Dua Kunci Gali Kemampuan Anak dengan Autisme

Pendidikan

Dua Kunci Gali Kemampuan Anak dengan Autisme

Dianggap tidak mampu adalah label yang kerap disematkan masyarakat pada anak dengan autisme. Namun siapa sangka, anak dengan autisme sesungguhnya terlahir dengan kemampuan layaknya orang normal pada umumnya. Bahkan, skill yang dimiliki anak dengan autisme ini pun juga dapat berkontribusi bagi masyarakat.

Seperti keberhasilan Temple Grandin, seorang profesor perempuan dengan autisme. Kesuksesan Grandin membuat inovasi dalam praktik penanganan peternakan sapi dan pemotongan hewan menjadi bukti bahwa anak dengan autisme memiliki kemampuan akademik yang mumpuni.

Berkat kesabaran dan ketekunan sang ibu, Grandin tumbuh menjadi orang dengan autisme yang dapat hidup mandiri dan berprestasi. Tanpa kegigihan ibunya, menurut Grandin bukan tidak mungkin bila nasibnya saat ini akan berbeda.

Dua Kunci Gali Kemampuan Anak dengan Autisme

“Ibu bisa melihat bila aku mengalami kemajuan, jadi dia terus mendorong ku,” kata Grandin, dilansir dari dailymail (27/4/2020).

Kesuksesan Grandin inilah yang turut memotivasi Suyeni, orang tua anak dengan autisme dalam membesarkan buah hatinya, Melvan Safero. Menurutnya, orang tua dengan anak autisme harus dapat mengetahui potensi yang dimiliki oleh buah hati mereka.

Suyeni mengatakan, untuk mengetahui kemampuan anak dengan autisme ini memerlukan kesabaran dan kecermatan sendiri. Sebab anak dengan autisme ini memiliki kemampuan yang beragam.

“Kebanyakan dari orang tua kalau dia tahu keunggulan anak biasanya anak autis ini akan tahu banyak keunggulannya. Kayak Melvan dia jago musik dan matematika. Tapi dia jago belum tentu dia suka. Jadi orang tua harus hati hati,” kata Suyeni, saat diwawancarai jurnalis PingPoint (8/4/2020).

Belenggu Stigma Anak dengan Autisme dalam Dunia Pendidikan

Oleh karenanya, menurut Suyeni orang tua perlu membedakan mana yang disukai dan tidak disukai oleh anak mereka. Bagi anak dengan autisme, ketika ia unggul di bidang tertentu, bukan berarti anak tersebut suka menyukainya.

Suyeni mencontohkan seperti Melvan yang mahir memainkan piano. Bagi orang tua anak yang normal akan berpikir kalau anaknya suka bermain piano. Sedangkan pada anak dengan autisme seperti Melvan, kemahiran dia dalam memainkan piano hanya karena untuk melatih konsentrasinya.

[Baca Juga: Fantastis Life Autism: Perhatikan Kemampuan Anak dengan Autisme]

“Orang tua harus punya effort untuk melihat apa yang dia mampu dan apa yang dia sukai. Kalau yang dia sukai itu dia ga akan bosen. Tapi kalau dia jago di musik dan jago di gambar kalau dia tidak hobi, itu hati-hati nanti orang tua bisa kejebak,” jelasnya.

Agar orang tua tidak terjebak, Suyeni menyarankan supaya mereka mencoba mencari tahu dengan menguji anak mereka di beberapa bidang. Seperti Suyeni yang memberikan putranya kursus musik, melukis dan matematika.

“Melvan tes les musik, melukis dan matematika. Kita lihat mana yang buat dia lebih challenge. Kalau yang musik dia bosan dan yang menggambar dia seperti sudah biasa. Ketika les matematika dia diberhentikan, dia nangis. Nah, aku tau dia hobi disitu,” ungkapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.