Dukcapil Jakarta Terus Lakukan Optimalisasi Tertib Administrasi Kependudukan

Berita Kawasan

Dukcapil Jakarta Terus Lakukan Optimalisasi Tertib Administrasi Kependudukan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta terus melakukan optimalisasi penertiban administrasi kependudukan, khususnya untuk kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. Hal ini dilakukan agar seluruh warga Jakarta wajib ber-KTP memiliki KTP Elektronik (e-KTP) seperti dijelaskan Kepala Bidang Kependudukan Dinas Dukcapil DKI Jakarta Sapto Wibowo.

Dia mengutarakan, pihaknya sudah melakukan beberapa upaya untuk warga DKI agar bisa memiliki e-KTP dengan mudah. Upaya upaya yang dilakukan Dukcapil DKI Jakarta sebagaimana dikatakan Sapto antara lain pelayanan rutin di kelurahan dan memperpanjang jam kerja, serta melakukan pelayanan jemput bola di sekolah-sekolah.

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Utara Gencarkan Pembuatan e-KTP ke Sekolah]

Pelayanan jemput bola ke sekolah dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi para pelajar yang memiliki keterbatasan karena rutinitas sekolah. "Pelajar wajib KTP elektronik umumnya sudah kelas tiga SMA dan menjelang ujian juga. Untuk itu, kita melakukan pelayanan langsung ke sekolah-sekolah," tuturnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (13/5/2019).

Dalam sehari, Dinas Dukcapil Jakarta bisa melayani dua sampai tiga sekolah. Layanan jemput bola ini dilakukan dengan menggunakan mobil operasional yang dilengkapi alat rekam e-KTP. Menurut Sapto, pelayanan yang dilakukan ke sekolah sangat efektif, terlebih jumlah pelajar di setiap sekolah yang tidak sedikit. "Pelayanan di sekolah sangat efektif karena langsung menemui kelompok sasaran wajib KTP elektronik, jumlahnya tidak sedikit," ujarnya.

[Baca Juga: Akta Kelahiran dan KIA Braille Bisa Diperoleh di Disdukcapil Tangsel]

Diketahui dari sumber yang sama, Dukcapil Jakarta telah melayani perekaman KTP Elektronik (KTP-el) bagi 5.061 pelajar dari 144 sekolah selama periode Januari-April 2019. Perekaman e-KTP bagi pelajar yang sudah berusia 17 tahun tersebut, mengacu pada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas UU Nomor 23 Tahun 2016 tentang Administrasi Kependudukan seperti dikatakan Sapto.

Selain itu, hal tersebut juga mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Permendagri Nomor 9 Tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) Secara Nasional. "Sebanyak 5.061 pelajar yang sudah melakukan perekaman, fisik KTP elektroniknya sudah kita serahkan," ucapnya.

Read More

Artikel Lainnya

Agustusan dengan 5 Film Drama Komedi Indonesia di Netflix

Hobi dan Hiburan

Agustusan dengan 5 Film Drama Komedi Indonesia di Netflix

09 August 2020, 19:00

Penasaran apa saja film komedi Indonesia yang bisa memeriahkan Agustusan Anda? Yuk simak daftarnya yang telah disusun PingPoint.co.id.

5 Pilihan Busana Pantai untuk Pesta di Pinggir Kolam Renang

Kecantikan dan Fashion

5 Pilihan Busana Pantai untuk Pesta di Pinggir Kolam Renang

09 August 2020, 15:00

Tentunya Anda tidak bisa hanya mengenakan kaus kebesaran malas yang biasa dipakai di rumah. Penutup baju renang harus fungsional, ringan, dan nyaman, tetapi bukan berarti tidak bisa bergaya.

Mengenali Batasan OCD yang Makin Samar di Tengah Pendemi

Kesehatan

Mengenali Batasan OCD yang Makin Samar di Tengah Pendemi

09 August 2020, 09:00

Di manakah dokter menarik garis batas antara kewaspadaan agar tidak tertular virus corona dan gangguan obsesif-kompulsif yang bisa berbahaya?

Pentas Virtual Saksikan Aksi Budayawan Modern dalam Dongeng Ala Cinta Jiwo

Hobi dan Hiburan

Pentas Virtual: Saksikan Aksi Budayawan Modern dalam Dongeng Ala Cinta Jiwo

08 August 2020, 19:00

Bersama beberapa seniman pendukung, Sujiwo Tejo menghadirkan eksperimental pewayangan dalam sensibilitas kontemporer melalui dongeng sastra yang atraktif.


Comments


Please Login to leave a comment.