DPRD DKI Bahas Realokasi Deviden & Keterlibatan Distribusi Bantuan COVID-19

Bisnis

DPRD DKI Bahas Realokasi Deviden & Keterlibatan Distribusi Bantuan

Dari total 5.195 kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta, sebanyak 835 warga Ibu Kota telah berstatus penyintas. Sedangkan 453 warga lainnya, dilaporkan meninggal dunia. Demikian informasi yang dibagi pemerintah melalui situs covid19.go.id, Senin (11/5/2020) kemarin.

Kian merebaknya virus SARS-CoV-2 di kawasan Ibu Kota membuat para politisi Kebon Sirih ikut turun tangan membantu Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dalam menangani pandemi ini. Caranya, dengan memaksimalkan fungsi-fungsi legislasi yang mereka miliki.

[Baca Juga: Dukung KSBB, Program CSR BUMD Jakarta Fokus Menangani COVID-19]

Seperti yang dilakukan para legislator yang terkumpul dalam Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Senin (11/5/2020) kemarin. Dalam rapat kerja penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020, komisi pengontrol bidang keuangan ini, meminta seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk segera merealisasikan perolehan bagi hasil keuntungan atau deviden.

Dilansir beritajakarta.id, Wakil Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta Rasyidi menegaskan, permintaan kepada para BUMD tersebut sangat diperlukan pada kondisi di tengah pandemi, selain itu juga ada faktor masih defisitnya target pendapatan APBD Jakarta sebesar Rp2,9 triliun.

Penerimaan Dana CSR

Diungkapnya, sekitar Rp707 miliar dana deviden akan diterima Pemprov. Meski pun total deviden tersebut masih jauh untuk menutupi defisit, sambung dia, akan tetapi ada penerimaan lain yang bisa membantu menutup defisit, yakni penerimaan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Spesifik Rasyidi menyebut, dana CSR yang didapat dari menyisihkan tiga persen keuntungan BUMD akan diperuntukkan untuk kegiatan penanganan pandemi COVID-19 bersama legislatif. "Dari 19 BUMD ada yang sudah menjalani Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) ada juga yang belum. Dan saya kira dana CSR-nya cukup bagus. Tentunya ini sangat membantu kekurangan kita. Legislatif akan menerima 1.600 paket sembako dari CSR untuk diberikan kepada masyarakat terdampak,” tegasnya.

DPRD DKI Bahas Realokasi Deviden & Keterlibatan Distribusi Bantuan COVID-19

Senada dengan pimpinannya, Anggota Komisi C Andyka mengutarakan harapannya terkait keterlibatan anggota dewan dalam pendistribusian CSR untuk warga terdampak COVID-19. Menurut dia, mekanisme distribusi bisa diberikan melalui pembentukan gugus tugas COVID-19 bersama legislator dalam bentuk Bantuan Sosial (Bansos) yang diberikan langsung legislator di masing-masing wilayahnya.

Dia pun menegaskan, mekanisme tersebut adalah prosedur lumrah sebab juga diterapkan para legislator tingkat nasional. “Kami berharap bisa berkolaborasi, sehingga nanti diketahui bantuan yang diberikan berlabel BUMD dan DPRD DKI. Hal ini juga diterapkan DPR yang anggarannya diperoleh dari CSR BUMN,” jelas Andyka.

[Baca Juga: Belasan BUMD Bersatu Atasi Persoalan COVID-19 di Jakarta]

Merespons itu, Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP-BUMD) DKI Jakarta Faisal Syafruddin mengatakan, pihaknya akan berupaya optimal agar seluruh BUMD bisa mengatasi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi ini dengan baik. “Kami akan langsung koordinasi dengan BUMD agar ada realokasi dividen dan dana CSR untuk COVID-19, sebelum akhir bulan Mei ini harus sudah bisa terbayarkan kepada Pemprov DKI,” tutur Faisal.

Sedangkan terkait belum seluruhnya BUMD melakukan RUPS, Faisal menjawab, memang benar bahwa baru ada tiga BUMD yang telah menyelesaikan RUPS, yakni Food Station, Bank DKI dan MRT Jakarta. Sisanya, menurut Faisal, beberapa BUMD akan segera menggelar RUPS dalam waktu dekat. “Ada juga beberapa BUMD yang fokus terhadap penanganan COVID-19. Seharusnya proyeksi kita bisa menuju ke Rp750 miliar, tapi baru terkonfirmasi tidak sampai segitu,” tuntasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.