East Ventures Pimpin Pendanaan Seed Funding ke BukuWarung

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Seed Funding ke BukuWarung

Perusahaan modal ventura East Ventures kembali memimpin ronde pendanaan untuk perusahaan startup. Kali ini perusahaan yang mendapatkan kucuran dana seed funding dengan jumlah yang tidak dipublikasikan tersebut adalah BukuWarung. Perusahaan startup ini memiliki produk aplikasi untuk pembukuan yang fokus bisnisnya menargetkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Perusahaan BukuWarung sendiri didirikan pada akhir tahun 2019 oleh Abhinay Peddisetty dan Chinmay Chauhan. Di mana pembahasan mengenai mendirikan perusahaan startup tersebut dilakukan keduanya ketika bekerja di Carousell. Hal ini tak terlepas dari pengalaman keduanya bekerja di berbagai perusahaan yang bekerja di layanan pembayaran serta finansial di ranah UMKM di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

East Ventures Pimpin Pendanaan Seed Funding ke BukuWarung

Tak lama setelah perusahaan BukuWarung resmi berdiri, anggota tim pendiri pun kembali berkembang dengan hadirinya founder dari Lunasbos Adjie Pubrojati. Hadirnya Adjie disebut untuk mengakselerasi pertumbuhan BukuWarung dan ini tak terlepas dari andilnya dalam aplikasi Lunasbos yang yang memang digunakan sebagai pencatatan keuangan dengan segmen UMKM Indonesia.

Sejak diluncurkan, aplikasi BukuWarung disebut sudah digunakan oleh 250.000 UMKM yang tersebar di ratusan kota serta kabupaten Tanah Air. Di mana para penggunanya memanfaatkan aplikasi ini untuk pembukuan tunai dan kreditnya yang ternyata semakin menghemat waktu dan uang bila dibandingkan pembukuan konvensional.

[Baca Juga: Nusantics Umumkan Perampungan Purwarupa Test Kit qPCR COVID-19]

“Dalam beberapa bulan pertama, BukuWarung menikmati momentum pertumbuhan yang kuat. Namun, angka itu belum mencapai 1% dari 60 juta pemilik warung di Indonesia, yang hampir seluruhnya bergantung pada metode pencatatan tradisional atau tidak melakukan pembukuan sama sekali," ujar Abhinay, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (7/4/2020).

Dia menambahkan, para pemilik warung ini tidak bisa memantau aliran kas dan utang/piutang mereka ke pelanggan dan pemasok. Misi kami adalah mendukung pemilik warung ini dengan teknologi sehingga mereka bisa mengelola bisnis mereka dengan efisien. Kasbon (utang/piutang) mencakup 80% dari bisnis mereka. "Ini alasan kami berfokus kepada produk pembukuan digital,” Abhinay menjelaskan.

[Baca Juga: Perusahaan Startup Nusantics Raih Kucurkan Dana dari East Ventures]

Pendanaan yang baru-baru ini didapatkan perusahaan startup ini sendiri melibatkan ronde pendanaan dengan partisipasi AC Ventures, Golden Gate Ventures, Tanglin Venture Partners, dan Michael Sampoerna yang juga diikuti para angel investors dari Grab, Gojek, Flipkart, PayPal, Xendit, Rapyd, Alterra, Zen Rooms, dan lain-lain. Dana seed funding yang dikucurkan ke BukuWarung akan digunakan mereka dalam rangka memperkuat posisinya di pasar Indonesia sekaligus mengembangkan tim mereka di Ibu Kota.

“Eksekusi yang cepat dan fokus membuat BukuWarung mencatatkan pertumbuhan traction dan engagement yang pesat, sehingga menjadikan mereka salah satu pemain utama di industri ini. UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Kami yakin gelombang startup inovatif berikutnya akan muncul dari upaya mendorong digitalisasi di segmen UMKM,” imbuh Co-founder sekaligus Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca.

Read More

Artikel Lainnya

Lawan Rasisme, Fans K-Pop Bersatu Bajak Tagar WhiteLivesMatter

Hobi dan Hiburan

Lawan Rasisme, Fans K-Pop Bersatu Bajak Tagar #WhiteLivesMatter

05 June 2020, 17:00

Sebuah survei menunjukkan, mayoritas masyarakat Amerika Serikat bersimpati dengan aksi protes atas pembunuhan George Floyd. Begitu juga dengan fans K-Pop.

Catat! Ini Alur Pendaftaran PPDB DKI Jakarta Tahun 2020.jpg

Pendidikan

Catat! Ini Alur Pendaftaran PPDB DKI Jakarta Tahun 2020

05 June 2020, 16:30

Pemprov DKI Jakarta sudah keluarkan hal-hal yang dipersiapkan orangtua dan para calon siswa untuk PPDB DKI Jakarta 2020.

Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020

Berita Kawasan

Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020

05 June 2020, 16:00

penundaan pembukaan Masjid Raya Bandung dikarenakan masih dalam tahap persiapan untuk memenuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Majelis Utama Indonesia Kota Bandung

Tengok Kasus Negara Lain, 5 Tempat Ini Risiko Tinggi Penularan COVID-19

Kesehatan

PSBB Transisi, Apakah Aktivitas Bernyanyi Perlu Diperhatikan?

05 June 2020, 15:00

Menengok kasus di negara lain, beberapa anggota tim paduan suara menderita COVID-19 setelah melakukan latihan dan tampil dalam sebuah acara. Droplet mengandung Virus Corona baru yang dihasilkan diyakini jadi penyebabnya.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Erni 1 month, 3 weeks lalu
    erni

    ⁣Mau hadiah total sampai 1M 😱 Buruan join di poker165.co dengan TCoin ! Atau ikuti babak kualifikasi untuk menangkan tiketnya ! Untuk Info lebih lanjut silahkan Kunjungi roadto1billion.com Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder 😎