Depok-Pendidikan-Dubes-Jepang-Berikan-Kuliah-Umum-di-UI-Depok-Emil.jpg

Pendidikan

Dubes Jepang Berikan Kuliah Umum di UI Depok

Hubungan persahabatan antara Indonesia dengan Jepang sudah berlangsung selama 60 tahun. Telah banyak yang dilalui oleh kedua negara melalui hubungan diplomatiknya. Namun, pada umumnya belum terlalu banyak yang diketahui mengenai apa saja yang mengikat kedua negara dalam menjalin hubungannya. Karena itulah Duta Besar (Dubes) Jepang Masafumi Ishii menyempatkan diri untuk datang ke Universitas Indonesia kampus Depok atau UI Depok untuk memberikan kuliah umum terkait hubungan Indonesia-Jepang.

Kuliah umum tersebut diselenggarakan di Pusat Studi Jepang UI Depok pada Senin 26 November 2018. Walau sempat turun hujan yang deras, para peserta kuliah umum tetap bersemangat untuk datang dan menghadiri acara tersebut. Para peserta yang hadir berasal dari berbagai fakultas yang mayoritasnya merupakan mahasiswa Program Studi Jepang dan Program Studi Hubungan Internasional.

Dubes Jepang di FIB UI Depok

Saat datang, Dubes Ishii sempat memberikan sambutan menggunakan bahasa Indonesia yang mendapatkan respons tepuk tangan dari para mahasiswa dan ia pun melanjutkan dengan menjelaskan mengenai gambaran politik luar negeri Jepang. “Indonesia merupakan salah satu strategic partnership Jepang yang ada di wilayah Asia Tenggara.,” jelasnya kepada para peserta kuliah umum.

[Baca Juga: 5 Program Studi Favorit di Universitas Indonesia Depok]

Kemudian pria yang lahir di Hiroshima tersebut melanjutkan dengan menjelaskan bagaimana demografi di Negeri Sakura sebenarnya membuka peluang besar untuk para pekerja dari Indonesia. Pasalnya, rata-rata demografi warga Jepang berada di usia 40 tahun ke atas sehingga membuat banyak industri, termasuk di layanan masyarakat, membutuhkan pekerja asing.

“Walau kita sudah menggunakan bantuan robot dan kecerdasan buatan tapi tanpa pekerja (manusia) maka tidak akan pengembangan baru di ranah industri. Karena itulah apa yang kami (Jepang) lakukan merekrut para pekerja dari negara lain dan semakin memperluas lapangan pekerjaan apa saja yang bisa diambil oleh para pekerja asing,” ucap Dubes Ishii di UI Depok.

Dubes Jepang di PSJ UI Depok

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa dirinya merasa senang dengan kehangatan orang-orang di Indonesia, khususnya ketika ia menghadiri berbagai acara yang membuatnya langsung berinteraksi dengan warga Jakarta dan sekitarnya. Semenjak menjabat sebagai Dubes Jepang untuk Indonesia pada 2017, ia melihat negara ini mengalami perkembangan yang baik.

[Baca Juga: Mengenal Negeri Sakura Melalui Kursus Bahasa Jepang]

“Kita (Indonesia-Jepang) berada dalam hubungan yang saling menguntungkan dan saya mengetahui bahwa orang Indonesia ramah karena itu saya senang berada di sini. Di dalam pandangan hubungan Indonesia-Jepang, Joko Widodo merupakan pemimpin yang baik dan dapat dipercaya,” jelasnya kepada PingPoint.co.id.

Read More

Artikel Lainnya

UTBK di Universitas Padjajaran.jpg

Pendidikan

UTBK di Unpad, Semua Peserta Wajib Pasang Aplikasi Mass Tracking

13 April 2021, 10:34

Semua peserta UTBK di Universitas Padjajaran wajib memasang aplikasi mass tracking untuk mencegah penularan COVID-19.

Nyekar 1.jpg

Berita Kawasan

Sebelum Ramadan, Warga Desa Giripurno Nyekar Tanpa Masker

13 April 2021, 10:17

Tradisi Nyekar masih dijaga oleh masyarakat Giripurno menjelang Ramadhan di masa pandemi ini.

Arjosari 2.jpg

Berita Kawasan

Terminal Arjosari Masih Layani Perjalanan Keluar Kota Tanpa Batas Waktu

13 April 2021, 10:15

Terminal Arjosari Malang masih akan layani penumpang tujuan jarak jauh.

Kuliner Murah Bogor yang Wajib Dicoba, Rasa Dijamin Nggak Murahan.jpg

Kuliner

Kuliner Murah Bogor yang Wajib Dicoba, Rasa Dijamin Nggak Murahan

13 April 2021, 10:07

Tidak kalah dengan kuliner-kuliner Bogor yang sudah banyak dikenal lainnya, beberapa kuliner ini bisa dibilang sebagai kuliner murah dengan harga satu porsinya tidak sampai Rp50.000 wajib dicoba ketika berwisata kuliner di Bogor dengan budget minim.


Comments


Please Login to leave a comment.