Empal Gentong khas Cirebon Hadir di Food Festival Pluit Village

Kuliner

Empal Gentong khas Cirebon Hadir di Food Festival Pluit Village

Empal gentong merupakan kuliner tradisional khas Kota Cirebon yang memiliki rasa nikmat yang bila dilihat, sedikit banyak makanan ini menyerupai gulai. Namun hal utama yang membedakan empal gentong dengan sajian gulai pada umumnya adalah di kota asalnya, menu ini biasanya diolah menggunakan kayu bakar dengan gentong dari tanah liat yang menjadi media untuk memasaknya. Oleh karena itulah nama empal gentong itu muncul.

Seperti gulai pada umumnya, empal gentong juga menggunakan daging sebagai protein dalam makanan ini. Dengan daging yang digunakan biasanya adalah daging sapi atau jeroan yang biasanya terdiri dari usus dan babat. Untuk menikmatinya, empal gentong disajikan dengan nasi atau lontong serta sayur kucai sebagai pelengkapnya.

Empal Gentong khas Cirebon Hadir di Food Festival Pluit Village

Di kawasan Jakarta Utara sendiri, menu empal gentong bisa dikatakan tidak sepopuler masakan berkuah lainnya seperti gulai atau soto yang bisa ditemukan dengan mudah. Untungnya saat ini di kegiatan Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019 di Pluit Village terdapat satu booth yang menyajikan menu tersebut. Sekadar informasi, Food Festival yang masuk ke dalam bagian kegiatan Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019 di Pluit Village yang digelar hingga 29 Oktober 2019 memang menghadirkan makanan-makanan khas Nusantara.

[Baca Juga: Coba Cara Ini Untuk Hilangkan Bau Perengus Daging Kambing]

Untuk booth-nya sendiri yang menyajikan menu ini adalah Empal Gentong Bu Ana Khas Cirebon. Menariknya, si pemilik dari usaha kuliner ini menyebut, bisnisnya ini dibangun berdasarkan pengalamannya bekerja di restoran empal gentong. Setelah mendapatkan bekal pengetahuan mengenai resep serta cara mengolahnya, ia mulai melakukan riset kecil-kecilan dengan keluarganya. Setelah memastikan mendapatkan kombinasi rasa yang tepat, Liana pun membuka usahanya sendiri.

“Saya biasanya berjualan di gereja kawasan Cinere. Pertamanya saya tertarik ini karena kayak enggak ada yang ngangkat ya, awalnya saya bingung apa itu empal gentong? Saya pikir mirip empal biasa yang dagingnya digoreng, ternyata pas dilihat beda mankanya saya mau coba mengangkat empal gentong,” ujar pemilik Empal Gentong Bu Ana Liana kepada PingPoint.co.id pada event Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2019 di Pluit Village, Jalan Pluit Indah Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara (27/9/2019).

[Baca Juga: Penggemar Sate? Wajib Coba Dapur Mamih Sateku, Panglima Polim]

Liana mengatakan, ia sudah berjualan empal gentong selama beberapa tahun terakhir dengan rasa utama yang paling terasa dari kuah masakannya adalah rempah-rempahnya. Ia menambahkan, harga satu porsi empal gentong di booth­-nya juga terbilang terjangkau. Di mana satu porsi yang sudah dilengkapi nasi dibanderol Rp20.000-an.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.