Dorong Pembayaran Digital, Cash Free Day 2022 Digelar di Ibu Kota.jpg

Bisnis

Dorong Pembayaran Digital, Cash Free Day 2022 Digelar di Ibu Kota

Pada 11 September 2022 kemarin, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar event bertajuk Cash Free Day 2022. Walau sama-sama disingkat CFD dan digelar di akhir pekan, tapi kegiatan ini bukan digelar sebagai event berolahraga santai di jalanan, melainkan acara ekosistem digital di Arena Thamrin 10 Food and Creative Park yang berlokasi di Jakarta Pusat. Pada event ini, Pemprov DKI Jakarta berupaya menggaungkan kebiasaan pembayaran digital di setiap transaksi yang terjadi di Ibu Kota dalam rangka terus mendorong inklusi keuangan warganya.

Acara ini dibuka oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang mewakili Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Acara ini disebut tak terlepas dari kolaborasi antara Bank DKI dengan Bank Indonesia terkait inovasi sistem digitalisasi pembayaran sehingga Pemprov DKI Jakarta ingin ada event yang khusus digelar untuk menyosialisasikan hal ini. Dari sinilah Cash Free Day diadakan untuk menarik perhatian publik Ibu Kota. Selama tiga hari acara ini juga semakin dimerihkan oleh acara senam zumba, lomba modern dance, sampai penampilan musisi Maliq & D'Essentials.

Dorong Pembayaran Digital, Cash Free Day 2022 Digelar di Ibu Kot a.jpg

“Sosialisasi dengan memanfaatkan momentum seperti hari ini berpengaruh besar dalam menanamkan kebiasaan kepada masyarakat. Pada awalnya kita memang harus memperbanyak sosialisasi, memberi pemahaman, hingga diterima dan dilakukan oleh masyarakat dan suatu saat akan menjadi kebiasaan. Perubahan itu memang tidak mudah, tapi dengan berbagai strategi semua bisa menuju perubahan tersebut," ujar pria yang akrab disapa dengan panggilan Wagub Ariza itu, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (11/9/2022).

[Baca Juga: Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless]

Penggunaan sistem transaksi digital di Ibu kota sebenarnya sudah sangat didukung oleh pemerintah, termasuk Bank Indonesia yang turut menghadirkan QR Indonesia Standard atau QRIS di berbagai usaha yang ada di Jakarta. Dengan ini, maka masyarakat tak perlu lagi membawa dompet serta uang tunai untuk berbelanja dan cukup memindainya dengan ponsel pintar Anda. Dari sisi Bank DKI sendiri, selain QRIS, juga telah mengembangkan JakOne Mobile yang turut mendukung pertumbuhan transaksi digital di Ibu Kota.

Selama 9-11 September 2022 dalam momen Cash Free Day 2022, pengunjung dapat menikmati sajian kuliner yang dijajakan di sini dengan sistem pembayarannya murni digital. Di mana pengunjung membayarnya dengan memindai QRIS menggunakan apps JakOne Mobile serta JakOne Pay. Menariknya, dalam event ini Bank DKI juga memberikan sosialisasi digital lending bagi warga Ibu Kota yang ingin mengambil kredit atau pinjaman di ponsel pintar yang nantinya juga terhubung dengan OJK serta Dinas Dukcapil DKI Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.