Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

Berita Kawasan

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

Sebelum menjadi Taman Utan Jati yang seperti sekarang ini, dulu tempat tersebut terkenal kumuh dan dipakai banyak pedagang kaki lima (PKL) yang semrawut menguasai lahan tersebut. Taman Utan Jati kini dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang menarik warga sekitar. Pasalnya, tempat tersebut ramah anak, tersedia tempat bermain anak sehingga anak bisa bermain dengan leluasa dan senang ketika berada di Taman Utan Jati.

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

Fasilitas ini juga banyak dimanfaatkan warga karena tidak dipungut biaya alias gratis dan warga setempat bisa menikmatinya kapan pun. Hadirnya Taman Utan Jati dengan berbagai fasilitas umum yang disediakan berkat hasil dari kreatifitas Petugas Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) Kelurahan Pegadungan dan jajaran Kecamatan Kalideres. Seperti dilansir laman barat.jakarta.go.id (12/12/2019). Kecamatan Kalideres Jakarta Barat menjadikan taman di sepanjang Jalan Utan Jati Kelurahan Pegadungan sebagai program perubahan.

[Baca Juga: Wow! Ada Patung dari Ukraina di Taman Cattleya, Jakarta Barat]

Taman Utan Jati yang memiliki panjang sekitar 600 meter dan lebar delapan meter itu kini telah dilengkapi sejumlah fasilitas, antara lain jalur joging, rumah Betawi, rumah kayu, jembatan mini, ruang baca publik, ayunan dari kayu, permainan ular tangga yang dilukis di lantai, taman vertikal dan lainnya. Camat Kalideres Naman Setiawan mengatakan salah satu fasilitas umum yang terdapat pada Taman Utan Jati yaitu rumah Betawi pernah dipakai untuk berbagai kegiatan warganya. "Selain melestarikan budaya, rumah Betawi ini juga sudah digunakan untuk rapat karang taruna, FKDM, RW/RT dan latihan pencak silat," jelasnya.

[Baca Juga: Dorong Penggunaan Sepeda, Terminal Kalideres Sediakan Jalur Khusus]

Taman Utan Jati terus dikelola pemerintah setempat dengan melakukan kajian, survei dan pelaksanaan. Penataan dimulai dari pertengahan Juni 2019 dengan melibatkan lima kelurahan yang ada di wilayahnya. "Setiap kelurahan membuat spot, apakah spot permainan, jembatan dan lainnya. Masyarakat juga ikut terlibat," katanya.

Pihaknya berharap taman tersebut selalu dijaga dan dirawat sehingga bisa terus dimanfaatkan masyarakat, baik untuk ruang interaksi, bermain, olahraga dan lainnya. “Kami juga berharap warga turut merawat dan menjaga taman serta fasilitas yang ada,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 2 years, 5 months lalu
    Natasya88

    Di spesial menyambut Natal & Tahun baru Buruan Dapatkan SPESIAL KADO X’MAS 5% LANGSUNG SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K hanya di (DUPA88,Net) sekarang juga guys. . .🥳🥳😘

  • Octavia 2 years, 5 months lalu
    octavia

    Yuks bergabung dengan dupa88. net Hanya dengan modal 25K saja dapat bermain di banyak permainan dan mendapat kesempatan menang hingga jutaan rupiah , jangan sampai ketinggalan

  • Novita 2 years, 5 months lalu
    novita

    Di spesial menyambut Natal & Tahun baru Buruan Dapatkan BONUS DEPOSIT HARIAN++ hanya di (HOKI165,CO) sekarang juga guys. . .🥳🥳😘