BEKASI_KAWASAN_EKOWISATA-MANGROVE-JUGA-ADA-DI-BEKASI_EMIL_REVISI-01.jpg

Berita Kawasan

Ekowisata Hutan Mangrove Bekasi

Suasana alam tidak bisa dipungkiri menjadi dambaan setiap masyarakat perkotaan yang sudah lelah dengan kesibukan di setiap harinya. Ekowisata (wisata alam) pun menjadi pilihan utama masyarakat. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk adalah tempat wisata yang menarik, bagaimana dengan Hutan Mangrove Bekasi?

Bernama lengkap Kawasan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove atau PRPM, ekowisata ini berlokasi di Segarjaya, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Di sini pengunjung dimanjakan dengan suasana hutan mangrove yang berperan besar dalam menjaga lingkungan serta keseimbangan alam di sekitarnya. Salah satu objek wisata yang dipandang paling terkenal di PRPM adalah Jembatan Cinta Tarumajaya.

Usut punya usut, nama ini dipilih karena disinyalir jembatan tersebut kerap dijadikan lokasi untuk memadu kasih para remaja. Namun ada juga yang mengklaim bahwa jembatan yang memiliki pola warna-warni ini serupa dengan Jembatan Cinta yang berada di Pulau Tidung sehingga nama serupapun dipilih. Tempat yang sering dipenuhi oleh para muda-mudi untuk mengambil swafoto (selfie) ini juga menjadi akses utama di sana. Pasalnya, jembatan yang menyerupai warna pelangi tersebut memiliki panjang sekitar 300 meter dan digunakan para pengunjung untuk mengelilingi hutan mangrove sambil menikmati pesona alam di sana.

Lelah berjalan di area tersebut? Tenang saja, sebab terdapat saung yang biasanya digunakan oleh para pengunjung untuk beristirahat, sambil membawa minuman sendiri untuk melepas dahaga. Menikmati suasana hutan mangrove, mungkin terasa kurang cukup bagi para pengunjung yang juga ingin melihat langsung wilayah perairan yang berbatasan dengan PRPM. Hal ini dapat diatasi dengan menyewa perahu yang dapat mengantar Anda berkeliling di sekitar area perairan hutan Mangrove.

Tidak perlu khawatir kantong jebol. Sebab dengan hanya merogoh kocek sekitar Rp10.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati terpaan angin bahkan jika beruntung dapat melihat aneka hewan yang menjadikan hutan mangrove sebagai rumah mereka. Berbicara mengenai hewan yang tinggal di sana, ternyata PRPM yang juga dikenal dengan nama Muara Gembong itu menjadi habitat asli dari lutung jawa. Hewan endemik Indonesia yang memiliki nama latin Trachypithecus auratus itu termasuk dalam daftar binatang yang terancam punah, sehingga cara terbaik untuk dapat melihatnya adalah langsung mendatangi habitatnya.

Selain untuk menikmati suasana alamnya, PRPM juga menyediakan berbagai kuliner seafood yang siap menggoyang lidah Anda. Berbagai jenis ikan, kerang hingga kepiting hasil tangkapan para nelayan yang tinggal di dekat hutan mangrove tersebut dapat Anda pilih sesuai selera demi melepas lelah usai berkeliling dan menikmati suasana ekowisata di sana.

Berdasarkan kabar yang ada, salah satu jajanan populer di sana yaitu bakwan rajungan (kepiting laut) yang mungkin bisa dicoba, jika Anda seorang penggemar kuliner hewan berjenis bercangkang tersebut. Untuk mencapai lokasinya, bila Anda membawa kendaraan sendiri, maka dibutuhkan waktu kurang lebih dua jam perjalanan dari pusat Kota Bekasi dan bila bingung maka Anda bisa memanfaatkan petunjuk dari aplikasi peta (Maps) yang tersedia di ponsel pintar.

Namun, bila Anda memutuskan menggunakan angkutan umum maka disarankan untuk memilih menggunakan jasa KRL dan ketika tiba di Stasiun Bekasi dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan online, serta memilih lokasi Jembatan Cinta (Bridge of Love) di Tarumajaya untuk mencapai wilayah hutan Mangrove Bekasi.

Read More

Artikel Lainnya

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.

14 Hari Kedepan, Sejumlah Ruas Jalan di Bandung Ditutup

Berita Kawasan

14 Hari Ke Depan, Sejumlah Ruas Jalan di Bandung Ditutup

04 December 2020, 13:49

Hal ini sebagai tindak lanjut atas kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional yang diambil sebagai langkah penanganan pandemi di Kota Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.