DPP Gunungkidul Beli Hasil Panen Petani untuk Jadi Bahan Warung Gratis

Berita Kawasan

DPP Gunungkidul Beli Hasil Panen Petani untuk Jadi Bahan Warung Gratis

Di masa-masa sulit seperti ini, semua lapisan masyarakat terkena dampak penyebaran COVID-19, termasuk petani yang menghasilkan bahan-bahan makanan pokok. Pasalnya harga hasil panen para petani di Gunungkidul semakin menurun. Melihat hal ini, Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul berinisiatif untuk memborong hasil panen dan membuka warung gratis untuk warga yang membutuhkannya.

DPP Gunungkidul berinisiatif membeli hasil panen yang tak bisa dijual untuk dibagikan ke warga yang lebih membutuhkan dalam bentuk paket. Kepala DPP Gunungkidul Bambang Wisnu Broto menjelaskan, selama beberapa bulan terakhir petani sayur merasakan dampak dari menyebarnya Virus Corona asal Wuhan ini.

DPP Gunungkidul Beli Hasil Panen Petani untuk Jadi Bahan Warung Gratis

Maka dari itu, pihaknya mendata petani untuk menyetok berbagai bahan yang dibutuhkan para petani yang terdampak. Bambang mengatakan kegiatan ini merupakan aksi solidaritas dari pegawai DPP dalam rangka ikut menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan solidaritas sosial di tengah pandemi.

Melansir dari harianjogja.com (13/5/2020) Bambang menuturkan, bahan-bahan mentah yang digunakan untuk program warung gratis yang digelar di halaman Kantor DPP Gunungkidul ini bisa diakses oleh seluruh warga yang membutuhkan. Selain itu, DPP juga mempersilakan jika ada warga yang ingin membantu meringankan beban bersama dengan memberikan sumbangan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjangkau warga yang membutuhkan bantuan dan bisa semakin banyak masyarakat dan petani yang terbantu," ujar Bambang.

[Baca Juga: Pemkab Gunungkidul Gandeng Penjahit Bagikan 200.000 Masker Kain]

Rencananya, DPP Gunungkidul akan terus membuka warung gratis setiap Senin, Selasa dan Rabu mulai pukul 10.00 WIB hingga selesai di bulan Mei.

Kepala Bidang Tanaman Pangan DPP Gunungkidul Raharjo Yuwono, mengungkapkan jajarannya tidak menetapkan syarat tertentu untuk bisa mengakses bahan pangan gratis alias bebas bagi siapapun. Walaupun begitu, pihak DPP Gunungkidul tetap menerapkan protokol kesehatan untuk setiap warga yang mengambil bantuan, seperti wajib memakai masker, menjaga jarak, hingga mencuci tangan agar masyarakat yang datang tetap aman dan terhindar dari penularan COVID-19.

"Hari ini kami menyediakan 115 paket bantuan pangan mentah yang berisi sayur-sayuran, bawang merah, bawang putih, tahu, tempe, cabai dan daging ayam," pungkas Raharjo.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.