East Ventures Suntik Dana ke Perusahaan Startup Komunal

Bisnis

East Ventures Suntik Dana ke Perusahaan Startup Komunal

Perusahaan modal ventura East Ventures kembali melakukan pendanaan untuk perusahaan startup Karya Anak Bangsa. Kali ini perusahaan yang disuntik dana tahap seed funding atau pendanaan awal adalah Komunal. East Ventures tidak sendiri dalam proses pendanaan ini dengan Skystar Capital juga turut dalam proses seed funding ini. Penyuntikan dana ini disebut akan membantu mempercepat misi bisnis perusahaan Komunal dalam membantu pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Sekadar informasi, Komunal merupakan perusahaan peer-to-peer lending online yang bermarkas di Kota Surabaya. Perusahaan yang didirikan Henry Lieviant, Rico Tedyono, dan Kendrick Winoto ini disebut memiliki misi dalam menjembatani kesenjangan pendanaan untuk para pelaku usaha UMKM di Indonesia yang belum bisa dilayani pihak bank.

East Ventures Suntik Dana ke Perusahaan Startup Komunal

Misi ini dipandang penting, karena menurut pandangan dari Komunal setidaknya terhitung gap pendanaan bagi pemilik UMKM di Indonesia mencapai Rp1.000 triliun per tahunnya. Kondisi ini bahkan lebih kontras untuk UMKM yang beroperasi di luar Jabodetabek. Dari sinilah ketiga founder yang memiliki pengalamannya masing-masing di bidang teknologi serta finansial dari perusahaan startup tersebut ingin memanfaatkan ponsel pintar untuk memudahkan akses pendanaan untuk pelaku usaha UMKM Nusantara.

[Baca Juga: East Ventures Suntik Dana ke Berbagai Startup di Indonesia]

Berdasarkan pandangan co-founder Komunal Hendry Lieviant, kesulitan pendanaan UMKM di Indonesia oleh bank biasanya dipicu dengan kurangnya riwayat pinjaman dari para pelaku usaha serta biaya operasional yang besar dalam pelayanannya. “Lewat Komunal, kami ingin membantu IMKM yang potensial untuk terus berkembang dan turut memperbaiki ekonomi Indonesia secara substansial, serta mengurangi kesenjangan,” ungkap mantan analis kredit di Goldman Sachs itu, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (3/12/2019).

Semenjak diluncurkan, perusahaan startup yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK ini sudah memberikan pinjaman Rp50 miliar untuk sejumlah UMKM yang dipandang berkualitas. Dengan Komunal yang menggandeng bank-bank wilayah serta koperasi untuk dijadikan mitra dalam proses pendanaan. Co-Founders Komunal Kendrick Winoto menyatakan, timnya bersemangat dalam melebarkan jangkauan bisnisnya, tidak hanya di area Jawa Timur tapi juga provinsi lainnya di Indonesia.

[Baca Juga: Apresiasi Pelaku Usaha Warung, Warung Pintar Gandeng Mitra Tokopedia]

Dari sisi East Ventures sendiri, perusahaan modal ventura ini menyambut baik pendanaan dengan Komunal. Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca menyebut, Komunal dan perusahaanya memiliki misi yang sejalan terkait dalam usaha mendorong inklusi keuangan di Indonesia. “Kami senang bisa turut bergandengan tangan dengan mereka dalam membuka kesempatan yang lebih baik bagi para UMKM di Indonesia,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.