Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Lomba lari Borobudur Marathon 2020 kategori elite pada 15 November mendatang di kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, akan diselenggarakan dengan protokol kesehatan ketat. Salah satunya diwujudkan melalui pemantauan dan pemeriksaan kesehatan atlet secara intensif sebelum lomba.

”Penapisan dan pemantauan kesehatan atlet akan kami lakukan sejak 14 hari sebelum pelaksanaan Elite Race Borobudur Marathon 2020,” ujar Project Officer Borobudur Marathon 2020 Budhi Sarwiadhi seperti diberitakan kompas.id (30/10/2020).

Tidak hanya terhadap atlet peserta lari, penapisan atau screening dan pemeriksaan juga akan dilakukan kepada semua tim, kru, dan semua tamu undangan yang dijadwalkan hadir dan terlibat dalam acara.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Jumlah pelari yang akan terlibat dalam Elite Race Borobudur Marathon diagendakan sebanyak 30 orang. Mereka semua adalah sejumlah tokoh dan atlet lari nasional, antara lain Jauhari Johan, Atjong Tio, Trianingsih, dan Asma Bara.

Elite Race Borobudur Marathon 2020 hanya akan digelar dalam satu kategori lari, yaitu lari full marathon sejauh 42,195 kilometer. Jarak ini nantinya akan ditempuh pelari secara looping atau memutari Taman Lumbini dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur sebanyak 12 kali.

S-Pedia Gowes Sekitar Borobudur

Peluncuran atau launching rute Elite Race Borobudur Marathon 2020 akan dilakukan pada Sabtu, 31 Oktober 2020. Peluncuran serta pengecekan rute direncanakan dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, juga akan diselenggarakan S-Pedia, yaitu kegiatan bersepeda di sekitar kawasan Candi Borobudur untuk menyapa warga Magelang, sekaligus memberikan sosialisasi mengenai protokol kesehatan kepada warga Magelang dalam persiapan menyambut Borobudur Marathon 2020. S-pedia diawali dengan bersepeda di Balkondes Ngaran hingga berakhir di dalam kawasan Candi Borobudur.

S-Pedia Gowes Sekitar Borobudur

Ganjar bersama tim penyelenggara dari harian Kompas dan Bank Jateng juga akan berkeliling memberikan sosialisasi kepada warga sekitar. Mereka akan menjelaskan bahwa ajang Borobudur Marathon tahun ini akan dilaksanakan dengan konsep berbeda, yakni jauh dari keramaian.

Dalam sosialisasi nanti, kami akan menjelaskan, meminta warga agar tidak perlu mendekat atau menonton aktivitas lari yang ada di dalam kompleks candi. ”Dalam sosialisasi nanti, kami akan menjelaskan, meminta warga agar tidak perlu mendekat atau menonton aktivitas lari yang ada di dalam kompleks candi,” ujar Ganjar.

[Baca Juga: Rute Susuri Desa Ditiadakan, Borobudur Marathon Tetap Berlangsung]

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan, pada peluncuran dan pengecekan rute Elite Race Borobudur Marathon 2020, Taman Wisata Candi Borobudur akan tetap dikunjungi wisatawan. Saat peninjauan lokasi, pihaknya hanya membatasi aliran pengunjung agar tidak menghalangi akses jalan yang akan dilalui rombongan. Selama tiga hari libur cuti bersama, 28-30 Oktober 2020, total jumlah wisatawan Candi Borobudur mencapai 9.232 orang. Pada Sabtu (31/10/2020), jumlah wisatawan diperkirakan masih akan mencapai sekitar 3.000 orang.

Selain Elite Race, Borobudur Marathon pada tahun ini juga menggelar ajang lari secara virtual yang diikuti oleh 9.090 pelari. Mereka nantinya akan berlari di tempat masing-masing. Selain dari sejumlah daerah di seluruh penjuru Nusantara, sebagian pelari juga ada yang berasal dari negara asing.

Dari jumlah tersebut, persentase pelari terbanyak sekitar 43 persen akan berlari untuk kategori 10 kilometer dan 57 persen lainnya akan mengikuti kategori full marathon (FM), half marathon (HM) sepanjang 21 kilometer, dan friendship run sejauh 3,8 kilometer.

Read More

Artikel Lainnya

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Kecantikan dan Fashion

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

29 November 2020, 12:01

Koleksi T-shirt Bogart ini akan disajikan sebagai penjualan pribadi bersamaan dengan lelang online barang-barang Supreme langka lainnya.

Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Kesehatan

Kenali Bulimia, Gangguan Makan Putri Diana

28 November 2020, 17:08

Alur cerita The Crown Season 4 telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang gangguan makan tersebut dalam kehidupan nyata Putri Diana, Princess of Wales.

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

Kuliner

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

28 November 2020, 10:08

Orang Sunda mengenal kemangi dengan sebutan seraung atau lampes. Lampes juga nama yang dikenal bagi orang Jawa. Selain di Pulau Jawa, daun kemangi juga banyak dipakai dalam masakan di Indonesia bagian timur.

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

Hobi dan Hiburan

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

27 November 2020, 18:01

Berikut sinopsis empat film tersebut sebagai panduan Anda yang tidak ingin ketinggalan menonton karya yang kemungkinan besar akan merajai nominasi pada musim penghargaan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Test 4 weeks lalu
    test

    Ayo bergabung dengan qqharian.cc , banyak promo dan bonus menarik menanti anda , tunggu apa lgi , jadi lah bagian dari kami dan jadilah jutawan

  • Anisa 4 weeks lalu
    anisa

    QQHarian merupakan Website Best Betting Online Indonesia Terlengkap, Terpercaya, Terbaik, Terpopuler & Terbesar. Yang di dukung berbagai PROVIDER Ternama Dan Memberikan Promo Terbaru nya Ke semua member ( Baik Member Baru Maupun Member Setia QQHarian ) Untuk Game SPORTSBOOK ialah EVENT PESTA GOAL BONUS CUMA - CUMA IDR. 1.000.000,- Info lanjut QQHarian Buka Link Di Bawah 👇 = 🏹 Situs Resmi QQHarian ( <a href="https://qqharian.cc/" title="Best Betting Online" rel="nofollow">CLICK DISINI</a> ) :) 🏹 biolinky.co/linkgameonline ( Link Alternatif QQHarian ) 🏹 https://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )