Dosen IPB Inovasi Obat Hipertensi dengan 3 Tanaman Herbal Ini .jpg

Pendidikan

Dosen IPB Inovasi Obat Hipertensi dengan 3 Tanaman Herbal Ini

Kabar baik datang dari salah satu peneliti sekaligus dosen Institut Pertanian Bogor atau IPB University bernama Prof. Dyah Iswantini Pradono. Karena dosen dari Departemen Kimia di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) di IPB University berhasil berinovasi dalam obat untuk orang-orang yang menderita hipertensi. Di mana ia menemukan formula obat herbal yang memanfaatkan tiga tanaman herbal yang terdiri dari pegagan, kumis kucing, dan tempuyung.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang kerap diidap orang-orang yang berusia di atas 65 tahunan dan kondisi ini biasanya dipicu oleh gaya hidup tak sehat penderitanya. Biasanya penderita hipertensi disarankan untuk terus mengonsumsi obat yang diberikan dokter demi mengatur tekanan darahnya agar tak memicu komplikasi kesehatan lainnya.

Namun mengingat obat yang diberikan memiliki komposisi bahan-bahan kimia, ada orang-orang yang cenderung khawatir bahwa apa yang mereka konsumsi itu memiliki efek samping ke depannya. Sehingga kabar penemuan dari Dyah ini bisa menjadi titik terang untuk mereka yang lebih memilih solusi obat herbal untuk pengendalian tekanan darah tingginya.

Dosen IPB Inovasi Obat Hipertensi dengan 3 Tanaman Herbal Ini.jpg

Menurut Dyah, penelitian terkait obat anti-hipertensi sudah dilakukan sejak tahun 2007 lalu hingga saat ini. Berkat hasil-hasil penelitian yang dilakukan Pusat Studi Biofarmaka Tropika IPB University, ditemukan kandidiat formula yang dapat menjadi obat herbal anti-hipertensi dengan menggunakan ekstrak dari tiga tanaman yang memiliki kandungan flavonoid.

Sekadar informasi, sebagaimana dilansir dari news-medical.net (23/08/2018) flavonoid merupakan kelompok metabolit pada tumbuhan yang disebut memiliki manfaat kesehatan untuk manusia karena memiliki efek antioksidan, dan lainnya. Molekul flavonoid banyak ditemukan berlimpah di sejumlah tanaman dan biasanya digunakan tanaman untuk menghasilkan warna yang mencolok mata untuk menarik perhatian serangga untuk proses penyerbukan.

Pada penelitian Dyah untuk proses pembuatan komposisi obat herbal untuk hipertensi itu, dosen IPB University tersebut melakukannya dengan mengekstrasi seluruh bagian tanaman pegagan dan tempuyung, kemudian bagian daun serta batang kumis kucing. Riset ini didukung juga dengan usaha penemuan metode budidaya pegagan berbasis bahan aktif flavonoid.

[Baca Juga: Garam Ini Aman untuk Penderita Hipertensi]

“Saat ini sedang dilakukan penelitian untuk mencapai target komersialisasi Obat Herbat Terstandar yang bekerjasama dengan PT Biolife Indonesia. Setelah dikomersialkan maka dapat dikonsumsi secara luas. Hal ini merupakan usaha meningkatkan nilai tambah biodiversitas Indonesia menjadi sediaan yang bermanfaat bagi kesehatan masyarakat Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya,” ungkap Prof Dyah, sebagaimana dikutip dari ipb.ac.id (8/7/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.