DULU RAMAI BAGAIMANA NASIK KAMPUNG CHINA KINI

Berita Kawasan

Dulu Ramai, Bagaimana Nasib Kampung Cina Kini?

Pernah mendengar nama Kampung Cina? Wilayah ini pada awal 2000-an hingga 2010 namanya melejit bak idola dari ibu kota. Kampung Cina sendiri adalah sebuah destinasi wisata yang khas dengan kebudayaan China. Letaknya berada di dalam perumahan elit Kota Wisata Cibubur. Dulu sempat ramai menjadi pusat jual beli dan wisata budaya Cina. Namun, kini sudah jarang terdengar kabar beritanya. Bahkan ada berita yang mengatakan kalau Kampung Cina sudah tutup dikarenakan sepi pengunjung. Benarkah?

Sejarah Kampung Cina

Mulanya, Kampung Cina dibangun oleh developer perumahan Sinar Mas Land pada tahun 2002. Dilansir dari Okezone, awalnya Kampung Wisata adalah nama yang digunakan untuk kawasan wisata tersebut yang khusus dibangun untuk penghuni perumahan Kota Wisata Cibubur. Dulunya, ada spot yang bernama Kampung Eropa, Amerika, Jepang, Indonesia, dan Cina. Namun yang bertahan dan pamornya lebih naik hanya Kampung Cina. Sehingga lokasi tersebut disatukan dan namanya diganti menjadi Kampung Cina.

Seiring berjalanannya waktu, pengunjung Kampung Cina bukan hanya dari kalangan penghuni perumahan, namun juga dari luar kota bahkan luar Pulau Jawa. Saat masih aktif, ada danau di tengah Kampung Cina, di sana Anda dan keluarga bisa naik bebek kayuh untuk memutari danau dan banyak patung-patung ikonik untuk sarana belajar anak.

Saat hari besar Cina tiba, di sini biasanya dilakukan selebrasi yang terbilang meriah. Festival Cap Go Meh dilakukan di depan hingga dalam area Kampung Cina. Di hari libur besar seperti inilah jumlah pengunjung membludak drastis.

Kondisi Kampung Cina Kini

Sedangkan kini, jika Anda berkunjung ke Kampung Cina, suasana berubah total. Bangunan yang lusuh, berlumut, dan rentan roboh justru menambah kesan seram pada Kampung yang dulu ramai. Kini Anda hanya bisa melihat beberapa toko pernak-pernik Cina di sana, totalnya bahkan tidak sampai 10 toko. Sisanya? penjual memilih mundur karena merugi dan sarana serta prasarana kurang baik. Bahkan cenderung menyeramkan dan lusuh.

Seakan-akan Kampung Cina kini terabaikan. Bahkan siapa yang mengelola primadona Cibubur ini tidak jelas siapa. Untuk memasuki kawasan ini pun, Anda hanya perlu membayar retribusi parkir, sudah tidak ada biaya tiket masuk seperti dulu. Danau yang dulu jadi tempat piknik dan bersenang-senang keluarga pun, sekarang mengering dan menyusut. Tersisa adalah hanya danau kering penuh lumpur.

Ilalang tumbuh liar di dalam Kampung Cina yang dulu sempat menjadi pusat penjualan pernak-pernik Cina terlengkap. Namun walaupun begitu setiap hari masih ada beberapa pengunjung yang datang ke sini untuk sekedar melihat-lihat atau berfoto.

Lokasi dan Rute

Kampung Cina tepatnya berada di Jalan Boulevard Kota Wisata, Cibubur, Ciangsana, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat 16968. Rute untuk sampai ke Kampung Cina pun tidak begitu sulit. Jika Anda datang dari Jakarta, keluar dari tol Cibubur, Anda hanya perlu jalan lurus, kemudian masuk ke Perumahan Kota Wisata. Setelah itu, Anda jalan terus dari depan perumahan, jika melihat Superindo yang berada di seberang putaran, Anda belok kanan, lurus sedikit kemudian belok kiri. Dari sana, Anda sudah bisa melihat pintu masuk Kampung Cina yang terlihat lusuh.

Jika Anda dari Bekasi, sangat direkomendasikan untuk lewat belakang perumahan Kota Wisata. Anda hanya perlu lurus terus hingga sampai ke Kampung Cina. Namun, jika Anda dari arah Bogor, bisa melewati jalan tol kemudian keluar melalui tol Cibubur atau lewat Citeureup. Saat Anda sudah sampai di perempatan dibawah fly over Cileungsi, Anda belok kiri dan lurus terus, cari putaran untuk masuk ke perumahan Kota Wisata Cibubur dan Anda pun akan sampai.

Read More

Artikel Lainnya

Catat! Ini Alur Pendaftaran PPDB DKI Jakarta Tahun 2020.jpg

Pendidikan

Catat! Ini Alur Pendaftaran PPDB DKI Jakarta Tahun 2020

05 June 2020, 16:30

Pemprov DKI Jakarta sudah keluarkan hal-hal yang dipersiapkan orangtua dan para calon siswa untuk PPDB DKI Jakarta 2020.

Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020

Berita Kawasan

Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020

05 June 2020, 16:00

penundaan pembukaan Masjid Raya Bandung dikarenakan masih dalam tahap persiapan untuk memenuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Majelis Utama Indonesia Kota Bandung

Tengok Kasus Negara Lain, 5 Tempat Ini Risiko Tinggi Penularan COVID-19

Kesehatan

PSBB Transisi, Apakah Aktivitas Bernyanyi Perlu Diperhatikan?

05 June 2020, 15:00

Menengok kasus di negara lain, beberapa anggota tim paduan suara menderita COVID-19 setelah melakukan latihan dan tampil dalam sebuah acara. Droplet mengandung Virus Corona baru yang dihasilkan diyakini jadi penyebabnya.

kipas angin_1.jpg

Kesehatan

Dianggap Tak Baik, Tidur Gunakan Kipas Juga Ada Manfaatnya Lho

05 June 2020, 14:00

Kipas angin di dalam kamar ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan selain membuat tagihan listrik menjadi lebih rendah.


Comments


Please Login to leave a comment.