Dorong Ekosistem Monetisasi Kreator Konten, Platform TipTip Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Dorong Ekosistem Monetisasi Kreator Konten, Platform TipTip Resmi Diluncurkan

Saat ini sudah banyak publik di Tanah Air yang memiliki passion sebagai kreator konten demi mengikuti jejak para influencer atau kreator yang menjadi inspirasi mereka apalagi usai melihat bagaimana konten dapat menjadi sumber penghasilan juga. Namun bagi mereka yang terbilang masih belum memiliki nama yang populer atau viral di media sosial, kerap kali mengalami kesulitan untuk memonetisasi konten yang mereka buat walau dari sisi bakat hingga kontennya terbilang berkualitas. Walau begitu biasanya kreator konten ini telah memiliki follower setia yang memang merasa bahwa konten yang diunggah sangat membantu mereka atau memang sesuai dengan kebutuhan, kreator seperti inilah yang ingin dibantu oleh platform TipTip.

Platform TipTip merupakan platform karya anak bangsa yang secara resmi diluncurkan pada hari ini 13 Juli 2022 yang di mana pengembangannya mendapatkan dukungan dari perusahaan modal ventura East Ventures. Berdirinya platform ini tak terlepas dari keadaan ekosistem kreator konten di Indonesia yang dipandang oleh Founder TipTip Albert Lucius. Di mana walau pasar industri kreator konten dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan diprediksi bisa menyentuh angka Rp4-7 triliun tapi bagi para kreator konten baru atau yang belum memiliki nama, mereka kesulitan untuk mendapatkan pemasukan dari upaya mereka.

Dorong Ekosistem Monetisasi Kreator Konten, Platform TipTip Resmi Diluncurka n.jpg

“Jadi sejak pandemi banyak sekali orang-orang yang kehilangan pekerjaannya dan dari sini muncul ide orang-orang bagaimana menghasilkan uang melalui sosial media melalui konten. Tapi menjelang setahun setelah pandemi, banyak yang sadar bahwa tidak semua orang bisa memonetisasi melalui sosial media. Nah dari situ ide TipTip dihadirkan untuk kreator konten dapat memonetisasi tanpa audiensi yang besar,” tutur Albert kepada PingPoint.co.id dalam peluncuran TipTip di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta Selatan (13/7/2022).

Proses monetisasi ini dilakukan dengan audiens melakukan topup TipTip Coins dan Anda bisa langsung memberikan gift kepada para kreator dengan koin virtual tersebut. Namun jangan ekspetasi bahwa TipTip serupa dengan platform kreator konten lainnya yang berharap gift dari para follower serta audiens dengan konten tidak jelas atau tak bermanfaat. Karena Albert menegaskan, pihaknya memastikan bahwa kreator yang masuk platform-nya telah melalui proses kurasi terlebih dahulu demi memastikan bahwa kontennya memang bermanfaat untuk publik dan kalau pun misalnya kategorinya entertainment dan hobi maka konten yang ditampilkan memang bersifat edukatif, menghibur, dan memang terdapat bakat yang ditampilkan. Di mana saat ini setidaknya sudah ada 500 kreator yang sudah bergabung dengan TipTip dan memiliki konten dengan fokus yang beragam seperti kesehatan, parenting, musik, kecantikan, pengembangan diri, memasak serta kuliner, sampai olahraga.

[Baca Juga: Pemko Medan Gelar Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Konten Kreator]

Contoh monetisasi di TipTip ini adalah misalnya konten yang dibuat oleh salah satu chef. Anda bisa melihat berbagai resep serta cara memasaknya secara detail dalam konten yang diunggahnya dan ada yang secara gratis atau berbayar dengan TipTip Coins. Bahkan para kreator juga bisa mengadakan sesi live sehingga bisa langsung membuat konten bersama dengan para audiensnya dan di sini Anda dapat memberikan gift dalam bentuk TipTip Coins.

Albert menambahkan, senada dengan apa yang disampaikan oleh Co-Founder sekaligus Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca, TipTip sangat transparan dari sisi monetisasinya. Di mana dalam kurun waktu 24 jam, kreator konten bisa menukarkan Coins yang terkumpul menjadi pundi-pundi rupiah ke rekening pribadi mereka. Tak hanya itu saja, pihak TipTip juga siap membantu mengasah kemampuan para kreator, menyediakan lokasi untuk pembuatan konten, hingga menghubungkan mereka dengan perusahaan atau event tertentu yang membutuhkan keahlian para kreator konten.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.