Hari Buruh, Komnas Perempuan Ingatkan Kerentanan Pekerja Kala Pandemi

Berita Kawasan

Edy Rahmayadi Apresiasi Peringatan Hari Buruh Internasional di Sumut

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumut menghadiri peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) Provinsi Sumut Tahun 2021 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Sudirman Medan, (1/5/2021).

Dalam sambutannya, Gubernur mengingatkan agar buruh memahami diri dan profesi, serta seperti apa gerakan yang dibangun untuk tujuan bersama, yaitu kesejahteraan. Sebagaimana pada tema Hari Buruh kali ini, yakni Mayday Recover Together, Bersinergi dan Berinovasi Membangun Sumut Bermartabat. Sehingga perlu ada sinergi antara penguasa (pemerintah), pengusaha dan pekerja.

hari-buruh-di-sumut.jpg

“Seperti penentuan upah, jika penghasilannya kecil pasti tak akan cukup. Ketidakstabilan ekonomi kemudian akhirnya menimbulkan gejolak dan demonstrasi. Kalau di Eropa, pengusahanya menyalahi aturan sesuai tuntutan hidup layak (upah buruh), bisa didemo. Tetapi upah minimum itu ada hitungannya, harus jelas. Makanya perlu kita duduk bersama,” jelas Edy Rahmayadi, dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (1/5/2021).

Selain itu, Edy juga mengapresiasi kegiatan peringatan Hari Buruh yang berlangsung meriah di Sumut. Hanya saja, selain peringatan selayaknya perayaan itu, perlu diperkuat dengan membangun gerakan yang lebih berguna.

[Baca Juga: Hari Buruh, Komnas Perempuan Ingatkan Kerentanan Pekerja Kala Pandemi]

“Saya ingin setiap gerakan ada gunanya. Jadi tidak hanya sekadar teriak-teriak. Kalau boleh Mayday ini tidak harus hanya 1 Mei saja diperingati. Tetapi bagaimana dibuat beberapa hari kegiatan yang sifatnya duduk bersama dan menganalisis kondisi kekinian dan rencana kedepan,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Baharuddin Siagian melaporkan bahwa pelaksanaan kegiatan peringatan Mayday tahun ini berjalan dengan baik dan dirinya mengungkapkan apresiasi Gubernur kepada para buruh yang menjadikan momentum kali ini kondusif dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

[Baca Juga: Pemkot Jakpus Bagikan 209 Kartu Pekerja Pada Hari Buruh]

“Rangkaian yang sudah kita lakukan adalah seperti perlombaan sepeda hias dan pemberian hadiah lucky draw ke semua perwakilan serikat buruh, buka puasa bersama dengan Forkopimda yang dihadiri Wakapolda Sumut. Dan ketiga, kita lakukan vaksinasi untuk 100 orang buruh,” sebut Bahar.

Begitu juga kegiatan positif lainnya seperti pembagian sembako yang berasal dari berbagai instansi, yakni Polda Sumut, Apindo maupun BPJamsostek kepada buruh. Sehingga peringatan Hari Buruh sedunia disambut gembira.

“Pesan Gubernur juga agar ada analisis dan diskusi dengan pakar dan pekerja, apa yang harus kita buat untuk perbaikan kesejahteraan buruh di Sumut. Tentu ini jadi catatan penting agar 2022 bisa kita lakukan dengan baik, sehinga sentuhan pemerintah kepada buruh tidak hanya sebatas slogan,” katanya,yang kembali mengingatkan agar perusahaan memberikan THR paling lambat H-7 Lebaran.


Read More

Artikel Lainnya

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.