Eksis dari 1930, Ini Toko Kue Kering Legendaris di Area Pecinan Kota Malang.jpg

Kuliner

Eksis dari 1930, Ini Toko Kue Kering Legendaris di Area Pecinan Kota Malang

Jalan Pasar Besar di Kota Malang merupakan salah satu wilayah di sana yang terkenal sebagai lokasi Pecinan dengan mayoritas warganya memang warga keturuan Tionghoa yang membuka usahanya di sana. Tak sedikit bahkan usaha tersebut sudah berusia hampir seabad yang terlihat dari beberapa toko di sini yang masih mempertahankan arsitektur lawasnya. Salah satu toko yang mempertahankan bentuk kekhasannya itu adalah Toko Madjoe yang memang dikenal sebagai toko kue kering legendaris yang sudah mulai berjualan sejak zaman Belanda!

Bagi Anda yang masuk ke generasi Z mungkin akan bertanya-tanya mengapa ada toko kue kering yang eksis selama 92 tahun terakhir, mengingat kue kering mayoritas dikonsumsi di momen hari raya. Sekadar informasi, hingga kini masih ada masyarakat yang memang wajib menyimpan kue kering di rumahnya, baik itu untuk disuguhkan ke tamu atau dinikmati di kala sedang minum kopi atau teh. Nah bagi warga Kota Malang, bila mereka berpikir untuk menikmati kue kering maka Toko Madjoe menjadi opsi utamanya.

Eksis dari 1930, Ini Toko Kue Kering Legendaris di Area Pecinan Kota Mal ang.jpg

Toko kue kering ini bisa dikatakan menjadi saksi bisu perkembangan Kota Malang. Dari mulai masa penjajahan Belanda hingga era modern, Toko Madjoe terus melayani konsumen setianya. Dari sisi produk yang ditawarkan, secara konsisten, toko kue kering ini menawarkan sekitar 25 jenis kue kering. Dari mulai speculaas, jan hagel, nastar, kastengel sampai kue semprit tersedia di sini dengan rasa yang sama seperti puluhan tahun lalu. Bahkan dari sisi fisik kue keringnya, Toko Madjoe juga memberikan bentuk-bentuk yang unik agar disukai anak-anak dengan contoh bentuk hewan.

“Toko ini sudah berdiri sejak tahun 1930. Pendirinya The Djie Hiap. Kalau sekarang dikelola oleh generasi ke-4, paman saya, Charles. Kami jual kue-kue kering dengan resep kuno. Resep turun temurun dari nenek moyang,”tutur generasi kelima pemilik Toko Madjoe Cornelia, sebagaimana dikutip dari Malangkota.go.id (24/3/2022).

[Baca Juga: Pujasera Kajoetangan, Pilihan Tempat untuk Wisata Kuliner di Kota Malang]

Toko kue kering yang berlokasi di Jalan Pasar Besar Nomor 30B ini menjual kue keringnya sesuai dengan timbangan kuno yang memang dipertahankan oleh pemilik Toko Madjoe. Dengan harganya sendiri yang bervariasi yang dimulai dari Rp150.000 per kilogramnya atau Rp16.000 per ons.

“Proses produksi kue kami sistemnya ketika kue habis kami buat kuenya. Sedangkan ketika mendekati hari-hari besar seperti Hari Raya Idulfitri kami bisa produksi setiap hari sebagai stok. Menjelang hari raya ini kami mengalami peningkatan untuk permintaan kue keringnya. Biasanya orang-orang beli untuk memberi ke kenalannya di hari raya dan untuk suguhan di rumah,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.