East Ventures Pimpin Pendanaan Baru untuk Fintech Komunal.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Baru untuk Fintech Komunal

Sekitar tiga tahun yang lalu, perusahaan modal ventura East Ventures mengumumkan pendanaan untuk startup fintech Tanah Air Komunal. Dengan seiring berjalannya waktu dan Komunal yang terus berkembang apalagi didukung lini bisnis DepositoBPR miliknya, East Ventures kembali memberikan pendanaan yang kali ini kategori Seri A sekitar setahun yang lalu. Ternyata di penghujung Tahun 2022 yang lalu, East Ventures terus mendukung perkembangan perusahaan fintech tersebut dan kali ini memimpin putaran pendanaan bersama sejumlah perusahaan modal ventura lainnya untuk Komunal.

Komunal dipandang sebagai East Ventures sebagai salah satu perusahaan fintech dengan potensi yang besar, mengingat salah satu fokus bisnis dari Komunal adalah mendorong pengembangan UMKM di Tanah Air. Bahkan selama tahun 2022, Komunal mencatat telah berhasil menyalurkan simpanan serta pinjaman bagi BPR (Bank Perkreditan Rakyat) serta UMKM di daerah dengan total angka menyentuh Rp3,6 triliun dan ini disebut menunjukan tren yang positif dari sisi pertumbuhan. Pasalnya, di tahun 2021, jumlah simpanan dan pinjaman di Komunal hanya menyentuh angka Rp781 miliar.

East Ventures Pimpin Pendanaan Baru untuk Fintech Komuna l.jpg

Dari sisi lini bisnisnya sendiri, Komunal dibagi menjadi DepositoBPR by Komunal dan Komunal P2P Lending. Untuk Deposito BPR by Komunal sendiri adalah produk Komunal yang berbentuk marketplace untuk produk deposito dari BPR dan saat ini sudah ada lebih dari 220 BPR daerah yang tersebar di 19 provinsi Tanah Air yang telah tergabung sehingga masyarakat Indonesia di manapun mereka berada bisa mengakses produk deposito dari ratusan bank-bank tersebut. Sedangkan Komunal P2P Lending pada dasarnya menjadi jembatan untuk menghubungkan UMKM di Tanah Air dengan para investor.

[Baca Juga: Tawarkan Bunga Hingga 6% per Tahun, Komunal Luncurkan Apps DepositoBPR]

Putaran pendanaan baru yang dipimpin East Ventures dan menggandeng AlphaTrio Sustainable Technology Fund, Skystar Capital, Sovereign’s Capital, Ozora and Gobi Partners disebut sukses berhasil kumpulkan USD$8,5 juta atau setara dengan Rp132 miliar untuk disalurkan ke Komunal. Di mana pihak Komunal sudah memiliki target akan digunakan untuk apa pendanaan itu yang difokuskan terus mendorong inklusivitas finansial bagi UMKM serta memperkuat ekosistem neo-rural bank di luar Jabodetabek.

“Kami berterima kasih untuk kepercayaan yang diberikan para Investor, para mitra BPR, dan semua pelanggan setia Komunal. Kepuasan tersendiri bagi kami melihat mitra-mitra BPR tumbuh melalui digitalisasi dan pelanggan setia kami dapat dengan mudah dan aman mengakses simpanan dan pinjaman secara digital. Di tahun 2023, kami berharap layanan Komunal dapat memberikan benefit lebih luas, khususnya untuk pengguna dan mitra BPR diluar Jawa dan Bali,” ucap CEO Komunal Hendry Lieviant, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (17/1/2023).


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.