Hadirkan Lingkungan Jakarta Lebih Sehat, Komunitas Eco Enzyme Lakukan Ini t.jpg

Berita Kawasan

Dorong Pelestarian Lingkungan Jakarta, Eco Enzyme Lakukan Ini

Pada akhir pekan kemarin, Komunitas Eco Enzyme Nusantara melakukan kegiatan kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang ditujukan untuk menghadirkan lingkungan yang bersih dan lebih sehat di salah satu ruang terbuka di wilayah Ibu Kota. Di mana dalam kegiatan yang digelar di Taman Menteng ini, Komunitas Eco Enzyme mendorong masyarakat Ibu Kota agar lebih peduli dalam merawat lingkungan dan ini bisa diawali dengan pengelolaan sampah melalui eco enzyme.

Sekadar informasi, eco enzyme merupakan cairan yang dibuat dari hasil fermentasi limbah organik di dapur yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Di mana cairan eco enzyme ini disebut bisa digunakan sebagai pupuk alami, memperbaiki kondisi “kesehatan” tanah, bahkan bisa dimanfaatkan untuk mengepel rumah. Hal yang membuat eco enzyme dipandang jauh lebih unggul dari produk konvensional yang dijual di pasaran adalah cairan ini sepenuhnya alami tanpa bahan kimia tambahan.

Hadirkan Lingkungan Jakarta Lebih Sehat, Komunitas Eco Enzyme Lakukan Ini .jpg

Mengolah sampah organik rumah tangga menjadi sesuatu yang bermanfaat, alih-alih dibuang begitu saja merupakan aspek yang digaungkan oleh komunitas Eco Enzyme Nusantara dalam membantu masalah sampah di Ibu Kota.“Sampah menjadi salah satu permasalahan di kota-kota besar. Sebagai kota besar, Jakarta menghasilkan sampah rata-rata mencapai lebih dari 7.000 ton per hari,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (23/1/2022).

“Kerja sama dengan Komunitas Eco Enzyme Nusantara ini merupakan bentuk kolaborasi Pemprov DKI dengan masyarakat yang sejalan dengan program KSBB Persampahan, yaitu gerakan bantu sesama yang mempertemukan kolaborator dengan masyarakat terkait dalam kegiatan pengelolaan sampah untuk mewujudkan Jakarta yang bersih, sehat dan lestari,” sambungnya.

[#R]

Dalam kegiatan di Taman Menteng pada 23 Januari 2022 itu, terlihat anggota Komunitas Eco Enzyme yang berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang hadir di kegiatan sosialisasi mengenai pengolahan sampah organik rumah tangga menjadi eco enzyme serta memilah sampah anorganik yang bisa dijual atau diolah kembali agar memiliki nilai ekonomi. Di mana dalam kegiatan ini ada demo pembuatannya, testimoni, percobaan bagi warga yang mau membuat, sampai diberikan eco enzyme secara cuma-cuma.

“Kami bekerja sama dengan Pemprov DKI untuk secara rutin melakukan sosialisasi serta edukasi pembuatan serta pemanfaatan eco enzyme secara lebih luas, dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas umum yang ada di wilayah DKI Jakarta. Eco Enzyme memiliki banyak manfaat dan sebagai salah satu solusi pengolahan sampah organik yang mudah dan murah, sehingga dapat dilakukan oleh masyarakat,,” tambah Wakil Ketua Umum II Eco Enzyme Paul L. Iskandar.


Read More

Eco Enzyme Nusantara

Komunitas Pelestarian Lingkungan

None
None

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.