Efek Corona, Pemda DIY Beri Keringanan Retribusi Pedagang Pasar

Berita Kawasan

Efek Corona, Pemda DIY Beri Keringanan Retribusi Pedagang Pasar

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) lewat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) memberikan keringanan kepada pedagang pasar tradisional selama dua bulan, mulai dari April hingga Maret. Disperindag memberikan potongan untuk pembayaran retribusi karena dampak Virus Corona.

Sejak mewabahnya COVID-19, pendapatan para pedagang pasar tradisional turun drastis. Keringanan yang diberikan pun bervariasi, yaitu sebesar 2 persen hingga 75 persen. Besaran keringanan ditetapkan berdasarkan beberapa hal, seperti kelas pasar, potensi omzet, hingga luas kios.

Efek Corona, Pemda DIY Beri Keringanan Retribusi Pedagang Pasar

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono menyebutkan, pandemi COVID-19 membuat omzet pedangan semakin turun dari hari ke hari. Bahkan ada beberapa pedagang yang memutuskan untuk menutup kios arena tak ada pembeli.

“Kami harapkan keringanan retribusi ini bisa dapat meringankan beban pedagang yang sedang mengalami kesulitan di tengah wabah COVID-19 ini,” ujar Yunianto seperti yang dilansir dari cnnindonesia.com (16/4/2020).

Keringanan tersebut bisa didapatkan para pedagang ketika membayar retribusi yang bisa dilakukan secara online melalui sistem e-retribusi. Yuniato menyebutkan, nanti besaran retribusinya akan otomatis terpotong saat membayar.

[Baca Juga: Warga Terdampak COVID-19 Terima Bantuan dari Pemprov DIY]

Kebijakan ini pun akan di evaluasi secara berkala sembari memerhatikan kondisi pandemi. Jika keadaan sudah normal pada bulan Juni, kebijakan ini akan dicabut dan retribusi akan kembali normal. Namun jika kondisinya masih tidak memungkinkan, bisa jadi kebijakan ini diperpanjang.

Kebijakan ini berlaku di seluruh kabupaten yang ada di Jogja, misalnya Bantul. Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul Sukrisna Dwi Susanta menyebutkan kebijakan tersebut akan dilakukan selama bulan April terlebih dahulu.

[Baca Juga: DIY Masker: Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona]

“Kami akan gratiskan (retribusi) seluruh pedagang selama bulan April,” ujar Sukrisna seperti dikutip dari merahputih.com.

Bukan hanya itu, pemerintah daerah juga mengurangi jadwal operasional pasar tradisional. Kini, pasar tradisional hanya boleh beroperasi hingga pukul 13.00 WIB. Pemerintah juga menyediakan sabun pencuci tangan di pintu masuk dan keluar pasar, seluruh pedagang dan pengunjung pasar wajib untuk mencuci tangan sesering mungkin.

Mengingat transaksi di pasar kerap kali menyentuh sayur, buah, daging, atau pun uang yang belum tentu bersih dan bebas virus atau bakteri. Pemerintah daerah juga meminta para pedagang dan pengunjung untuk menggunakan masker mulut.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 3 months lalu
    anisa

    ⁣lindungi diri dan keluarga tercinta dari #covid19 cukup #dirumahaja bantu utk memutus rantai wabah virus corona dgn main game online di QQHarian (cari atau seacrh di google yaa). selain utk mengusir kejenuhan karna ga bisa kemana-mana juga bisa jadi pemasukan/uang tambahan selama masa pandemi virus corona ini guys.