Dukung UMKM Berkembang, Pemkot Depok Gelar Produk UMKM

Bisnis

Dukung Perkembangan Wirausaha, Pemkot Depok Gelar Produk UMKM

Gelar Produk dan Temu Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Depok Juara 2019 dibuka Wali Kota Depok Muhammad Idris di Balaikota Kota Depok. Penyelenggaraan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mengembangkan UMKM Kota Depok sebagai pilar pertumbuhan ekonomi. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Idris menilai, kehadiran program UMKM dari Pemprov Jabar memberikan dampak positif terhadap kuantitas dan kualitas pelaku usaha di Depok. Menurutnya, program ini juga dapat mendorong peningkatan kelas UMKM dan kelengkapan legalitas usaha lainnya.

Dukung UMKM Berkembang, Pemkot Depok Gelar Produk UMKM

Dalam acara ini terdapat 100 UMKM Kota Depok yang hadir, 48 UMKM diantaranya merupakan hasil pendampingan pemprov Jawa Barat. Koordinator Pendampingan UMKM Said Musthofa menyebutkan, produk yang dipamerkan adalah produk asli Kota Depok. UMKM yang hadir terdiri dari pelaku usaha dibidang fesyen, kuliner, kerajinan tangan, dan lainnya. “Kota Depok ini merupakan etalase Provinsi Jabar. Ketika sektor ekonomi di Kota Depok berkembang, maka akan berdampak positif juga terhadap provinsi,” kata Idris.

[Baca Juga: Dinas Koperasi & UKM Kota Bekasi Gelar Road Show Bazar UMKM]

Karena itu, Idris meminta secara khusus pada Dinas Koperasi Usaha dan Mikro (DKUM) Kota Depok untuk mengawal kolaborasi UMKM dengan provinsi tersebut. Termasuk, pemberdayaan di sektor koperasi dengan pengembangan usaha berkonsep swalayan atau minimarket. Nantinya, produk UMKM Kota Depok bisa dijual di sana untuk memperluas target pasar.

Melansir dari depok.go.id (10/10/2019), dengan adanya kegiatan ini Idris berharap dapat mendorong daya saing UMKM agar bisa jadi tulang punggung perekonomian masyarakat. Menurutnya produk lokal harus mendapatkan pendampingan dari pemerintah, mulai dari proses produksi, pemasaran dan lainnya.

[Baca Juga: Tangerang Expo 2019 Sukses Diikuti 310 Pelaku UMKM]

Idris kemudian melanjutkan, Pemkot Jabar memiliki program untuk membentuk 1.000 Kios UMKM. Program ini kerja sama dengan pihak pasar modern, hotel, atau tempat yang bukan fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum).

Dirinya menambahkan, tak hanya kios, pihaknya juga berencana membangun Gerai UMKM di Alun-alun Depok tahun depan. Gerai tersebut bisa digunakan UMKM untuk memberikan dukungan dan mengakomodir kebutuhan pemasaran para UMKM Depok. Gerai itu nantinya akan bisa digunakan secara gratis, hanya saja setiap UMKM harus bergantian agar bisa mendapatkan kesempatan yang sama.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.