Edukasi Depresi dari Buku Loving Wounded Soul

Pendidikan

Edukasi Masalah Depresi dalam Buku Loving Wounded Soul

Kesehatan mental di Indonesia seringkali terabaikan, padahal kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Banyak dari mereka yang mengalami gangguan kesehatan ini merasa malu untuk memulai berkonsultasi kepada ahlinya. Baik berkonsultasi ke seorang psikolog maupun ke dokter psikiater. Padahal bila tidak segera ditangani, maka sangat berpengaruh terhadap produktivitas kehidupan mereka.

Kesehatan mental saat ini sudah banyak yang digaungkan para praktisi dan para akademisi. Salah satunya mengedukasi masyarakat yang tertuang dalam sebuah buku dengan judul Loving the Wounded Love. Buku ini ditulis Regis Machdy. Lulusan program Master of Global Mental Health dari University of Glasgow, Inggris dan co-founder Pijarpsikologi.org, sebuah startup yang fokus pada penyediaan informasi dan konsultasi psikologi gratis untuk masyarakat Indonesia.

Edukasi Depresi dari Buku Loving Wounded Soul

Buku ini berusaha membumikan konsep-konsep psikologi yang terlalu berat menggunakan bahasa ringan. Membahas depresi dari kacamata biologis, mencakup gen, struktur otak, neurotransmiter, dan bakteri. Sementara dari faktor internal mencakupi kepribadian, inteligensi, dan gender. Dari faktor lingkungan mencakup cuaca, makanan, dan budaya. Dan, yang terakhir dari faktor spiritual mencakup iman, tujuan hidup, dan cinta kasih. Terdapat 22 Bab di dalamnya dengan daftar pustaka yang cukup mendukung sebanyak 200 acuan.

[Baca Juga: Buku Ini Ulas Layanan Kesehatan Jiwa di Indonesia]

Buku Loving the Wounded Soul secara resmi diluncurkan Penerbit Gramedia Pustaka Utama pada 23 November 2019 yang bertempat di Gramedia Central Park Mall, Jakarta Barat. Dalam kesempatan yang sama juga diadakan diskusi “Pentingnya Buku Nonfiksi Kesehatan Mental untuk Meningkatkan Mental Health Literacy Bagi Masyarakat Indonesia” bersama penulis buku Loving the Wounded Soul, Regis Machdy, Founder Bipolar Care Indonesia, Igi Oktamiasih, book reviewer dari @nonfictionbookclub_, Aulia Ardista W., dan dimoderasi Psikolog Klinis Retno Utari, M.Psi. Diskusi ini bertujuan untuk mengulas lebih dalam mengenai peranan buku dalam membangun kesehatan mental di masyarakat.

Regis seorang penyintas depresi sekaligus seorang dosen di Surabaya berani menulis buku karena sedikit sekali atau tidak adanya buku yang mengulas depresi dengan bahasa Indonesia. Dalam peluncuran bukunya, Regis mengatakan “Buku tentang kesehatan mental kebanyakan terjemahan pun masih banyak yang belum diterjemahkan.”

[Baca Juga: 3 Psikolog Tulis Buku Latihan Penerimaan Diri]

Buku Loving the Wounded Soul saat ini sudah bisa ditemui di berbagai toko buku dan toko buku online. Terbitnya buku ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mempelajari lebih banyak mengenai kesehatan mental, sehingga dapat memberikan dukungan bagi penanganan masalah kesehatan mental yang belakangan ini semakin menjadi sorotan di masyarakat.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.