Pluit_Kawasan_Dukcapil Jakarta Utara Gencarkan Pembuatan e-KTP ke Sekolah_Rachli.jpg

Berita Kawasan

Dukcapil Jakarta Utara Gencarkan Pembuatan e-KTP ke Sekolah

Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) merupakan KTP Nasional yang sudah memenuhi semua ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang No.23 Tahun 2006 & Peraturan Presiden (Perpres) No.26 Tahun 2009 dan Perpres No.35 Tahun 2010.

Dengan demikian, e-KTP akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari Lembaga Pemerintah dan swasta, karena tidak lagi memerlukan KTP setempat atau dengan kata lain berlaku secara Nasional.

Menyikapi hal itu, pemerintah dalam hal ini Sukus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) terus menggencarkan peremakan e-KTP ke seluruh lapisan masyarakat. Seperti halnya Sudin Dukcapil Jakarta Utara yang melakukan layanan jemput bola e-KTP ke seluruh sekolah menegah atas dan kejuruan baik negeri maupun swasta.

[Baca Juga: Pemegang SKTM Wajib Diverifikasi Pemerintah Daerah]

Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Utara Erik Polim Sinurat mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki pihaknya saat ini tersisa sebanyak 4.842 orang yang belum melakukan perekaman. “Kita gencarkan jemput bola dengan mendatangi sekolah-sekolah untuk perekaman e-KTP,” ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (10/1/2019).

Untuk pelaksanaan e-KTP di sekolah, pelajar cukup membawa kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran. Sedangkan untuk warga yang belum melakukan perekaman, pihaknya terus berkoordinasi dengan pengurus RT, RW, dan tokoh masyarakat setempat.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendaftaran Pendudukan Sudin Dukcapil Jakarta Utara Sri Supriantoro mengatakan, kegiatan telah dimulai sejak Selasa tanggal 8 Januari 2019 dan akan berlangsung hingga Maret 2019. Tidak hanya SMA dan SMK, kegiatan ini juga tertuju kepada sekolah berbasis agama hingga pondok pesantren.

“Perekaman data e-KTP ini rutin dilaksanakan sesuai perintah tugas dari Dinas Dukcapil Jakarta Utara. Sebenarnya dimulai pada 27 Desember 2018 lalu. Namun karena saat itu memasuki masa libur sekolah, maka dilakukan kembali saat sudah kembali bersekolah,” kata Sri.

Pencatatan e-KTP ke sekolah-sekolah di Jakarta Utara

Supriantoro menjelaskan, perekaman data e-KTP dilakukan pada pelajar rentang usia 15 tahun hingga menjelang 17 tahun sebelum April 2019. Pelajar yang belum berusia 17 tahun pada April 2019 akan diberikan nota pengingat untuk mengambil fisik e-KTP pada usia 17 tahun nanti.

Sedangkan pelajar yang berusia 17 tahun pada April 2019 maka akan diberikan resi untuk pengambilan fisik e-KTP di kantor kelurahan sesuai domisili.

[Baca Juga: Mengulas Sekolah Tzu Chi di Pantai Indah Kapuk Jakarta]

“Jika pelajar belum berusia 17 tahun pada April, maka tidak akan muncul di sistem untuk cetak fisik e-KTP. Jadi hanya bersifat pendataan sehingga mereka tidak perlu lagi merekam data identitas diri sebelum usia 17 tahun nanti. Pencetakan e-KTP hanya bisa dikeluarkan pada pelajar yang berusia 17 tahun pada April nanti. Maksimal tanggal 15 April sudah bisa dicetak e-KTP-nya,” papar Sri.

Saat ini, pihaknya sudah menjadwalkan 26 sekolah negeri setingkat SMA. Sedangkan sekolah swasta, berbasis agama dan pondok pesantren tengah dalam masa rapat penyusunan jadwal. Sebagai gambaran, ada dua sekolah yang telah didatangi yakni SMKN 56 ada 28 pelajar dan SMA Negeri 111 ada 172 pelajar.

Read More

Artikel Lainnya

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

Berita Kawasan

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

18 November 2019, 19:00

Euis Kurniawati adalah salah satu nominasi Ibu Ibukota Awards Bidang Pelestarian Lingkungan. Simak #AksiHidupBaik yang dilakukannya di sini.

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

Berita Kawasan

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

18 November 2019, 18:00

Kapal pembersih sungai yang diberikan oleh Waste4Change ini mampu menjaring sampah setidaknya 200-300 kilogram.

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

Kesehatan

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari untuk Pemula

18 November 2019, 17:00

Pemilihan sepatu lari yang pas berpengaruh terhadap performa loh. Salah-salah malah bikin kaki kamu terkilir. Berikut tips bagi kalian yang ingin membeli sepatu lari.

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

Berita Kawasan

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

18 November 2019, 16:00

Gedung sekolah yang kini menjadi SMPN 1 Jakarta ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Inilah sejarah sekolah pribumi pertama di Batavia.


Comments


Please Login to leave a comment.