Dukung UMKM Berkembang, Pemkot Depok Gelar Produk UMKM

Bisnis

Dukung Perkembangan Wirausaha, Pemkot Depok Gelar Produk UMKM

Gelar Produk dan Temu Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Depok Juara 2019 dibuka Wali Kota Depok Muhammad Idris di Balaikota Kota Depok. Penyelenggaraan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mengembangkan UMKM Kota Depok sebagai pilar pertumbuhan ekonomi. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Idris menilai, kehadiran program UMKM dari Pemprov Jabar memberikan dampak positif terhadap kuantitas dan kualitas pelaku usaha di Depok. Menurutnya, program ini juga dapat mendorong peningkatan kelas UMKM dan kelengkapan legalitas usaha lainnya.

Dukung UMKM Berkembang, Pemkot Depok Gelar Produk UMKM

Dalam acara ini terdapat 100 UMKM Kota Depok yang hadir, 48 UMKM diantaranya merupakan hasil pendampingan pemprov Jawa Barat. Koordinator Pendampingan UMKM Said Musthofa menyebutkan, produk yang dipamerkan adalah produk asli Kota Depok. UMKM yang hadir terdiri dari pelaku usaha dibidang fesyen, kuliner, kerajinan tangan, dan lainnya. “Kota Depok ini merupakan etalase Provinsi Jabar. Ketika sektor ekonomi di Kota Depok berkembang, maka akan berdampak positif juga terhadap provinsi,” kata Idris.

[Baca Juga: Dinas Koperasi & UKM Kota Bekasi Gelar Road Show Bazar UMKM]

Karena itu, Idris meminta secara khusus pada Dinas Koperasi Usaha dan Mikro (DKUM) Kota Depok untuk mengawal kolaborasi UMKM dengan provinsi tersebut. Termasuk, pemberdayaan di sektor koperasi dengan pengembangan usaha berkonsep swalayan atau minimarket. Nantinya, produk UMKM Kota Depok bisa dijual di sana untuk memperluas target pasar.

Melansir dari depok.go.id (10/10/2019), dengan adanya kegiatan ini Idris berharap dapat mendorong daya saing UMKM agar bisa jadi tulang punggung perekonomian masyarakat. Menurutnya produk lokal harus mendapatkan pendampingan dari pemerintah, mulai dari proses produksi, pemasaran dan lainnya.

[Baca Juga: Tangerang Expo 2019 Sukses Diikuti 310 Pelaku UMKM]

Idris kemudian melanjutkan, Pemkot Jabar memiliki program untuk membentuk 1.000 Kios UMKM. Program ini kerja sama dengan pihak pasar modern, hotel, atau tempat yang bukan fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum).

Dirinya menambahkan, tak hanya kios, pihaknya juga berencana membangun Gerai UMKM di Alun-alun Depok tahun depan. Gerai tersebut bisa digunakan UMKM untuk memberikan dukungan dan mengakomodir kebutuhan pemasaran para UMKM Depok. Gerai itu nantinya akan bisa digunakan secara gratis, hanya saja setiap UMKM harus bergantian agar bisa mendapatkan kesempatan yang sama.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.