Dukung Perkembangan UMKM, Modalku Hadirkan Layanan Modal Pasar

Bisnis

Dukung UMKM, Modalku Hadirkan Layanan Modal Pasar

Modalku mengumumkan peluncuran Modal Pasar, layanan pembiayaan yang diperuntukkan bagi pedagang-pedagang pasar lokal. Dengan Modal Pasar, pedagang bisa mendapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp25 juta tanpa agunan dengan tenor singkat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peminjam. Tujuan utama Modal Pasar adalah sebagai solusi arus kas bagi para pedagang.

Modalku terus berkomitmen ke visinya mendukung inklusi keuangan di Indonesia. Dimulai tahun 2019, visi tersebut diwujudkan secara nyata dengan perluasan cakupan pembiayaan Modalku ke segmen mikro, selain melayani pedagang mikro dan warung, Modalku mulai melakukan penetrasi ke pedagang pasar yang jumlahnya signifikan dan berpotensi untuk berkembang. Modal Pasar mulai diuji dan dijalankan Modalku sejak April 2019, yang mana anggota tim secara langsung memberi edukasi bagi para pedagang di sejumlah pasar tradisional Jakarta.

Dukung Perkembangan UMKM, Modalku Hadirkan Layanan Modal Pasar

Serupa dengan usaha mikro lainnya, tantangan keuangan utama yang dihadapi pedagang pasar adalah arus kas terhambat. Terutama bagi pedagang pasar yang selalu membutuhkan stok barang, arus kas usaha harus selalu lancar. Struktur Modal Pasar memungkinkan pembayaran cicilan per minggu untuk memudahkan pedagang. Anggota tim Modalku yang datang langsung ke pasar siap melayani pedagang jika mereka memiliki pertanyaan atau menemukan kesulitan.

[Baca Juga: Kampanye Kantong Belanja Ramah Lingkungan di Pasar Mayestik]

“Setiap pelaku usaha mikro kecil menengah memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang. Ini berlaku juga bagi pedagang pasar. Bahkan dengan keberadaan pasar modern dan supermarket, juga kemajuan pesat platform e-commerce, pasar tradisional masih memiliki peran penting bagi ekonomi nasional. Modal Pasar dapat menjadi solusi pendanaan bagi para pedagang dalam mengembangkan pasarnya, sebab prosesnya cepat, praktis dan cicilannya juga ringan,” jelas Head of Micro Business & Operations Modalku Sigit Aryo Tejo seperti dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id dari Modalku Indonesia (4/9/2019).

Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah pasar tradisional di Indonesia pada akhir tahun 2018 adalah lebih dari 14.000 pasar atau 88,52 persen dari semua pasar Indonesia. Jelas bahwa pasar tradisional masih mendominasi hidup masyarakat, sedangkan banyak pedagang pasar yang memiliki performa finansial baik dan berpotensi berkembang.

[Baca Juga: Omzet yang tidak Pernah Layu di Pasar Bunga Rawa Belong]

Saat ini, operasional Modal Pasar masih fokus ke pasar tradisional Jakarta. Tim Modalku juga masih melanjutkan usaha edukasi di pasar-pasar Jakarta. Nantinya, Modalku sangat berharap dapat melakukan ekspansi layanan ke kota-kota lain.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.