Dubes Belanda Apresiasi Pemilu 2019 di Indonesia

Berita Kawasan

Dubes Belanda Apresiasi Pemilu 2019 di Indonesia

Sebentar lagi, rakyat Indonesia akan menyambut “pesta” demokrasinya melalui pemilihan umum serentak atau Pemilu 2019. Duta Besar (Dubes) Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol menyampaikan apresiasinya terhadap perhelatan Pemilu 2019 tersebut. Ia mengaku merasa antusias melihat respon rakyat Indonesia yang bersemangat dalam menjalankan sistem demokrasi di Nusantara. Apresiasi itu disampaikan pada acara media gathering pada 4 April 2019 di rumah dinas Dubes Belanda, kawasan Meteng, Jakarta Pusat.

[Baca Juga: IndoSterling Forum Ulas Hubungan Sosial Media dan Politik Milenial]

Hubungan Indonesia-Belanda sudah sejak lama terjalin, dan tentu saja negara tersebut mengikuti perjalanan Nusantara menuju negara yang demokrasi. Karena itu dengan digelarnya pemilihan umum secara serentak yang menggabungkan pemilihan presiden atau pilpres 2019 dengan pemilihan legislatif, pihak Kedutaan Belanda terus mengikuti perkembangannya.

Dubes Belanda Apresiasi Pemilu 2019 di Indonesia

Swartbol menjelaskan, berdasarkan pengamatan pihak Kedutaan Belanda, penyelenggaraan pemilu 2019 di Indonesia terdapat perbedaan dengan di Belanda. Sekadar informasi, Belanda baru saja menyelenggarakan pemilihan umum provinsi pada 20 Maret 2019 yang hampir mirip dengan pemilu legislatif di Indonesia.

[Baca Juga: Wali Kota Bekasi Harap Warga Jaga Kedamaian Tahun Politik]

“Di Indonesia banyak sekali usaha untuk membuat (pemilu 2019-red) tepat dengan banyaknya regulasi. Di Belanda sedikit lebih bebas, contohnya (Indonesia-red) mempunyai regulasi ketat kapan Anda diizinkan untuk berkampanye. Atau mengenai menteri yang boleh menyampaikan dukungannya terhadap salah satu partai, di sini tidak boleh sedangkan di Belanda diperbolehkan,” ucap Dubes Belanda tersebut kepada awak media di kediamannya (4/4/2019).

Dubes Belanda Apresiasi Pemilu 2019 di Indonesia

Pria berusia 55 tahun itu bahkan sempat berkelakar bagaimana sulitnya KPU menangani penyelenggaraan pemilu 2019 secara serentak di Nusantara. “Saya tidak bisa membayangkan bagaimana mengorganisir pemilihan umum dari Aceh sampai Papua dan memastikan semua tepat waktu. (Dari mulai-red) surat suara, keamanan, TPS yang dipastikan teratur dan transparan. Jika saya kepala KPU, saya akan pusing,” paparnya sembari bergurau.

[Baca Juga: Erasmus Huis Kembali Dibuka dengan Semangat Baru]

Swartbol juga memuji bagaimana demokrasi di Indonesia sangat “hidup” di Indonesia bila dibandingkan dengan negara lain. Hal ini tercermin dari debat di televisi dan diskusi antara warga mengenai kandidat pilihan mereka di pilpres 2019. Ia mengklaim bahwa itulah demokrasi, jika ada perbedaan maka berkumpul dan diskusikan.

Swartbol juga tidak lupa menuturkan harapannya terkait Pemilu 2019 di Indonesia yang akan digelar pada 14 April 2019. “(Kami berharap-red) Pemilu 2019 akan adil, bebas, dan tanpa gangguan. Ini krusial karena (pemilu) merupakan ‘permata dalam demokrasi’, baik di Indonesia dan seluruh dunia, jadi pemilu adil dan bebas ini akan memberikan pemerintah yang Indonesia pilih dan itulah tujuan dari pemilu,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.