PIK-KESAHATAN-4 JENIS LATIHAN KARDIO YANG BISA DILAKUKAN DI RUMAH-YAKUB-1100 px X 600 px-04.jpg

Kesehatan

4 Jenis Latihan Kardio yang Bisa Dilakukan di Rumah

Sejatinya, kardio berasal dari kata cardiovascular, yang artinya berhubungan dengan dua hal, yakni jantung dan pembuluh darah. Kardio berfungsi untuk membiarkan darah berserta nutrisi mengalir keseluruh tubuh.

Jika Anda jarang melakukan kardio atau bahkan tak melakukannya, banyak penyakit yang berbahaya bisa menyasar sistem kekebalan tubuh, seperti leukemia, kanker, atau serangan jantung. Agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut dan terus menjaga kesehatan tubuh, berikut empat jenis latihan kardio menurut Pingpoint.co.id yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa mengeluarkan biaya.

Lompat Tali atau Skipping

1. Lompat Tali (Skipping)

Bagi Anda penggemar olahraga tentu tidak asing lagi dengan olahraga skipping atau lompat tali. Dengan bermodalkan tali, Anda bisa melakukan salah satu jenis latihan kardio ini di rumah. Anda hanya perlu melakukan skipping selama 10 menit agar bisa mendapatkan manfaat dari olahraga ini.

[Baca Juga: Penyebab dan Penanganan Keseleo Akibat Olahraga

Salah satunya ialah lompat tali bisa meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah. Tak Cuma itu, lompat tali juga biasa digunakan untuk mengembangkan kekuatan otot kaki dan otot bagian bawah Anda secara maksimal.

Jalan Cepat

2. Jalan Cepat

Bedakan terlebih dahulu jenis olahraga jalan cepat dengan berlari. Berbeda dengan lari, jalan cepat merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang memiliki cara berjalan tanpa adanya langkah terputus dari tanah.

Jalan cepat bisa dilakukan di area rumah tanpa harus mengeluarkan biaya. Jika melakukan jalan cepat selama 30 menit setiap hari, maka salah satu jenis kardio ini akan memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Kekuatan dan ketahanan otot akan meningkat, tulang semakin kuat, dan pembuluh darah semakin lancar.

Berlari Termasuk Olahraga Kardio

3. Berlari

Berlari adalah salah satu jenis olahraga yang paling diminati oleh masyarakat. Selain mudah dilakukan dan terjangkau, berlari bisa memperlancar aliran darah, serta dapat menurunkan berat badan secara cepat.

Berlari selama 10 menit bisa Anda lakukan sebelum atau sepulang dari bekerja. Bagi para kaum pekerja, berlari mampu meningkatkan suasana hati dan berdampak pada kualitas hidup.

Burpees Sebagai Satu Jenis Kardio

4. Burpees

Burpees ialah salah satu jenis kardio yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Gerakan burpees yang sederhana dijamin akan membuat jumlah kalori dalam tubuh Anda terbakar dengan cepat.

Burpees sendiri mengandalkan gerakan kaki, otot dalam tubuh (core) dan tangan. Melakukan burpees di rumah bisa memberikan efek positif untuk kardio atau sistem metabolisme.

[Baca Juga: Eduwisata Buah Hati di PIK Mangrove]

Tapi, burpees harus dilakukan dengan ketepatan gerakan dan repetisi. Misalnya, dalam 1 menit untuk gerakan push up, Anda hanya bisa menyelesaikan 8 kali push up, bukan menjadi suatu masalah asalkan gerakannya tepat.

Jika ada niat dan kemauan, tak sulit untuk Anda ingin mencoba hidup sehat tanpa harus mengeluarkan biaya untuk fitness. Cukup dengan latihan kardio yang bisa dilakukan di rumah.


Read More

Artikel Lainnya

Batu Secret Zoo 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Malihat Potret Habitat Hewan dari 5 Benua di Batu Secret Zoo

28 September 2021, 07:06

PPKM berlevel memperlihatkan tren yang terus menurun di Kota Batu dan ancang-ancang pembukaan Jatim Park 2 tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

Berita Kawasan

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

27 September 2021, 22:08

Lomba film pendek yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

BNS 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Potret Pasar Malam yang Dimodernisasi Batu Night Spectacular

27 September 2021, 21:09

Desain-desain modern yang ditemukan di Jatim Park Grup kini bisa ditemukan di berbagai tempat wisata di Kota Batu.

Henju-2

Kecantikan dan Fashion

Henju By Gracy, Aksesori Jogja Sukses Taklukkan Pasar Dunia

27 September 2021, 20:08

Sampai saat ini Henju sudah tersebar di pasar-pasar aksesoris di berbagai negara. Konsumen terbesarnya berasal dari Amerika, Perancis , Inggris dan beberapa negara Eropa.


Comments


Please Login to leave a comment.