Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

Selama masa pandemi COVID-19, masyarakat di Tanah Air merasakan betul bagaimana pentingnya metode Whole Genome Sequencing atau WGS. Pasalnya, metode ini digunakan untuk melakukan pengumpulan informasi genetik dari virus penyebab COVID-19 dalam rangka mengidentifikasikan variannya. Selain itu, WGS sebenarnya juga memiliki manfaat untuk mengumpulkan genom dari manusia serta bakteri sehingga dianggap penting untuk dunia medis. Melihat manfaatnya ini, perusahaan East Ventures baru-baru ini mengumumkan dukungannya terhadap pengembangan metode WGS di Tanah Air melalui program Biomedical & Genome Science Initiative atau BGSi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Program BGSi disebut merupakan inisiatif nasional pertama yang dibuat Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam rangka pengembangan pengobatan yang lebih tepat untuk masyarakat melalui WGS. Di mana peluncuran BGSi ini digelar pada 14 Agustus 2022 di Gedung Eijkman RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenke s.jpg

“Teknologi ini sangat penting untuk kesehatan masyarakat kedepan. Melalui bioteknologi genome sequensing ini, kemampuan kita untuk mengidentifikasi sumber penyakit dan mengobatinya akan sangat pasti dan personal. Bagusnya kita tahu secara pasti diagnosis dan treatmen-nya. Contohnya sakit batuk, walaupun gejalanya sama namun di setiap orang sakitnya bisa berbeda-beda. Dengan adanya BGSi ini, kita bisa identifikasi lebih cepat sakitnya apa, sehingga bisa segera kita obati,” ungkap Menkes dalam peluncuran tersebut, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (15/8/2022).

[Baca Juga: Alat Genome Digunakan Jateng, Antisipasi Virus COVID-19 Varian Mu]

Melihat bagaimana manfaat dari BGSi di Tanah Air, khususnya dari sisi WGS, perusahaan East Ventures turut memberikan donasi untuk pemanfaatan program ini di fasilitas kesehatan Indonesia. “Kami mengucapkan selamat kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk pencapaian baru dalam mendukung kemajuan industri kesehatan di Indonesia. Kami berharap partisipasi East Ventures sebagai donatur, dapat turut mengambil peran dalam membawa industri kesehatan dan berbagai penelitian medis di Indonesia ke arah yang semakin baik,” tutur Managing Partner East Ventures Roderick Purwana.

Program BGSi ini disebut siap diterapkan di RSUPN RSCM (Jakarta Pusat), RS Pusat Otak Nasional (Jakarta Timur) , RSPI Sulianto Saroso (Jakarta Utara), RSUP Persahabatan (Jakarta Timur), RS Kanker Dharmais (Jakarta Barat), RSUP Sardjito (Daerah Istimewa Yogyakarta), serta RS Prof I.G.N.G Ngoerah (Bali). Pemanfaatan utamanya adalah penelitian pengembangan pengobatan untuk penyakit kanker, penyakit menular, penyakit otak dan neurodegeneratif, penyakit metabolik, hingga penuaan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.