Dorong Penggunaan Sepeda, Terminal Kalideres Sediakan Jalur Khusus

Berita Kawasan

Dorong Penggunaan Sepeda, Terminal Kalideres Sediakan Jalur Khusus

Salah satu usaha Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam mengurangi polusi udara di Ibu Kota adalah mendorong warganya untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor pribadi dan memilih memanfaatkan sepeda atau moda transportasi umum. Salah satu upaya untuk mengakomodasi hal ini adalah dengan mengadakan jalur khusus untuk sepeda yang dapat memfasilitasi pengguna sepeda, seperti yang saat ini sudah tersedia di Terminal Kalideres. Di mana tak hanya jalur khusus saja, di sini juga tersedia tempat parkir sepeda.

Dorong Penggunaan Sepeda, Terminal Kalideres Sediakan Jalur Khusus

Keberadaan fasilitas khusus untuk pengguna sepeda di Terminal Kalideres ini sudah mulai tersedia sejak Agustus 2019. Pasalnya, pengelola Teminal Kalideres ingin para penumpang, Aparatur Sipil negara, serta karyawan bus memanfaatkan transportasi yang ramah lingkungan saat mereka akan berangkat atau pulang kerja, khususnya bagi mereka yang memanfaatkan bus kota atau Transjakarta untuk sampai ke tempat kerja.

“Jalur dan tempat parkir sepeda di Terminal Kalideres ini untuk memfasilitasi pengguna sepeda sekaligus memperbaiki kualitas udara di Ibu Kota,” ungkap Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (17/9/2019). Ia menyebut, jalur khusus sepeda di terminal Kalideres memiliki panjang sekitar 300 meter yang membentang dari area pintu masuk sampai ke area dalam terminal.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Pusat Sediakan Jalur dan Area Parkir Sepeda]

Revi menjelaskan, masyarakat tidak perlu ragu memanfaatkan fasilitas untuk sepeda di Terminal Kalideres. Pasalnya, selain Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun, Kepala Terminal Kalideres memastikan sepeda yang dipakirkan di sini aman. Hal ini terlihat dari banyak masyarakat, pegawai, karyawan Perusahaan Otobus (PO) yang sudah memanfaatkan fasilitas untuk pengguna sepeda tersebut.

Keberadaan jalur khusus dan tempat parkir sepeda ini sesuai dengan usaha Pemprov DKI Jakarta dalam mendorong masyarakat membantu mengurangi polusi udara. Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo menyebut, akan ada koridor khusus sepeda dan lebih banyak trotoar yang direvitalisasi untuk memprioritaskan pejalan kaki dan pengguna sepeda.

[Baca Juga: Tekan Polusi Udara, Warga Jakarta Utara Didorong Gunakan Sepeda]

“Bulan September ini, saya akan uji cobakan satu koridor untuk jalur sepeda di Jakarta. Sehingga nanti kita bisa luncurkan program Jakarta ramah bersepeda,” tutur Syafrin, sebagaimana dilansir dari nasional.republika (15/9/2019). Ia menambahkan, akses khusus untuk sepeda juga tersedia di sembilan terminal di Ibu Kota, yakni Kampung Rambutan, Kalideres, Grogol, Manggarai, Ragunan, dan Pinang Ranti.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.