Maggot

Bisnis

Dorong Ekonomi Hijau, Kabupaten Tangerang Budidaya Maggot

Kabupaten Tangerang melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 1 DKI Jakarta dan Banten telah resmi bekerjasama mengembangkan bisnis lokal dalam mendorong ekonomi hijau berkelanjutan atau green financing di Kabupaten Tangerang. Bergerak secara kolektif bersama masyarakat lokal, bentuk kerja sama ini berupa pengembangan bisnis lokal budidaya maggot.

Maggot atau dikenal dengan sebutan larva tentara hitam – larva black soldier fly – dipilih bukan tanpa alasan. Minimnya jumlah produsen penyedia hewan yang terlihat menjijikkan ini menjadi pertimbangan utama bisnis lokal ekonomi hijau berkelanjutan diarahkan untuk berfokus dalam pengembangan budidaya ini.

[Baca Juga: Kembangkan Budidaya Maggot BSF, Pemkot Tangerang Gelar Webinar]

Selain ketersediaan peluang yang masih cukup besar, pemilihan budidaya maggot juga dikarenakan manfaat sampingan yang dihasilkan dari proses panjang selama budidaya. Seperti, maggot mampu mengurangi volume sampah organik, dikarenakan budidaya maggot nantinya bertumpu pada proses pengendapan sampah-sampah organik yang diuraikan untuk dijadikan wadah pengembangbiakan maggot itu sendiri.

“Budidaya maggot ini menjadi solusi. Selain mengurangi volume sampah organik, maggot juga dapat menambah nilai ekonomis dengan memanfaatkannya menjadi sebuah produk.” Ujar Sabarudin, Direktur Manajemen Startegis, EPK, dan Kemitraan Pemerintah Daerah OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, Minggu, (12/12/2021).

Maggot

Tak hanya mampu mengalihwahanakan sampah organik menjadi wadah budidaya, maggot juga mampu diolah menjadi sebuah produk pakan ternak yang bernilai ekonomis tinggi. Melaluinya, nantinya maggot mampu diproses menjadi berbagai produk pakan ternak untuk beberapa hewan ternak secara beragam. Serta mampu menjadi bahan pupuk organik untuk beberapa tanaman jika berkenan diolah lebih lanjut.

“Maggot itu sendiri ramah lingkungan. Apa yang dihasilkan maggot merupakan rangkaian ekonomi sirkular. Tak hanya dapat mengurai sampah organik, namun maggot tersbeut dapat menjadi pakan lele, ayam, ataupun ungags lainnya. Maggot juga dapat menghasilkan pupuk organik,” lanjutnya.

[Baca Juga: Budidaya Maggot Efektif Atasi Masalah Sampah]

Kriteria budidaya maggot tersebut yang menjadi fokus utama dari kerja sama pengembangan bisnis lokal ini, yakni bisnis yang mampu mendorong produksi ramah lingkungan. Hal ini relevan dari induk pengembangan kerja sama ini yang mengarah pada program unggulan yang ada di Kabupaten Tangerang, yakni Kita Peduli Permasalahan Sampah (KIPPRAH) yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tangerang.

Maggot

“Maggot itu sendiri merupakan langkah baik untuk Kabupaten Tangerang. Dan kedepannya dapat memberikan satu contoh kepada perangkat daerah mengenai ekonomi berkelanjutan juga pemanfaatan limbah atau sampah yang bernilai ekonomi tinggi,” pungkasnya.

Melalui program kerja sama yang diinisasi Pemkab Tangerang dan OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten ini, saat ini budidaya maggot telah terbentuk sebanyak 24 kelompok di 5 Kecamatan di seluruh Kabupaten Tangerang. Meliputi, Kecamatan Sepatan Timur, Kecamatan Kronjo, Kecamatan Tigaraksa, Kecamatan Teluknaga, dan Kecamatan Mauk.


Read More

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.