60 Pelajar di RPTRA Diberi Edukasi Budaya Betawi

Pendidikan

Edukasi Budaya Betawi untuk 60 Pelajar di RPTRA Kepulauan Seribu

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Kepulauan Seribu ini memiliki berbagai fasilitas lengkap, seperti arena bermain anak, ruang aula, perpustakaan, dll. Berbagai fasilitas ini seringkali digunakan untuk berbagai kegiatan warga sekitar. Salah satunya yang terletak di kabupaten ini adalah RPTRA Amiterdam.

Pada 24 Juni 2019 lalu, dalam rangka memperingati HUT ke-492 DKI Jakarta, JejakSeribu membuat kegiatan di RPTRA Amiterdam. Lebih dari 60 peserta dari pelajar SD dan SMP di Kelurahan Pulau Untung Jawa hadir untuk mengikuti serangkaian acara yang dinamai Betawi Kita.

[Baca Juga: Kini RPTRA Rustanti Memiliki Lahan Pertanian Hidroponik]

Acara tersebut menampilkan beberapa kebudayaan Betawi. Para peserta acara yang merupakan pelajar, diberikan edukasi tentang budaya Betawi dengan tujuan agar anak-anak bangsa lebih mencintai kebudayaannya sendiri. Melansir laman Jakarta.go.id (25/06/2019), Sam Alamsyah sebagai perwakilan JejakSeribu menjelaskan, acara Betawi Kita tersebut sebagai bentuk kontribusi anak-anak muda yang cinta akan budaya, sehingga bisa memberikan edukasi budaya Betawi kepada generasi muda.

"Kegiatan Betawi Kita terdiri dari beberapa agenda acara, diantaranya edukasi budaya betawi dari Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), pelatihan tari Betawi oleh Abang None Jakarta Barat, Pelatihan Membatik, dan kegiatan nonton bareng film tentang Jakarta dan Betawi," ujar Alamsyah.

[Baca Juga: Pemkot Jakut Optimistis Juara Umum Gebyar RPTRA 2019]

Generasi muda saat ini perlu diingatkan kembali tentang kebudayaan Indonesia. Terutama dengan banyak dan beragamnya budaya yang dimiliki negri ini. Mengenal kebudayaan yang beragam di Indonesia sejak sekolah dapat membuat siswa semakin mencintai tanah airnya sendiri. Terlebih lagi dalam kegiatan acara Betawi Kita yang diselenggarakan JejakSeribu ini akan kembali mengingat budaya Betawi, budaya dari Ibu Kota Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Husein Murad, Bupati Kepulauan Seribu turut hadir dalam kegiatan tersebut. Ia mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh JejakSeribu, karena banyak hal positif yang dilaksanakan oleh anak-anak muda di Pulau Seribu, khususnya tentang eduksi. "Pemerintah akan mendukung kegiatan seperti ini," ujarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.