TEBET_PROPERTI_4 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MENGECAT RUMAH SENDIRI_KIKI_1100 px X 600 px-01.jpg

Properti dan Solusi

4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengecat Rumah Sendiri

Jika Anda bosan dengan penampilan rumah Anda, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengubah warna cat dinding. Hal ini merupakan hal yang paling mudah dan bisa Anda lakukan sendiri. Anda bisa menghemat biaya tukang dan bisa menentukan konsep sesuai selera Anda. Namun melakukan cat sendiri di rumah memang merepotkan, jika Anda tidak berhati-hati justru biaya yang Anda keluarkan lebih besar dibanding menyewa jasa tukang. Sebelum eksekusi, berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum cat rumah sendiri:

  • Persiapkan Alat

Sebelum memulai proses pengecetan tentunya Anda harus menyiapkan alat-alat yang diperlukan. Dilansir dari rumah.com, biasanya Anda harus membutuhkan masking tape, lakban, Koran, tangga, amplas, dempul, kuas, kaleng air, bak cat dan roller.

  • Pastikan Dinding Bersih

Dinding harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum mulai proses pengecatan. Hal ini diperlukan untuk menghasilkan dinding yang halus dan rata. Jika cat lama Anda sudah mengelupas, sebaiknya Anda bersihkan dulu hingga dinding bersih. Agar warna merata dan tekstur dinding halus.

  • Tutupi Bagian yang Tidak Dicat

Agar cat tidak mengotori bagian yang tidak inginkan tutupi terlebih dahulu bagian-bagian yang tidak ingin Anda cat, misalnya, bingkai jendela, gagang pintu, colokan listrik. Anda bisa menutupinya dengan lakban atau masking tape. Barang - barang besar lain bisa Anda tutupi dengan koran. Jangan lupa menutupi lantai atau kaca dengan koran.

  • Kenali Masalah Untuk Menghindari Kesalahan

Karena Anda bukan seorang professional dalam bidang ini, mungkin akan terjadi beberapa kesalahan yang mungkin akan merugikan Anda nanti. Untuk itu Anda harus mengetahui masalah untuk Anda hindari. Masalah paling umum dalam proses mengecat tembok ada empat, yaitu brushmark, floating, blistering, dan flaking.

Dikutip dari sejasa.com, brushmark adalah garis-garis bekasi goresan kuas. Masalah ini merupakan masalah umum ketika Anda tidak mengetahui teknik pengecatan yang baik. Untuk mencegah hal ini, pastikan lapisan cat tembok Anda merata, kekentalan cat tepat, jangan melakukan pelapisan pada lapisan cat yang belum kering.

Sedangkan floating adalah istilah ketika warna cat yang dioleskan tidak merata. Hal ini disebabkan oleh pengadukan cat yang tidak baik sehingga warna dasarnya kurang menyatu. Untuk menghindari hal ini pastikan Anda mengaduk cat dengan benar agar konsistensi warnanya sempurna.

Lalu blistering merupakan penggelembungan akibat teknik pengecatan yan tidak tepat. Penggelembungan tersebut diakibatkan oleh air atau lapisan basah yang tertahan di bawah lapisan cat utama. Pengecatan pada permukaan yang basah ini dapat mengakibatkan cat kurang melekat. Ada beberapa cara untuk menghindari hasil pengecatan menggelembung, yaitu pastikan dinding yang akan Anda cat kering sempurna, lapis cat secara berulang. Lakukan dalam jarak waktu yang lama dan lapisi tembok setipis mungkin, dan pastikan Anda melakukan proses mengecat di musim kering, suhu ruangan juga harus kering.

Terakhir ada flaking, masalah ini merupakan masalah yang sangat umum terjadi, yaitu munculnya pengelupasan pada dinding. Hal ini disebabkan oleh lapisan dasar sebelum Anda melakukan pengecatan. Biasanya lapisan dasarnya bermutu rendah, sehingga daya rekatnya tidak bagus atau bisa jadi karena plamir yang kualitasnya buruk sehingga plamir mudah terangkat. Anda bisa memastikan tingkat kekeringan tembok sebelum mengecat, kerok lapisan cat lama sampai bersih dan gunakan plamir berkualitas tinggi

Setelah mengetahui hal-hal tersebut, Anda sudah bisa memulai untuk cat sendiri di rumah. Untuk mengetahui mana produk cat rumah yang berkualitas baik, Anda bisa cari tahu dulu via internet atau menanyakan langsung kepada toko penjual cat. Jika Anda tinggal di area Tebet, Anda bisa mendapatkan alat dan bahan untuk proses ini di Toko Cat Novi Warna, yang berada di Jl.Tebet Timur Raya, RT.10/RW.10, Tebet Timur, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.