Efek Kebocoran Data di Platform e-Commerce dan Cara Mengatisipasinya

Berita Kawasan

Efek Kebocoran Data di Platform e-Commerce dan Cara Mengatisipasinya

Kebocoran data pribadi pengguna platform e-commerce di awal pekan ini membuat penggunamenjadi gelisah terhadap privasi mereka. Setidaknya sekitar 15 juta akun pengguna diretas dan diperjual belikan di dark web. Data akun yang teretas terdiri dari nama pengguna, nomor telepon, surel, tanggal lahir dan profil. Namun, password pengguna masih belum berhasil diretas.

Apa Dampak Kebocoran Data?

Kondisi seperti ini tentunya akan mengancam data privasi pengguna. Di mana, data profiling bisa saja digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan cyber seperti blast sms penipuan, peretasan nomor WhatsApp, praktik phising dan sejenisnya.

[Baca Juga: Gandeng UMKM, Pemprov DKI Resmikan Pasar Online E-Order]

Sayangnya, kasus kebocoran ini masih belum dilandasi oleh perlindungan undang-undang terkait data pribadi. Sehingga tidak ada mekanisme yang valid untuk menuntut pihak perusahaan platform e-commerce untuk bertanggung jawab atas data pribadi user. Meski demikian, pihak perusahaan sudah memberikan solusi untuk memastikan Anda terhindar dari peretasan.

Efek Kebocoran Data di Platform e-Commerce dan Cara Mengatisipasinya

  1. Penggantian password login dari akun pengguna, sehingga Anda akan diminta untuk mengganti password akun pada laman home.
  2. Penambahan pin untuk akses login setiap pengguna
  3. Penerapan 2 Factor Authentication (2FA), dimana Anda bisa mengunduh aplikasi Google Authenticator ini secara gratis. Fungsi aplikasi ini adalah untuk memindahkan proses verifikasi dari pin dan SMS kedalam aplikasi 2FA sehingga lebih aman.

Penggunaan aplikasi marketplace saat ini menjadi alternatif berbelanja yang paling tepat paska pandemi. Kegiatan berbelanja dapat dilakukan secara remote tanpa harus keluar rumah menjadi salah satu kelebihan dari menggunakan e-commerce. Namun, sangat disayangkan jika data pribadi pengguna justru kebocoran.

[Baca Juga: Permudah Masyarakat, Pemkab Bekasi Sediakan Pasar Online]

Sebagai langkah untuk menjaga data pribadi Anda, usahakan untuk selalu mengganti password atau pin pada setiap layanan atau aplikasi yang Anda gunakan. Misalnya, rutin mengganti password akun Google atau email yang menjadi platform sarat verifikasi yang rentan teretas ketika dalam kondisi kebocoran data seperti saat ini.

Selalu jaga data pribadi Anda dengan sering mengganti password dan menghindari input daftar email ke aplikasi atau laman yang tidak ketahui.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.