Efek Kebocoran Data di Platform e-Commerce dan Cara Mengatisipasinya

Berita Kawasan

Efek Kebocoran Data di Platform e-Commerce dan Cara Mengatisipasinya

Kebocoran data pribadi pengguna platform e-commerce di awal pekan ini membuat penggunamenjadi gelisah terhadap privasi mereka. Setidaknya sekitar 15 juta akun pengguna diretas dan diperjual belikan di dark web. Data akun yang teretas terdiri dari nama pengguna, nomor telepon, surel, tanggal lahir dan profil. Namun, password pengguna masih belum berhasil diretas.

Apa Dampak Kebocoran Data?

Kondisi seperti ini tentunya akan mengancam data privasi pengguna. Di mana, data profiling bisa saja digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan cyber seperti blast sms penipuan, peretasan nomor WhatsApp, praktik phising dan sejenisnya.

[Baca Juga: Gandeng UMKM, Pemprov DKI Resmikan Pasar Online E-Order]

Sayangnya, kasus kebocoran ini masih belum dilandasi oleh perlindungan undang-undang terkait data pribadi. Sehingga tidak ada mekanisme yang valid untuk menuntut pihak perusahaan platform e-commerce untuk bertanggung jawab atas data pribadi user. Meski demikian, pihak perusahaan sudah memberikan solusi untuk memastikan Anda terhindar dari peretasan.

Efek Kebocoran Data di Platform e-Commerce dan Cara Mengatisipasinya

  1. Penggantian password login dari akun pengguna, sehingga Anda akan diminta untuk mengganti password akun pada laman home.
  2. Penambahan pin untuk akses login setiap pengguna
  3. Penerapan 2 Factor Authentication (2FA), dimana Anda bisa mengunduh aplikasi Google Authenticator ini secara gratis. Fungsi aplikasi ini adalah untuk memindahkan proses verifikasi dari pin dan SMS kedalam aplikasi 2FA sehingga lebih aman.

Penggunaan aplikasi marketplace saat ini menjadi alternatif berbelanja yang paling tepat paska pandemi. Kegiatan berbelanja dapat dilakukan secara remote tanpa harus keluar rumah menjadi salah satu kelebihan dari menggunakan e-commerce. Namun, sangat disayangkan jika data pribadi pengguna justru kebocoran.

[Baca Juga: Permudah Masyarakat, Pemkab Bekasi Sediakan Pasar Online]

Sebagai langkah untuk menjaga data pribadi Anda, usahakan untuk selalu mengganti password atau pin pada setiap layanan atau aplikasi yang Anda gunakan. Misalnya, rutin mengganti password akun Google atau email yang menjadi platform sarat verifikasi yang rentan teretas ketika dalam kondisi kebocoran data seperti saat ini.

Selalu jaga data pribadi Anda dengan sering mengganti password dan menghindari input daftar email ke aplikasi atau laman yang tidak ketahui.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.