East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp66 Miliar ke Startup Fresh Factory.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp66 Miliar ke Startup Fresh Factory

Perusahaan modal ventura East Ventures kembali mengumumkan penyuntikan dana ke perusahaan startup di Tanah Air. Di mana kali ini perusahaan yang mendapatkan pendanaan awal (seed funding) adalah Fresh Factory yang bergerak di bidang rantai logistik dingin atau yang dikenal dengan istilah cold chain. Pada penyuntikan dana senilai USD$4,5 juta atau setara dengan Rp66 miliar itu, East Ventures tidak bergerak sendiri. Karena ada juga sejumlah perusahaan modal ventura lainnyanserta angel investor yang ikut berkolaborasi dalam pendanaan ini.

Fresh Factory didirikan oleh Larry Ridwan, Widijastoro Nugroho, dan Andre Septiano. Di mana perusahaan startup ini memberikan layanan solusi rantai dingin bagi para kliennya. Dari mulai jaringan pusat fulfillment rantai dingin yang bersifat hiperlokal sampai sistem manajemen yang cerdas dalam menghadirkan penyimpanan hingga pengiriman produk ke pelanggan lebih efisien disebut menjadi bagian dari layanan Fresh Factory.

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp66 Miliar ke Startup Fresh Factor y.jpg

Hadirnya layanan dari Fresh Factory ini diawali dengan ketiga founder-nya yang melihat fakta lapangan di Tanah Air terkait logistik rantai dinginnya. Permasalahan yang timbul di cold chain menyebabkan pengusaha UMKM, khususnya di bidang mikro dan kecil, kesulitan menjalankan bisnisnya akibat biaya pengiriman yang mahal. Apalagi saat ini e-commerce sudah semakin kuat eksistensinya di Indoensia sehingga ketiga founder Fresh Factory ingin menghadirkan layanan yang bisa menjawab kebutuhan rantai logistik dingin dengan harga yang bisa bersaing dengan kompetitornya.

Saat ini perusahaan startup itu disebut sudah memiliki lebih dari 20 gudang cabang yang tersebar di wilayah Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Bali. Di gudang ini, Fresh Factory telah memanfaatkan berbagai teknologi seperti GeoTagging, kecerdasan buatan, sampai Internet untuk Segala demi memastikan stok di dalam gudang disimpan dengan suhu yang tepat. Fresh Factory sendiri telah memiliki target untuk apa pendanaan seed funding yang dipimpin East Ventures. Di mana utamanya, dana tersbeut akan digunakan untuk menjangkau kota-kota lain yang sebelumnya belum terjangkau sampai berinvestasi dengan meningkatkan tim serta teknologinya.

[Baca Juga: Tak Hanya Sekadar Investasi, East Ventures Terus Dorong Pendanaan Berkelanjutan]

“Kami berterima kasih kepada semua investor atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Investasi ini menjadi bukti kuat atas solusi yang diwujudkan oleh Fresh Factory dalam menghadirkan inovasi baru bagi industri manajemen rantai dingin di Indonesia. Dana ini akan mempercepat misi kami untuk mendukung semua pemilik usaha di Indonesia, khususnya UKM dalam mendorong pertumbuhan dan meningkatkan skala bisnis mereka,” ungkap Founder & CEO Fresh Factory Larry Ridwan, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (27/6/2022).


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.