2.jpg

Bisnis

Dukung Pengurangan Emisi Karbon, Grab Luncurkan Fitur Carbon Offset

Dukung pengurangan emisi karbon, Grab meluncurkan fitur carbon offset yang memungkinkan konsumen untuk melakukan carbon offset dari perjalanannya, dan menambah 1.500 unit kendaraan motor listrik dalam pltformnya untuk mendangkung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, serta GrabExpress Recycle memperluas layanannya ke Bandung untuk memberikan akses daur ulang.

Selain itu, Grab juga mengumumkan inisiatif baru untuk terus meningkatkan upaya pelestarian lingkungan. Pameran virtual #LangkahHijau yang dilakukan dapat diakses oleh publik mulai 22 April 2021. Pameran ini akan menampilkan berbagai inisiatif pelestarian lingkungan di bawah kampanye #LangkahHijau dari Grab. Upaya keberlanjutan ini mencakup tiga langkah yakni menanam pohon, kurangi emisi, dan daur ulang.

grabmerchant.jpg

“Di Grab, kami percaya bahwa menyadari pengurangan jejak karbon dan dampak lingkungan juga sejalan dengan menciptakan peluang ekonomi bagi komunitas lokal. Kami terus mencari cara untuk mengurangi jejak karbon dan meningkatkan inisiatif keberlanjutan lingkungan kami melalui berbagai kemitraan. Program carbon offset terbaru kami yang berkolaborasi dengan Ecomatcher dan Yayasan Bumi Hijau Lestari akan memberikan kesempatan bagi kami untuk meminimalkan dampak bisnis bagi lingkungan Indonesia,” ungkap Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia dalam rilis yang diterima PingPoint.co.id (24/4/2021).

1) Fitur baru untuk mengurangi emisi karbon

Bertepatan dengan Hari Bumi Sedunia, Grab meluncurkan Langkah Menanam Pohon, memungkinkan konsumen melakukan carbon offset dalam perjalanan Grab dengan 200 rupiah untuk kendaraan roda dua dan 500 rupiah untuk kendaraan roda empat. Melalui kemitraan dengan Benihbaik.com dan EcoMatcher, kontribusi ini akan langsung disalurkan untuk penanaman pohon di Jawa Tengah yang dikelola oleh Yayasan Bumi Hijau Lestari.

Konsumen dapat berpartisipasi melalui fitur Dana Tanam Pohon yang dimulai pada 20 April 2021. Peluncuran penuh akan berlangsung hingga 27 April 2021.

2) Ekosistem Kendaraan Listrik yang diperluas untuk mengurangi emisi karbon

“Perjalanan kami dalam membangun ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi telah dimulai sejak dua tahun yang lalu. Kami sangat berterima kasih kepada dukungan yang telah diberikan dari pemerintah, perusahaan BUMN, mitra sektor swasta, dan pemain industri EV terkemuka. Kami akan menambahkan sebanyak 1,500 armada kendaraan listrik sehingga lebih banyak mitra pengemudi dan pengantaran memiliki akses kepada kendaraan listrik di platform kami,” ujar Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam keterangan yang sama.

[Baca Juga: Grab Indonesia Bantu Pasarkan Ribuan UMKM Kota Bogor]

Sebanyak lebih dari 6.000 armada kendaraan listrik Grab antara bulan Januari 2020 hingga April 2021 telah membantu mengurangi emisi karbon dioksida yang diperkirakan hingga 4.000 ton, setara dengan jumlah penyerapan karbon dioksida oleh lebih dari 190 ribu pohon dalam setahun.

Grab berencana untuk memulai uji coba armada kendaraan GrabBike Electric Protect di Jakarta, Bali, dan Yogyakarta mulai 22 April 2021.

3) Jangakauan yang diperluas untuk Grab Express Recycle

Sejak 2019 Gran dengan Danone-AQUA berkolaborasi untuk meluncurkan Grab Express Recycle. Dengan ini, pengguna dapat mengirimkan limbah bernilai ekonomis ke mitra Bank Sampah Danone-AQUA. Sampah daur ulang ini akan dikelola dan diolah oleh Usaha Daur Ulang (RBU) lokal, termasuk AQUA.

Penyerahan bank sampah saat ini telah mencapai 48 titik yang terdiri dari 45 titik di DKI Jakarta, Depok, Tangerang Selatan, Tangerang dan bekasi, dan baru-baru ini ditambah dengan 3 titik bank sampah baru di Kota Bandung. Rencananya pada 2021 akan menambah hingga 50 titik bank sampah di wilayah Jadetabek dan terus memperluas hingga 40 titik pengiriman di Bandung agar daur ulang lebih mudah diakses konsumen.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.