Dua Puluh PNS Pemkot Semarang Positif COVID-19

Berita Kawasan

Dua Puluh PNS Pemkot Semarang Positif COVID-19

Pemerintah Kota Semarang mendapati 20 orang jajarannya yang dinyatakan positif COVID-19. Hal itu dikonfirmasi Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada Kamis (11/6/2020).

Wali Kota yang disapa Hendi itu mengatakan, 20 Pegawai Negeri Sipil (PNS) tersebut dinyatakan positif COVID-19 melalui hasil tes swab massal di Kantor Pemkot Semarang yang dilakukan pada pekan lalu.

Penerapan New Normal di Semarang Berpotensi Ditunda

“Rabu kemarin ditemukan [dari] hasil swab di lingkungan Pemkot Semarang. Di gelombang kedua, ada 20 rekan kami yang positif. Ada 10 di antaranya pejabat struktural, sedangkan 10 lainnya staf,” jelas Hendi, mengutip cnnindonesia.com (12/6/2020).

Setelah dinyatakan positif COVID-19, para PNS tersebut pun langsung mengarantina diri. Sebagian dari mereka melakukan karantina di rumah masing-masing, sebagian lainnya di tempat yang disediakan oleh Pemkot Semarang.

“Yang 10 pejabat struktural melakukan isolasi mandiri di rumah. Kalau yang staf kita bagi, ada yang di rumah isolasi Balai Diklat dan ada yang di Rumah Isolasi Manyaran. Semuanya nanti akan kami lakukan tes swab kembali. Yang negatif bisa langsung beraktivitas,” lanjut Hendi menjelaskan.

[Baca Juga: Walau PKM Diperpajang, Pemkot Semarang Sudah Buka Beberapa Tempat Publik]

Mengenai sumber penularan, Hendi masih belum bisa memastikan. Ia mengatakan pihaknya akan melakukan penelurusan terhadap orang-orang yang berkontak dekat dengan para PNS tersebut.

“Banyak analisis, bisa jadi terkena di luar karena tugas mereka pelayanan publik. Namun, ada juga yang kena satu ruangan kerja. Kami akan lakukan tracing [penelusuran kontak dekat] termasuk memeriksa keluarga dan orang terdekat di lingkungannya,” tuturnya.

Sebagai respon dari kejadian ini, Pemkot Semarang tidak menghentikan pelayanan publik, tetapi memberlakukan aturan yang ketat. PNS kini hanya bekerja dari pukul 07.30 WIB sampai 15.30 WIB.

“Kantor dinas juga melakukan pembenahan terutama pada pengaturan dan penataan kapasitas ruangan dibatasi 40-50 persen, sisanya WFH. Masing-masing meja akan diberi sekat mika,” tambah Hendi.

Pemkot Semarang saat ini gencar melakukan tes swab massal di tempat-tempat publik seperti pasar, mal, termasuk kantor pemerintahan. Hendi mengungkapkan, hal itu dilakukan untuk mempermudah memutus mata rantai COVID-19 di kota tersebut.

[Baca Juga: Pedagang Positif COVID-19, 2 Pasar di Kota Semarang Ditutup Sementara]

Pada 8 hingga 10 Juni lalu, Pasar Karangayu Semarang ditutup sementara karena sejumlah pedagang dinyatakan COVID-19. Selain Pasar Karangayu, Pasar Mangkang juga ditutup selama tiga hari, mulai 9 sampai 11 Juni 2020 karena 8 dari 50 pedangangnya juga terpapar COVID-19.

Hingga 12 Juni 2020, terdapat 254 orang yang masih dinyatakan positif COVID-19 di Kota Semarang. Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih dipantau sebanyak 356 orang, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang tengah menunggu hasil tes swab sebanyak 208 orang.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.