Dukcapil Jakarta Terus Lakukan Optimalisasi Tertib Administrasi Kependudukan

Berita Kawasan

Dukcapil Jakarta Terus Lakukan Optimalisasi Tertib Administrasi Kependudukan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta terus melakukan optimalisasi penertiban administrasi kependudukan, khususnya untuk kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. Hal ini dilakukan agar seluruh warga Jakarta wajib ber-KTP memiliki KTP Elektronik (e-KTP) seperti dijelaskan Kepala Bidang Kependudukan Dinas Dukcapil DKI Jakarta Sapto Wibowo.

Dia mengutarakan, pihaknya sudah melakukan beberapa upaya untuk warga DKI agar bisa memiliki e-KTP dengan mudah. Upaya upaya yang dilakukan Dukcapil DKI Jakarta sebagaimana dikatakan Sapto antara lain pelayanan rutin di kelurahan dan memperpanjang jam kerja, serta melakukan pelayanan jemput bola di sekolah-sekolah.

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Utara Gencarkan Pembuatan e-KTP ke Sekolah]

Pelayanan jemput bola ke sekolah dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi para pelajar yang memiliki keterbatasan karena rutinitas sekolah. "Pelajar wajib KTP elektronik umumnya sudah kelas tiga SMA dan menjelang ujian juga. Untuk itu, kita melakukan pelayanan langsung ke sekolah-sekolah," tuturnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (13/5/2019).

Dalam sehari, Dinas Dukcapil Jakarta bisa melayani dua sampai tiga sekolah. Layanan jemput bola ini dilakukan dengan menggunakan mobil operasional yang dilengkapi alat rekam e-KTP. Menurut Sapto, pelayanan yang dilakukan ke sekolah sangat efektif, terlebih jumlah pelajar di setiap sekolah yang tidak sedikit. "Pelayanan di sekolah sangat efektif karena langsung menemui kelompok sasaran wajib KTP elektronik, jumlahnya tidak sedikit," ujarnya.

[Baca Juga: Akta Kelahiran dan KIA Braille Bisa Diperoleh di Disdukcapil Tangsel]

Diketahui dari sumber yang sama, Dukcapil Jakarta telah melayani perekaman KTP Elektronik (KTP-el) bagi 5.061 pelajar dari 144 sekolah selama periode Januari-April 2019. Perekaman e-KTP bagi pelajar yang sudah berusia 17 tahun tersebut, mengacu pada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas UU Nomor 23 Tahun 2016 tentang Administrasi Kependudukan seperti dikatakan Sapto.

Selain itu, hal tersebut juga mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Permendagri Nomor 9 Tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) Secara Nasional. "Sebanyak 5.061 pelajar yang sudah melakukan perekaman, fisik KTP elektroniknya sudah kita serahkan," ucapnya.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.