Duduk Terlalu Lama Bisa Sebabkan Berbagai Gangguan Kesehatan

Kesehatan

Duduk Terlalu Lama Bisa Sebabkan Berbagai Gangguan Kesehatan

Gangguan kesehatan biasanya disebabkan pola hidup yang kurang sehat, seperti sering makan makanan cepat saji, jarang berolahraga, dan masih banyak lagi. Namun, gangguan kesehatan juga bisa muncul karena hal yang dianggap sepele. Seperti duduk terlalu lama.

Duduk terlalu lama dapat berakibat buruk bagi kesehatan diri, terlebih jika jarang mengkonsumsi makanan sehat dan kurang olahraga. Lalu, seperti apa saja gangguan kesehatan yang dapat menyerang karena hal semacam ini?

[Baca Juga: Bersepeda ke Kantor Demi Ubah Sedentari Jadi Mobilitas Hijau]

Mengutip dari laman Siloam Hospitals (28/3/2019), duduk terlalu lama dapat memicu untuk terus makan hingga tidak sadar berat badan bertambah. Kondisi ini dapat memicu berbagai penyakit, antaranya :

  • Meningkatkan risiko obesitas, terlebih jika tidak diimbangi dengan olahraga teratur
  • Melemahnya otot juga merupakan gangguan kesehatan akibat frekuensi duduk terlalu lama. Aktivitas gerak seperti menggerakkan anggota tubuh bisa mengencangkan otot, terutama otot perut. Sebaliknya, selama duduk otot tidak terpakai sehingga dapat melemah
  • Duduk terlalu lama juga dapat mengakibatkan gangguan leher dan tulang belakang. Hal ini terjadi karena duduk terlalu lama menambah tekanan pada tulang belakang dan cakram yang menyusun tulang belakang. Selain itu, posisi duduk yang tidak benar juga dapat memperburuk kondisi ini
  • Gangguan kaki juga dapat terjadi karena duduk terlalu lama menghambat sirkulasi darah di kaki. Kondisi ini menyebabkan darah berkumpul di sekitar pergelangan kaki, yang dapat berakibat pada bengkak pergelangan kaki, varises, dan bahkah gumpalan darah yang berbahaya
  • Asupan darah serta oksigen sangat minim didapatkan otak saat duduk, apalagi dalam waktu yang lama. Kondisi ini dapat berakibat pada penurunan kemampuan otak. Saat otak tidak dapat kedua asupan itu, fungsinya melambat sehingga akan sulit fokus dan cepat lelah.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Diet Warga Jakarta yang Benar?]

Demikian beberapa gangguan kesehatan yang dapat muncul akibat terlalu banyak duduk. Anda dapat menghindarinya dengan lebih banyak bergerak dan mengambil jeda untuk berolahraga ringan di sela-sela bekerja di depan layar komputer.

Read More

Artikel Lainnya

The Changcuters Suguhkan Pengalaman Baru Menikmati Musik dalam Augmented-reality

Hobi dan Hiburan

The Changcuters Suguhkan Pengalaman Baru Menikmati Musik dalam Augmented-reality

20 September 2020, 16:00

Ada aplikasi baru menghadirkan musisi dan band langsung ke rumah Anda. The Changcuters jadi salah satu pelopor yang menggunakannya.

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

Kuliner

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

20 September 2020, 10:00

Tumpeng menjadi hidangan wajib dalam berbagai perayaan. Mulai dari ulang tahun hingga syukuran menyajikan tumpeng. Tumpeng mini ini menjadi jawaban sajian di tengah pandemi.

Targetkan Ibu Muda untuk Berkreasi di Dapur, Masako Gandeng Isyana Sarasvati .jpg

Bisnis

Targetkan Ibu Muda untuk Berkreasi di Dapur, Masako Gandeng Isyana Sarasvati

19 September 2020, 17:15

Brand bumbu penyedap Masako baru-baru ini mengumumkan Isyana Sarasvati sebagai brand ambassador mereka yang baru sejalan dengan target konsumen Masako saat ini.

Pemkot Semarang Terima Bantuan 10 Ton Beras dari Krematorium Kedungmundu

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Terima Bantuan 10 Ton Beras dari Krematorium Kedungmundu

19 September 2020, 16:00

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 10 ton beras diserahkan Ketua Yayasan Aman Gautama kepada Pemerintah Kota Semarang.


Comments


Please Login to leave a comment.