PIK_KAWASAN_EDUWISATA-BUAH-HATI-DI-PIK-MANGROVE_EMIL_REVISI-01.jpg

Berita Kawasan

Eduwisata Buah Hati di PIK Mangrove

Menjelang akhir pekan, orangtua acap kali memikirkan rencana untuk menikmati waktu bersama buah hati. Ada yang memilih pergi menonton film keluarga atau bahkan jalan-jalan ke mal. Namun ada juga orangtua yang ingin putra-putrinya belajar sembari berwisata. Salah satu lokasi yang menawarkan ini adalah di hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk yang juga dikenal dengan nama PIK Mangrove.

PIK Mangrove sebenarnya memiliki nama lengkap Taman Wisata Angke Kapuk. Namun karena dekat dengan perumahan Pantai Indah Kapuk, nama PIK Mangrove pun melekat dengan kawasan ini. Eduwisata ini berlokasi di Jalan Garden House, RT.8/RW.1, Kamal Muara Penjaringan, Jakarta Utara. PIK Mangrove memiliki area yang dikelilingi hutan bakau seluas hampir 100 hektar.

Di sini Anda dan buah hati bisa berjalan dan menikmati suasana alam dengan aroma laut yang khas. Hal ini sangat baik untuk keluarga yang tinggal di DKI Jakarta dan sekitarnya. Pasalnya, hampir setiap hari pemandangan yang Anda dan keluarga lihat adalah hutan belantara beton serta lalu-lalang kendaraan. Karena itulah pemandangan alam sangatlah baik untuk buah hati Anda.

Selain bisa menikmati pemandangan hutan bakau, PIK Mangrove juga menjadi rumah bagi hewan-hewan endemik di sana. Dari mulai berbagai jenis burung berukuran kecil sampai monyet-monyet berekor panjang. Bila beruntung, maka Anda dan buah hati dapat melihat burung langka yang dikenal dengan nama bangau bluwok. Bangau bluwok yang memiliki nama ilmiah Mycteria cinerea ini sebenarnya berkembang biak dekat area Pulau Rambut. Namun karena area ini berada tidak jauh dari Muara Angke, bangau bluwok kerap mengunjungi kawasan sekitar PIK Mangrove untuk mencari makan.

Selain itu, monyet liar jenis ekor panjang juga menjadi penghuni area hutan bakau. Monyet yang memiliki nama ilmiah Macaca fascicularis ini biasanya hidup berkelompok dan kerap berkeliaran di antara pohon-pohon bakau. Salah satu lokasi di PIK Mangrove yang biasa digunakan untuk melihat primata ini adalah di area jembatan gantung. Selain menjadi area untuk berfoto, fasilitas tersebut bisa Anda manfaatkan bersama buah hati untuk mengamati hewan-hewan di kawasan eduwisata ini.

Tahukah bahwasanya putra-putri Anda bisa berkontribusi dalam menjaga kesinambungan hutan bakau di PIK Mangrove? Ternyata kawasan eduwisata ini juga memiliki layanan penanaman bibit bakau. Jadi dengan merogoh kocek Rp150.000, maka putra-putri Anda diizinkan untuk menanam satu pohon di PIK Mangrove. Dengan ini, buah hati Anda akan belajar mengenai pentingnya untuk berkontribusi dalam menjaga alam sekitar mereka mengingat hutan bakau memiliki peran penting di mana salah satunya adalah untuk menahan abrasi pantai.

Lelah namun masih ingin menikmati suasana alam di PIK Mangrove? Kawasan ini juga memiliki fasilitas wahana penyewaan boat. Ada beberapa jenis perahu yang ada di sini, yaitu perahu untuk kapasitas enam orang dan dibanderol dengan tarif Rp450.000. Kemudian ada perahu dengan kapasitas 6 orang dengan biaya Rp350.000 dan terakhir adalah perahu dayung untuk dua orang yang bertarif Rp100.000.

Selain itu, di sini juga ada kantin lesehan yang cocok untuk melepas lelah usai berjalan-jalan di area hutan bakau. Kantin ini memiliki hiasan payung-payung yang digantung dan diklaim sebagai lokasi yang instagrammable di PIK Mangrove. Di dekat sini juga ada area bermain anak mini yang bisa buah hati Anda gunakan selepas berkeliling.

Untuk sampai di lokasi PIK Mangrove pun terbilang mudah, Anda bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Bila menggunakan mobil pribadi, Anda bisa masuk Tol Dalam Kota lalu keluar di Pluit, dari sana bila bingung Anda dapat memanfaatkan aplikasi Maps di ponsel pintar. Bila menggunakan umum, Anda bisa naik bus Transjakarta koridor 9A Pinang Ranti-Pluit dan turun di mal Pluit Village. Kemudian lanjut dengan angkot B01 Grogol-Angke dan turun di Pantai Indah Kapuk.

Read More


Artikel Lainnya

Menengok Penyu Sisik di Penangkaran Pulau Pramuka

Berita Kawasan

Menengok Penyu Sisik di Penangkaran Pulau Pramuka

22 May 2019, 09:00  |  6 Views

Dalam rangka peringatan Hari Penyu Sedunia, mari menengok penyu sisik di penangkaran Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Tips Atasi Ngantuk Saat Beraktivitas di Bulan Ramadan

Kesehatan

Tips Atasi Ngantuk Saat Beraktivitas di Bulan Ramadan

22 May 2019, 11:50  |  5 Views

Jika Anda sering mengantuk saat beraktivitas di bulan Ramadan, berikut cara ampuh mengusir rasa kantuk.

Revenue Meningkat Lamudi Buka Kantor Baru di GoWork Pasific Place

Properti dan Solusi

Lamudi Buka Kantor Baru di GoWork Pacific Place

21 May 2019, 11:00  |  9 Views

Dengan dibukanya kantor baru Lamudi.co.id di GoWork, Pacific Place ini merupakan bukti nyata perusahaan terhadap pertumbuhan yang di alami, yakni mencapai 300 persen.

Inilah 6 Bisnis Paling Laris di Bulan Ramadan

Bisnis

Inilah 6 Bisnis Paling Laris di Bulan Ramadan

21 May 2019, 13:00  |  6 Views

Banyak peluang usaha di momen-momen tertentu, seperti saat bulan Ramadan. Apa saja yang menjadi peluang usaha dan bisnis paling laris di bulan suci Ramadan?


Comments


Please Login to leave a comment.