Duduk Terlalu Lama Bisa Sebabkan Berbagai Gangguan Kesehatan

Kesehatan

Duduk Terlalu Lama Bisa Sebabkan Berbagai Gangguan Kesehatan

Gangguan kesehatan biasanya disebabkan pola hidup yang kurang sehat, seperti sering makan makanan cepat saji, jarang berolahraga, dan masih banyak lagi. Namun, gangguan kesehatan juga bisa muncul karena hal yang dianggap sepele. Seperti duduk terlalu lama.

Duduk terlalu lama dapat berakibat buruk bagi kesehatan diri, terlebih jika jarang mengkonsumsi makanan sehat dan kurang olahraga. Lalu, seperti apa saja gangguan kesehatan yang dapat menyerang karena hal semacam ini?

[Baca Juga: Bersepeda ke Kantor Demi Ubah Sedentari Jadi Mobilitas Hijau]

Mengutip dari laman Siloam Hospitals (28/3/2019), duduk terlalu lama dapat memicu untuk terus makan hingga tidak sadar berat badan bertambah. Kondisi ini dapat memicu berbagai penyakit, antaranya :

  • Meningkatkan risiko obesitas, terlebih jika tidak diimbangi dengan olahraga teratur
  • Melemahnya otot juga merupakan gangguan kesehatan akibat frekuensi duduk terlalu lama. Aktivitas gerak seperti menggerakkan anggota tubuh bisa mengencangkan otot, terutama otot perut. Sebaliknya, selama duduk otot tidak terpakai sehingga dapat melemah
  • Duduk terlalu lama juga dapat mengakibatkan gangguan leher dan tulang belakang. Hal ini terjadi karena duduk terlalu lama menambah tekanan pada tulang belakang dan cakram yang menyusun tulang belakang. Selain itu, posisi duduk yang tidak benar juga dapat memperburuk kondisi ini
  • Gangguan kaki juga dapat terjadi karena duduk terlalu lama menghambat sirkulasi darah di kaki. Kondisi ini menyebabkan darah berkumpul di sekitar pergelangan kaki, yang dapat berakibat pada bengkak pergelangan kaki, varises, dan bahkah gumpalan darah yang berbahaya
  • Asupan darah serta oksigen sangat minim didapatkan otak saat duduk, apalagi dalam waktu yang lama. Kondisi ini dapat berakibat pada penurunan kemampuan otak. Saat otak tidak dapat kedua asupan itu, fungsinya melambat sehingga akan sulit fokus dan cepat lelah.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Diet Warga Jakarta yang Benar?]

Demikian beberapa gangguan kesehatan yang dapat muncul akibat terlalu banyak duduk. Anda dapat menghindarinya dengan lebih banyak bergerak dan mengambil jeda untuk berolahraga ringan di sela-sela bekerja di depan layar komputer.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.