East Ventures Pimpin Pendanaan Seri A Senilai Rp30 Miliar pada Kom unal.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Seri A Rp30 Miliar pada Komunal

Pada akhir tahun 2019, perusahaan modal ventura East Ventures mengumumkan suntikan pendanaan awal atau seed funding ke perusahaan startup fintech Komunal yang saat itu fokus pada menjembatani para pelaku Usaha Kecil, dan Menengah atau UKM. Saat ini Komunal telah berkembang menjadi perusahaan fintech pertama yang menyediakan jasa Neo-rural bank secara lokal di Indonesia dan guna mempercepat realisasi perusahaan tersebut, East Ventures kembali mengucurkan pendanaan ke Komunal.

Pendanaan yang dikucurkan East Ventures dan partisipasi dari Skystar Capital tersebut berjumlah USD$2,1 juta atau setara Rp30 miliar. Di mana suntikan pendanaan Seri A ini disebut akan digunakan Komunal untuk memperkuat produk terbaru mereka bernama Deposito BPR yang telah mendapatkan lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

DepositoBPR disebut menjadi platform yang menghubungkan deposan dan peminjam dengan institusi finansial Bank Perkreditan Rakyat atau BPR. Produk ini disebut memungkinkan masyarakat mendapatkan bunga tertinggi yang telah rerjamin pemerintah ketika membuka rekening deposito. Karena berkat DepositoBPR, masyarakat dapat mengakses Bank Pekreditan Rakyat yang berada di daerah yang sebenarnya disebut memiliki jaminan bunga lebih tinggi 2,5 persen untuk deposito bila dibandingkan bank komersial lainnya. Kemudian dari sisi kepercayaan, publik disebut tak perlu khawatir, karena dengan lisensi resmi dari OJK maka Komunal resmi menjadi agen pendanaan resmi pertama di Indonesia.

East Ventures Pimpin Pendanaan Seri A Senilai Rp30 Miliar pada Komunal.jpg

Produk Komunal ini juga disebut sebenarnya membantu BPR menemui deposan yang sebelumnya mereka tidak bisa tembus karena 1.500 BPR yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia hanya diperbolehkan menyalurkan kredit di provinsi mereka masing-masing sehingga menyulitkan untuk mendapatkan deposan yang berada di wilayah perkotaan. Dengan DepositoBPR, maka BPR diiklaim tak perlu membuka cabang baru serta melakukan pemasaran dan tidak terbatas oleh geografi untuk menerima setoran dari deposan.

“Kami percaya kerja sama yang kuat antara funding agent dan BPR akan mendorong inklusi finansial negara ini dengan sangat baik. Karena skala usaha BPR lebih kecil dibandingkan bank komersial, mereka memiliki perubahan kebutuhan yang sangat dinamis dalam hal pemberian pinjaman dan pendanaan. Kita melihat berbagai kolaborasi dari sisi pinjaman, namun BPR tidak memiliki banyak pilihan untuk menyalurkan pendanaan walaupun mereka menawarkan produk yang menarik dan aman,” tutur Co-Founder Komunal Hendry Lieviant, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (21/9/2021).

[Baca Juga: East Ventures Pimpin Suntikan Dana USD$3,3 Juta ke Startup Pasarnow]

Pendanaan dari yang dipimpin East Venture disinyalir untuk membantu menangani tantangan DepositoBPR terkait pengembangan platform tersebut untuk membakukan serta mengoptimalkan prosesnya agar bisa didigitalisasikan. Contoh aspek yang perlu diubah adalah terkait pengubahan tanda tangan sebelumnya yang mengharuskan deposan ke BPT menjadi digital atau pengenalan nasabah yang dilakukan secara video call. Kemudian yang paling ingin diubah oleh Komunal melalui DepositoBPR adalah mengubah kebiasaan BPR yang menggunakan bilyet fisik menjadi e-bilyet.

Produk DepositoBPR yang diluncurkan versi Beta pada Agustus 2021 lalu disebut telah menggandeng 60 Bank Perkreditan Rakyat yang tersebar di Jawa-Bali. Saat ini Komunal berfokus untuk menjangkau lebih banyak market share dari BPR di Indonesia dan target inilah yang semakin mendorong East Ventures untuk memimpin pendanaan Seri A. Apalagi perusahaan fintech yang bermarkas di Kota Surabaya itu terus berkomitmen untuk membantu pelaku usaha UKM dan ini terbukti dari ratusan UKM yang telah meraih pinjaman sekitar Rp713 miliar berkat perusahaan fintech ini.

[Baca Juga: Perusahaan Startup Nusantics Raih Kucurkan Dana dari East Ventures]

“Komunal membawa inklusi finansial ke level berikutnya. Kita sering mendengar banyak startups yang memberi solusi kepada konsumen yang tidak memiliki rekening bank dan tidak mendapatkan layanan yang baik, maupun kepada usaha kecil dan mikro yang tidak memiliki kredit. Namun, belum ada yang memberikan solusi kepada BPR. Komunal memperkenalkan sebuah konsep baru, yaitu “neo-rural bank” untuk mengembangkan bank kecil dengan kapabilitas yang canggih. Kami berharap langkah ini dapat mengakselerasi inklusi finansial secara masif dan mendalam untuk seluruh daerah di Indonesia,” tambah Co-Founder sekaligus Managing Partners East Ventures Wilson Cuaca.


Read More

PT Komunal Finansial Indonesia

Fintech P2P Lending

+623199210252
None

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.