Edukasi Depresi dari Buku Loving Wounded Soul

Pendidikan

Edukasi Masalah Depresi dalam Buku Loving Wounded Soul

Kesehatan mental di Indonesia seringkali terabaikan, padahal kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Banyak dari mereka yang mengalami gangguan kesehatan ini merasa malu untuk memulai berkonsultasi kepada ahlinya. Baik berkonsultasi ke seorang psikolog maupun ke dokter psikiater. Padahal bila tidak segera ditangani, maka sangat berpengaruh terhadap produktivitas kehidupan mereka.

Kesehatan mental saat ini sudah banyak yang digaungkan para praktisi dan para akademisi. Salah satunya mengedukasi masyarakat yang tertuang dalam sebuah buku dengan judul Loving the Wounded Love. Buku ini ditulis Regis Machdy. Lulusan program Master of Global Mental Health dari University of Glasgow, Inggris dan co-founder Pijarpsikologi.org, sebuah startup yang fokus pada penyediaan informasi dan konsultasi psikologi gratis untuk masyarakat Indonesia.

Edukasi Depresi dari Buku Loving Wounded Soul

Buku ini berusaha membumikan konsep-konsep psikologi yang terlalu berat menggunakan bahasa ringan. Membahas depresi dari kacamata biologis, mencakup gen, struktur otak, neurotransmiter, dan bakteri. Sementara dari faktor internal mencakupi kepribadian, inteligensi, dan gender. Dari faktor lingkungan mencakup cuaca, makanan, dan budaya. Dan, yang terakhir dari faktor spiritual mencakup iman, tujuan hidup, dan cinta kasih. Terdapat 22 Bab di dalamnya dengan daftar pustaka yang cukup mendukung sebanyak 200 acuan.

[Baca Juga: Buku Ini Ulas Layanan Kesehatan Jiwa di Indonesia]

Buku Loving the Wounded Soul secara resmi diluncurkan Penerbit Gramedia Pustaka Utama pada 23 November 2019 yang bertempat di Gramedia Central Park Mall, Jakarta Barat. Dalam kesempatan yang sama juga diadakan diskusi “Pentingnya Buku Nonfiksi Kesehatan Mental untuk Meningkatkan Mental Health Literacy Bagi Masyarakat Indonesia” bersama penulis buku Loving the Wounded Soul, Regis Machdy, Founder Bipolar Care Indonesia, Igi Oktamiasih, book reviewer dari @nonfictionbookclub_, Aulia Ardista W., dan dimoderasi Psikolog Klinis Retno Utari, M.Psi. Diskusi ini bertujuan untuk mengulas lebih dalam mengenai peranan buku dalam membangun kesehatan mental di masyarakat.

Regis seorang penyintas depresi sekaligus seorang dosen di Surabaya berani menulis buku karena sedikit sekali atau tidak adanya buku yang mengulas depresi dengan bahasa Indonesia. Dalam peluncuran bukunya, Regis mengatakan “Buku tentang kesehatan mental kebanyakan terjemahan pun masih banyak yang belum diterjemahkan.”

[Baca Juga: 3 Psikolog Tulis Buku Latihan Penerimaan Diri]

Buku Loving the Wounded Soul saat ini sudah bisa ditemui di berbagai toko buku dan toko buku online. Terbitnya buku ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mempelajari lebih banyak mengenai kesehatan mental, sehingga dapat memberikan dukungan bagi penanganan masalah kesehatan mental yang belakangan ini semakin menjadi sorotan di masyarakat.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.