Dukung Event Aman Saat Pandemi, Kemenparekraf RI dan APMI Gelar C.H.S.E Experience.jpg

Hobi dan Hiburan

Dukung Event Aman Saat Pandemi, Kemenparekraf dan APMI Gelar C.H.S.E Experience

Dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini, pemerintah beserta pekerja kreatif terus bahu membahu demi memastikan agar mereka tetap bisa berkarya dengan aman tanpa kekhawatiran paparan penyakit akibat virus Corona tersebut. Oleh karena itulah sebagai bentuk dukungan terhadap pekerja kreatif yang bergerak di industri kegiatan atau event, baru-baru ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerjasama dengan Asosiasi Promoto Musik Indonesia (APMI) menggelar kegiatan C.H.S.E Experience.

Nama kegiatan ini sendiri diambil dari singkatan Cleanliness, Health, Safety, Enviromental Sustainability (C.H.S.E) atau panduan pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan pada penyelenggaraan event. Di mana C.H.S.E Experience digelar dalam rangka memberikan sosialisasi protokol kesehatan berdasarkan konsep C.H.S.E yang ditujukan agar pelaksanaan event bersifat aman dan mengurangi potensi penyebaran COVID-19.

Dukung Event Aman Saat Pandemi, Kemenparekraf RI dan APMI Gelar C.H.S.E Experienc e.jpg

Kegiatan C.H.S.E Experience sebelumnya sudah digelar Bali serta Yogyakarta dan pada pekan ini giliran DKI Jakarta yang menjadi lokasi sosialisasi pelaksanaan event di era pandemi COVID-19. Dengan C.H.S.E Experience baru-baru ini diadakan di Gedung Arsip Nasional, Jakarta Barat pada 8 Desember 2020 dengan target kegiatan ini adalah promotor, pekerja lapangan di event, pengisi acara, vendor, tenant event, pengelola venue, asosiasi, pemerintah daerah, hingga pengunjungnya.

Selain target kegiatan di atas, pada C.H.S.E Experience juga hadir para pembicara yang terdiri dari Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Events Kemenparekraf Rizki Handayani, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Gumilar Ekalaya, Kasi Yanmin Dit Intelkam Polda Metro Jaya Kom Pol. Eka Baasith, perwakilan APMI Dino Hamid, pengamat industri Adib Hidayat, dan praktisi event serta koreografer Ronald Soe. Di mana mereka memberikan pandangannya terkait penyelenggaraan event di tengah pandemi COVID-19 yang aman berdasarkan panduan C.H.S.E.

[Baca Juga: Kolaborasi Kemenparekraf dan Hype Festival Hadirkan Program WONDERS]

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan simulasi ini di Jakarta, diharapkan industri event pariwisata Indonesia bisa semakin semangat untuk terus berkarya dan menghasilkan event-event berkualitas yang mampu mendukung peningkatan citra pariwisata Indonesia dan khususnya di Jakarta sebagai Daerah Khusus Ibukota, dengan tetap menjalankan Protokol Kesehatan yang berlaku untuk kepentingan bersama,” ujar Rizki Handayani, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (8/12/2020).

Dalam C.H.S.E Experience para pesertanya merasakan sendiri bagaimana simulasi dari C.H.S.E yang dilaksanakan dalam suatu event. Dari mulai proses pengunjung yang datang ke venue untuk registrasi hingga melewati beberapa proses untuk memastikan mereka memang aman dari potensi penyebaran COVID-19 sampai akhirnya mereka bisa menikmati event.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.