Ekosistem Literasi di Jakarta Makin Subur dengan LitBeat Literaction Festival 2019

Pendidikan

Ekosistem Literasi di Jakarta Makin Subur dengan LitBeat Literaction

LitBeat merupakan festival yang diciptakan sebagai ruang bersama bagi insan kreatif yang berkecimpung di dunia buku untuk saling belajar, bertukar gagasan, dan berbagi pengalaman terkait isu menyangkut ekosistem perbukuan. Acara ini berlangsung tidak lama setelah beberapa waktu lalu Dewan Kesenian Jakarta mengadakan Jakarta International Literary Festival (JILF) yang merupakan sastra internasional pertama di ibu kota.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan festival literasi bertajuk LitBeat Festival 2019 di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat pada Senin, 2 September 2019. Anies mengapresiasi penyelenggaraan festival literasi sebagai bentuk sumbangsih bagi seluruh komponen untuk menumbuhkan ekosistem literasi di Jakarta. "Ikhtiar memajukan literasi di Indonesia harus dimulai serius sejak usia dini dan memerlukan keterlibatan seluruh komponen, dan ekosistem menjadi hal dasar karena itu perlu pelibatan seluruh komponen," ujarnya, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta (3/9/2019).

Ekosistem Literasi di Jakarta Makin Subur dengan LitBeat Literaction Festival 2019

Salah satu komponen terpenting untuk menumbuhkan literasi adalah unsur pemerintah dan sumber daya yang terlibat di dalamnya. Karena itu Gubernur Anies menekankan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap turut serta menumbuhkan ekosistem literasi di masyarakat. "Kami berharap ekosistem literasi terus bertumbuh dan jika LitBeat ini banyak memunculkan gagasan baru, izinkan kami di Pemprov DKI terus memfasilitasi dan siap menjadi partner implementasi gagasan serta eksperimen terobosan dalam menumbuhkan ekosistem literasi," terangnya.

[Baca Juga: JILF Hadir dengan Semangat Mencoret "Pagar"]

Pemprov DKI Jakarta bersama beberapa stakeholder terkait, juga telah memiliki kegiatan dalam rangka menumbuhkan literasi. Diantaranya, pengadaan taman baca di kampung-kampung yang melibatkan para penggiat literasi, serta adanya pasar-pasar buku yang lengkap dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. "Kami menyadari akses terhadap literasi menjadi sangat penting. Maka dari itu kami di Pemprov bekerjasama dengan berbagai pihak agar akses tersebut dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat," ungkapnya.

Ekosistem Literasi di Jakarta Makin Subur dengan LitBeat Literaction Festival 2019

Sementara itu, Ketua Komite Buku Nasional sekaligus salah satu penyelenggara LitBeat Festival 2019 Laura Bangun Prinsloo, menjelaskan bahwa diperlukan beragam cara untuk menumbuhkan literasi sesuai perkembangan zaman. "Perkembangan digital dan teknologi membuat konten semakin berharga. Karena itu perlu ada cara beragam untuk mentransformasikan konten dalam buku menjadi lebih menarik. Salah satunya film yang diangkat dari buku seperti Dilan, Gundala, Bumi Manusia dan lainnya. Nah, di sini kita memberikan platform untuk para pelaku industri perbukuan yang sudah sukses untuk sharing pengalaman," tandasnya.

[Baca Juga: Literasi Digital yang Harus Dikuasai Agar Bisa Bijak Berinternet]

LitBeat Festival 2019 berlangsung selama dua hari mulai 2-3 September 2019. LitBeat Festival 2019 dikemas dalam bentuk workshop, diskusi panel, seminar, talkshow, sharing session, dan performance. Acara ini menghadirkan narasumber dari dalam maupun luar negeri yang merupakan para penulis, penerbit, editor, ilustrator, desainer, komikus, penerjemah, literary agent, pengembang IP, dan lain-lain.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.