Dosen Unair Paparkan Profesi Lulusan Ilmu Kedokteran Forensi k.jpg

Pendidikan

Dosen Unair Paparkan Profesi Lulusan Ilmu Kedokteran Forensik

Banyak para dokter muda atau mahasiswa kedokteran yang setelah lulus pendidikan S1 Kedokterannya sudah memiliki target spesialisasi apa yang mereka akan ke depannya. Namun tahukah Anda bahwa ada satu dokter spesialis di Tanah Air yang mungkin bisa dikatakan peminatnya kurang tapi memiliki banyak potensi pekerjaan setelah lulus nanti? Spesialisasi yang dimaksud adalah dokter spesialis forensik dan belum lama ini dosen di Universitas Airlangga (Unair) memaparkan mengenai jurusan ilmu kedokteran forensik serta perannya di tengah masyarakat.

Mendengar kata forensik mungkin tak sedikit memunculkan stigma tersendiri, khususnya bagaimana seseorang yang berkecimpung di dunia tersebut cenderung berhubungan dengan jenazah. Padahal berdasarkan paparan dari dr. Renny Sumino Sp.FM., dalam webinar Bincang Santai: Mau Ngapain Setelah Lulus pada pekan lalu, kedokteran forensik memiliki peran yang sangat penting.

Dosen Unair Paparkan Profesi Lulusan Ilmu Kedokteran Forensik.jpg

“Bermanfaat di masyarakat dalam penyelesaian klaim asuransi yang adil, baik dari sisi pihak yang diasuransikan maupun pihak yang mengasuransi, pemecahan masalah paternitas, membantu upaya keselamatan kerja bidang industri maupun otomotif dengan mengumpulkan data korban baik kecelakaan industri maupun kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari Unair.ac.id (25/8/2022).

Dari sisi penegakan hukum serta keadilan dokter spesialis forensik juga tentu memiliki peran yang sangat penting. Bahkan berdasarkan Departemen Kehakiman Amerika Serikat memandang bahwa ilmu forensik menjadi elemen penting dari sistem peradilan di Negeri Paman Sam. Di mana tim forensik bertugas memeriksa serta menganalisa bukti yang ditemukan di TKP atau lokasi lain yang berhubungan dengan suatu kasus dan ini membantu proses penyelidikan untuk menentukan apakah tersangka memang pelaku dari kejahatan atau justru orang tak bersalah.

[Baca Juga: UMP Merancang Mobil Digital Forensik]

Dari sisi bidang lingkup ilmu forensik sendiri, menurut Dokter Renny di Unair terdapat empat lingkup dengan fokus yang berbeda. Pertama adalah forensik klinik dengan fokus terhadap korban hidup yang bertugas dalam penyidikan kasus kejahatan seksual, keracunan, pengguguran kehamilan tanpa alasan medis, sampai penganiayaan. Fokus kedua adalah patologi forensik yang berfokus dengan jenazah dengan dokter yang bertugas di sini akan fokus untuk pemeriksaan luar dan dalam. Pemeriksaan luar untuk melakukan identifikasi identitas, perkiraan waktu meninggal, sampai sebab kematian. Sedangkan pemeriksaan dalam, pada dasarnya untuk melakukan otopsi bedah mayat seperti pemeriksaan organ dalam hingga pemeriksaan dalam dengan toksikologi, patologi anatomi, dan masih banyak lagi.

Fokus ketiga dari lulusan ilmu kedokteran forensik bisa bertugas di laboratorium forensik yang bertugas pemeriksaan barang bukti untuk melihat darah, rambut, racun, dan zat lainnya yang ditemukan di objek selain jenazah. Profesi terakhir yang bisa didalami oleh lulusan ilmu kedokteran ini adalah sebagai konsultan medikolegal dengan dokter forensik yang akan dilibatkan sebagai ahli medis dalam kasus hukum.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.