WJIS.jpg

Berita Kawasan

Dorong Investasi, West Java Investment Summit Kembali Digelar

West Java Investment Summit (WJIS) merupakan ajang promosi proyek-proyek besar di Jawa Barat yang diselenggarakan guna menarik perhatian calon investor untuk menggelontorkan dananya. WJIS 2021 adalah event ketiga yang sebelumnya sudah diselenggarakan di tahun 2019 dan 2020. Tahun ini, Jawa Barat mempromosikan 31 proyek besar untuk ditawarkan pada calon investor.

Sebagaimana tertulis dalam laman jabarprov.go.id (22/10/21), WJIS 2021 resmi dibuka pada hari Kamis – Jumat ( 21 – 22 Oktober 2021) dan dilaksanakan secara hybrid di Hotel Savoy Homan, Bandung. Selama dua hari, pemilik proyek baik swasta maupun BUMN, BUMD, dan Pemerintan Daerah melakukan pertemuan dengan para calon investor dalam dan luar negeri.

WJIS2.jpg

Menurut Noneng Komara Nengsih, Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat, 31 proyek yang ditawarkan pada calon investor memiliki nilai Rp41,6 triliun. "Tiga puluh satu proyek ini akan diperkenalkan dan ditawarkan kepada calon investor dari 17 negara. Akan ada pertemuan tatap muka dua pihak yang difasilitasi Pemda Provinsi Jabar dan Bank Indonesia Jabar," ungkap Noneng dalam sambutan pembukaan WJIS.

Tak hanya menawarkan 31 proyek besar Jawa Barat, dalam event ini juga telah ditandatangani 33 MoU yang nilainya mencapai Rp6,5 triliun antara Pemerintah Daerah Jawa Barat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota serta beberapa BUMD di Jawa Barat.

WJIS1.jpg

Noneng pun menuturkan bahwa pada semester I / 2021 Jawa Barat menempati peringkat pertama dalam realisasi investasi penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) dengan nilai total Rp. 72,46 triliun. WJIS pun menjadi salah satu upaya untuk semakin mendorong peningkatan investasi di Jawa Barat sekaligus menjadi sarana komunikasi yang baik untuk Pemerintah Jawa Barat dan para investor.

Mengusung tema ‘Navigating Post-COVID World: Investment Growth for Resilient West Java’, Noneng mengatakan bahwa tema tersebut diharapkan agar inverstasi dapat menjadi salah satu jalan keluar sekaligus menyongsong kondisi ekonomi yang lebih baik pasca pandemi. “Menunjukkan bahwa Jabar menjadi wilayah penting dalam mendorong Investasi di Indonesia, " ujar Noneng.

[Baca Juga: WJIS 2020, Kang Emil Ajak Investor Geliatkan Pariwisata di Jawa Barat]

Realisasi investasi di Jabar yang tetap tinggi di tengah pandemi didukung oleh tiga hal, yakni infrastruktur pendukung yang memadai, SDM lebih berkualitas, dan dukungan pemerintah daerah. Seperti iklim investasi baik seperti proses perizinan mudah, promosi investasi berkelanjutan, serta dukungan Pemerintah Pusat seperti melalui berbagai proyek infrastruktur nasional di Jabar.

WJIS3.jpg

Event The 3rd WJIS merupakan puncak rangkaian kegiatan Road to WJIS 2021, yaitu Forum Infrastruktur, Peluncuran Ekosistem Investasi Jawa Barat, dan Peningkatan Kapasitas Presentasi Ikhtisar Proyek Investasi. Acara puncak WJIS 2021 secara resmi dibuka dengan penyampaian keynote speech Gubernur Bank Indonesia oleh Perry Warjiyo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Menteri Investasi Indonesia/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.