Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

Banyak cara yang dilakukan orang yang bekerja di depan layar komputer agar lebih banyak bergerak. Bahaya gaya hidup sedentari sudah menjadi ancaman yang diwaspadai warga perkotaan. Salah satu yang mengerti tentang ancaman perilaku sendentari adalah sastrawan Eka Kurniawan.

Sastrawan Indonesia namanya mulai diperhitungkan secara internasional ini baru saja menerima Prince Clause Award. Penghargaan dari Kerajaan Belanda ini dia terima dua bulan lalu. Pada acara Prince Claus Award Celebration di Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis, Jakarta Selatan (16/2/2019), Eka bercerita sedikit tentang kebiasaan sehatnya ketika ditanya Duta Besar Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol tentang cara mengisi waktu luang.

[Baca Juga: Lebih Sehat Bersama Komunitas Sepeda Gober Depok]

“Saya suka bersepeda,” kata pria kelahiran Tasikmalaya, 28 November 1975 ini. Eka tinggal bersama istrinya yang juga seorang penulis Ratih Kumala dan seorang anak perempuan di kawasan Ciputat, Jakarta Selatan.

Beberapa sastrawan memang punya kebiasaan berjalan kaki dan bersepeda. Seperti Eka, mereka biasanya menggunakan kesempatan itu untuk bergerak dan juga berpikir. “Di Ciputat lalu lintasnya cukup ramai, jadi saya memilih bersepeda. Paling tidak kecepatan saya bisa menyamai kendaraan bermotor yang lalu-lalang,” Eka bercerita.

Penulis yangtelah menghasilak empat novel dan empat kumpulan cerpen ini biasanya bersepeda hingga ke Lapangan Terbang Pondok Cabe. Bandar Udara Pondok Cabe adalah sebuah Pangkalan Udara Militer milik PT. Pertamina yang terletak di Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, tidak jauh dari kediaman Eka Kurniawan.

Mengetik Sambil Berdiri di Standing Table

Mengetik Sambil Berdiri

Selain bersepeda, Anda juga bisa menghindari gaya hidup sedentari dengan menggunakan meja tinggi untuk mengetik di laptop atau komputer. Standing table ini cukup populer di Amerika. Dalam peneliti yang dimuat di Journal of Physical Activity and Health, berikut perbandingan pembakaran kalori dalam beraktivitas harian.

Sambil duduk, subjek studi membakar 80 kalori per jam, hampir sama dengan mengetik atau menonton televise. Saat berdiri, jumlah kalori yang terbakar hanya sedikit lebih tinggi daripada saat duduk, sekitar 88 kalori per jam.

Dengan kata lain, penggunaan meja berdiri selama tiga jam membakar 24 kalori ekstra, kira-kira jumlah kalori yang sama dalam wortel. Tampaknya kurang efektif ya? Mungkin bisa Anda tambahkan berjalan selama setengah jam ketika istirahat makan siang. Dengan demikian Anda bisa membakar 100 kalori ekstra setiap hari. Bersepeda selama satu jam seperti yang dilakukan Eka Kurniawan tentunya lebih membakar banyak kalori dibandingkan berjalan.

Dampak Sedentari

Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan adanya peningkatan jumlah penduduk di atas 10 tahun yang menerapkan gaya hidup sedentari, yaitu dari 26,1 persen pada tahun 2013 menjadi 33,5 persen pada tahun 2018. Fakta ini memberikan risiko adanya peningkatan penyakit degeneratif pada masyarakat Indonesia akibat sedentari.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga melakukan kampanye Ayo Indonesia Bergerak untuk mengurangi sedentari. Kampanye tersebut mengajak masyarakat Indonesia rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari.

[Baca Juga: Bukan Obat Tetapi Resep Olahraga yang Diberikan]

Kampanye tersebut sejalan dengan Global Action Plan for Physical Activity dari World Health Organization (WHO), yaitu peningkatan kebiasaan hidup sehat dengan aktif bergerak dan penekanan angka sedentary sebesar 10 persen di tahun 2025 hingga 15 persen di tahun 2030.

Untuk mengatasi masalah sedentari, pemerintah telah mengeluarkan Instruksi Presiden No.1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang salah satu fokusnya adalah aktivitas fisik.

Read More

Artikel Lainnya

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.


Comments


Please Login to leave a comment.