East Ventures Suntik Dana ke Berbagai Startup di Indonesia

Bisnis

East Ventures Suntik Dana ke Berbagai Startup di Indonesia

Tidak bisa dipungkiri saat ini iklim entrepreneur di Indonesia semakin membaik dengan munculnya berbagai startup baru. Namun terkadang dalam perjalanannya, salah satu masalah yang biasanya membentur entrepreneur dalam mengembangkan bisnisnya adalah terkait modal. Oleh karena itulah mereka acap kali membutuhkan bantuan perusahaan modal ventura untuk suntikan dana. Sayangnya sejumlah modal ventura ada yang cenderung pilih-pilih jenis usaha yang akan mereka berikan bantuan. Namun hal berbeda dilakukan perusahaan East Ventures.

Pada acara press briefing East Ventures, perusahaan modal ventura lokal itu menjelaskan bahwa mereka memiliki fokus investasi yang unik. Di mana perusahaan ini menerapkan sistem yang dinamakan sector agnostic yang berarti East Ventures berinvestasi secara terbuka terhadap startup yang bergerak di seluruh bidang industri. Dari mulai e-commerce, media, finansial, logistik, kecerdasan buatan, hingga pendidikan sudah dipenetrasi oleh East Ventures.

East Ventures Suntik Dana ke Berbagai Startup di Indonesia

Berdasarkan penjelasan Partner East Ventures Melisa Irene arahan sector agnostic ini dilakukan guna mengikuti arus perubahan tren bisnis startup di Indonesia. “Awal-awal investasi di perusahaan digital bila diperhatikan semua bisnis modelnya B2C atau Business to Customer. Artinya jualan barang dengan target market-nya individu. Contohnya Tokopedia, perusahaan ini jualan yang beli perorangan,” tuturnya di press briefing East Ventures, CoHive D Lab, Menteng, Jakarta Pusat (16/5/2019).

[Baca Juga: Startup The Fit Company Gabungkan Berbagai Bisnis Kesehatan]

Oleh karena itulah, East Ventures tidak hanya menyuntikkan dananya di startup B2C tapi juga B2B atau Business to Business. Hingga kini terhitung sudah ada 140 startup (termasuk di Singapura, Jepang, Malaysia dan Thailand) yang didukung perusahaan model ventura ini dengan tiga proyek internalnya yang terdiri dari Fore Coffee, Warung Pintar, serta CoHive.

Pada press briefing tersebut turut hadir juga Deputy CEO Fore Coffee Elisa Suteja dan CEO serta Co-Founder The Fit Company Jeff Budiman. Sekadar informasi, The Fit Company merupakan perusahaan startup yang bergerak di bidang kesehatan dan baru mendapatkan suntikan East Ventures pada bulan Januari 2019.

[Baca Juga: VXN Tawarkan Bisnis Kurir Tanpa Modal Besar]

Rata-rata untuk startup bisa mendapatkan suntikan dana dari perusahaan modal ventura, maka para founder harus mempersiapkan pitch deck untuk meyakinkan pihak perusahaan menjadi investor di bisnis mereka. Menariknya, Jeff Budiman hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk meyakinkan East Ventures. Kala itu ia bertemu dengan Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca.

“Ketemu dengan Wilson sekitar 30 - 40 menit, habis itu dia mengatakan ‘oke’. Saya juga bingung oke bagaimana. (Dia-red) ‘Oke kita invest’,” tutur Jeff. Melisa menambahkan, keputusan cepat dari Wilson itu mencerminkan bahwa ia melihat Jeff memiliki jiwa serta semangat sebagai entrepreneur yang memiliki tekad untuk memajukan bisnis startup-nya.

Read More

Artikel Lainnya

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Inovasi Pertunjukan Berstandar Internasional

Bisnis

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Pertunjukan dengan Acuan 4 Pilar

31 October 2020, 15:07

APMI, asosiasi formal promotor musik satu-satunya di Indonesia baru saja berdiri. Mereka akan siapkan pertunjukan musik dengan mengacu pada empat pilar.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.


Comments


Please Login to leave a comment.