East Ventures Pimpin Pendanaan Awal ke Startup Makanan Sehat Ini

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal ke Startup Makanan Sehat Ini

Perusahaan modal ventura East Ventures kembali mengucurkan pendanaan untuk perusahaan startup Greenly. Pendanaan ini tidak dilakukan East Ventures sendiri, mengingat perusahaan itu juga menggandeng sejumlah angel investor untuk turut memberikan pendanaan tahap awal atau seed funding terhadap Greenly. Pendanaan ini rencananya akan digunakan Greenly untuk membantu proses ekspansi bisnisnya.

Perusahaan Greenly sendiri didirikan Edrick Joe Soetanto bersama Lia Gonta Widjaja. Dengan pendirian startup ini tidak terlepas dari keduanya yang merasa kesulitan untuk menunjang pola hidup sehat mereka, karena susahnya mendapatkan makanan sehat di Surabaya. Apalagi selain langkanya sajian makanan serta minuman sehat di sana, perihal harga yang kurang ramah di kantung pun mempengaruhi sulitnya makanan sehat di Surabaya.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal ke Startup Makanan Sehat Ini

Dari kesulitan keduanya inilah yang akhirnya mendorong Greenly didirikan untuk memberikan makanan siap saji sehat dengan harga terjangkau. “Greenly hadir sebagai fast-casual ritel yang menyediakan beragam salad, grain, bowl, cold-pressed juice, smoothie, nut milk, dan produk sehat lainnya yang terbuat dari bahan alami dan segar,” jelas Liana, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (12/2/2020).

Sebelum mendirikan Greenly, Edrick dan Liana sudah melakukan risetnya terlebih dahulu dan membandingkannya dengan pola makan dari masyarakat Tanah Air. Dengan mengacu kepada data Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO, diketahui bahwa rata-rata masyarakat Indonesia hanya mengonsumsi sayur dengan jumlah 122 gram serta buah 92 gram setiap harinya dan ini disebut jauh dari yang direkomendasikan.

[Baca Juga: The Fit Company Luncurkan Aplikasi Wellness FITCO]

Selain riset di atas, pengalaman Liana dan Edrick juga turut menjadi faktor pendirian Greenly. Dengan Liana merupakan ahli nutrisi yang sudah memiliki pengalaman bekerja di industri kesehatan serta makanan dan minuman. Sehingga tak heran bila Liana menjadi orang yang bertanggung jawab meramu resep makanan dan minuman sehat yang hadir di Greenly.

Sedangkan Edrick memang memiliki profesi serial entrepreneur dan pernah bekerja di PwC (PricewaterhouseCoopers). Dengan dorongan pengalaman serta keinginan menghadirkan makanan dan minuman sehat yang terjangkau serta mudah untuk dibeli, Greenly pun membuka outlet pertamanya di Surabaya.

[Baca Juga: Ini Alasan FITmee Gunakan Shirataki untuk Produknya]

Saat ini bisnis dari Greenly menggunakan fokus online 2 online atau O2O dengan konsep new retail yang direalisasikan melalui toko fisik serta pesan antar. Hal ini bisa terlihat dari gerai-gerai Greenly yang sudah tersedia di Kota Surabaya. Dana yang dikucurkan oleh East Ventures dan angel investors direncanakan digunakan Greenly untuk melakukan inovasi terhadap produknya, mengembangkan teknologi, memperluas jaringan, serta yang terpenting adalah proses ekspansi ke luar Surabaya, salah satunya di Jakarta.

Dengan mengacu terhadap East Ventures – Digital Competitiveness Index 2020 (EV-DCI), perusahaan East Ventures sangat mendorong Greenly untuk melakukan ekspansi ke Ibu Kota. “Berdasarkan EV-DCI, Jakarta adalah kota terbaik untuk menunjang perkembangan bisnis perusahaan digital.

Sementara founder yang berasal dari luar Jakarta, harus bisa beradaptasi cepat dan ekspansi ke Jakarta. Kepercayaan kami kepada founder di luar Jakarta telah dibuktikan sebelumnya oleh keberhasilan IDN Media yang berekspansi dari Surabaya ke seluruh Indonesia,” tambah Managing Partners East Ventures Wilson Cuaca.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.