deterjenOK3.jpg

Properti dan Solusi

Dosen USM Beri Pelatihan Detergen Ramah Lingkungan di Ungaran

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, baru-baru ini tim pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) mengadakan pelatihan pembuatan sabun detergen cair ramah lingkungan kepada kelompok ibu rumah tangga di Kelurahan Beji, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Meskipun merupakan detergen home industri, namun kualitas sabun cuci ini tidak kalah dengan merk terkenal yang beredar di pasaran.

Dra Sri Purwantini, MM yang merupakan salah satu dosen Universitas Semarang dan tergabung dalam tim pengabdian masyarakat mengatakan jika kelebihan sabun ini adalah tidak mencemari lingkungan karena limbahnya cepat terurai di dalam tanah. “Dalam membuat sabun detergen cair yang ramah lingkungan ini hanya dibutuhkan kreativitas ibu-ibu dalam mengombinasikan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan sangat mudah dibeli di toko bahan kimia,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (11/2/2021).

deterjenOK.jpg

Dalam proses pembuatannya, bahan baku menjadi hal pokok yang mempengaruhi kualitas produk, sehingga ibu-ibu dituntut kreatif untuk mendapatkan kualitas yang diinginkan. “Untuk itu bagi yang mau memulai usaha membuat sabun detergen cair ramah lingkungan ini, diperlukan kreativitas dan keberanian berkreasi dalam mencoba formula-formula sesuai dengan kualitas yang diinginkannya. Kualitas yang diinginkan tentu saja akan mempengaruhi biaya produksi sabun detergen cair tersebut dan selanjutnya akan mempengaruhi harga jual produknya,” ujar Dr Dra Endang Rusdianti, MM yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi.

[Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Berencana Batasi Pemakaian Detergen]

Komposisi yang terkandung dalam detergen ramah lingkungan buatan ibu-ibu di kelurahan Beji ini antara lain MES (Metil Ester Sulfonat) golongan Surfaktan Nabati, sodiumsulfat, sitrun, pewarna, pewangi, air, pengawet, labs, gliseril, foomboster. Nantinya bahan utama ini bisa dikreasikan lagi dengan berbagai jenis bahan lainnya seperti texapon, Emal Nedle. Pembuatan sabun ramah lingkungan home industri ini membuat harga produksi lebih murah sehingga sangat menguntungkan secara ekonomi ketika dijual. “Keuntungan dari membuat sabun detergen cair yang ramah lingkungan sendiri selain harganya jauh lebih murah juga bisa menyesuaikan kualitas yang diinginkan,” tambah Sri Purwantini.

deterjenOK2.jpg

Menurut Drs Paulus Wardoyo, MM, dosen yang ikut dalam tim pengabdian masyarakat USM, untuk mendapatkan simpati konsumen dan menarik minat mereka untuk membeli, harga produk harus lebih murah dibandingkan harga pasar. Selain itu kualitas dan kemasan yang menarik menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli suatu produk. “Kemasan yang ekonomis, praktis, dan hemat akan sangat menunjang yang berkaitan dengan nilai jual suatu produk. Melalui kemasan, pelanggan akan mempertimbangkan harga dan kemudahan dalam penggunaan produk sabun,” ujarnya.


Read More

Universitas Semarang

Universitas Swasta

+62246702757
None

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.