumen AMDAL Seluruh Resto Di Kelapa Gading Akan Diperiksa

Terkait insiden tersebut, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Achmad Hariyadi mengatakan pihaknya akan melakukan pemeriksaan dokumen Analisis mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) seluruh restoran di sepanjang Jl. Boulevard Raya dan Jl. Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sebab, mengacu pada Perda yang berlaku, setiap rumah makan wajib memiliki alat pemisah limbah yang dilengkapi dengan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

[Baca Juga: Cara Menanggulangi Limbah pada Saluran Air]

"Kita mau cek dokumennya. Tidak hanya restoran itu, tapi seluruhnya kita mau cek," ujarnya, dilansir dari beritajakarta.go.id, (2/3/2020).

Sementara itu Camat Kelapa Gading M. Harmawan mengatakan akan menurunkan tim kolaborasi Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara untuk melakukan pengawasan kepada seluruh restoran yang ada di Jl. Boulevard, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Hal itu ditujukan agar saluran pembuangan di daerah tersebut tidak tersumbat air limbah dari restoran.

[Baca Juga: Jangan Buang Minyak Jelantah Sembarangan, Sedekahin Aja!]

"Kalau mereka tidak mempunyai IPAL kita akan berikan tindakan. Ini berlaku untuk seluruh rumah makan yang berada di Boulevard Raya," tandasnya.

Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara selama ini memang menjadi salah satu daerah di ibu kota yang kerap dilanda banjir saat musim hujan tiba. Tak jarang banjir yang melanda kawasan tersebut turut melumpuhkan aktivitas warga dan memutus akses jalan karena volume genangan air yang tinggi.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.