Empat RW Kelurahan Palmerah Jadi Percontohan Lingkungan Bersih

Berita Kawasan

Empat RW Kelurahan Palmerah Jadi Percontohan Lingkungan Bersih

Lingkungan yang tampak bersih terlihat di lokasi RW 17 Kelurahan Palmerah, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Tak heran jika kawasan ini diikutsertakan sebagai kawasan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dari pihak kelurahan setempat. Hal itu karena selain tampak bersih mulai dari jalanan maupun saluran airnya, kawasan tersebut juga dipercantik dengan pembatas line yellow, serta mural-murah cantik yang menghiasinya. Peringatan dan himbauan untuk membuat kawasan bersih dan sehat juga terlihat di pelosok kawasan tersebut.

Selain lokasi RW 17, ada tiga RW lainnya di Kelurahan Palmerah yang juga diikutsertakan sebagai pendamping kawasan PHBS, yakni RW 03, RW 09, RW 11 yang dijadikan pendamping sebagaimana dilansir barat.jakarta.go.id (25/6/2019). Diharapkan, ketiga RW pendamping tersebut bisa mengikuti jejak RW 17 sebagai kawasan PHBS. “Kami harapkan ketiga RW itu mengikuti jejak RW 17,” ujar Lurah Palmerah Mohammad Ilham.

[Baca Juga: 3 RW di Jakut Siap Hadapi Penilaian ProKlim]

Meski menjadi pendamping kawasan PHBS, ketiga RW tersebut tetap dinilai menjadi percontohan lingkungan bersih. Karena ketiga RW tersebut juga dikontrol secara maksimal guna menciptakan lingkungan yang nyaman bagi masyarakat setempat sebagaimana dikatakan Lurah Palmerah. “Di empat RW itu semuanya kita monitor. Mulai dari kesehatan balita melalui posyandu, hingga pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga,” tuturnya.

Dia juga mengatakan, pihaknya ingin membuat kawasan tersebut menjadi bersih secara menyeluruh. Sehingga, pihaknya ingin memonitoring 10 kriteria PHBS, seperti membebaskan jentik nyamuk, tersedia air bersih, hingga kawasan bebas asap rokok. 

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Selatan Terus Dorong Penerapan Sister RW]

Menurut penuturan salah satu warga di kawasan PHBS Dewi (35), dalam beberapa bulan terakhir, pihak kelurahan memberikan penyuluhan secara intens di kawasan tempat tinggalnya. Larangan merokok dan buang air besar sembarangan tidak diperkenankan, sebagaimana dilansir barat.jakarta.go.id (25/6/2019).

Tak hanya itu, warga dari kawasan PHBS juga berpartisipasi menjaga kebersihan di lingkungannya. Mereka bahkan saling mengingatkan tentang bahaya merokok. Beberapa pria dewasa tidak diperbolehkan merokok, baik di dalam rumah maupun di lingkungan rumah.

Bahkan, suami dan sejumlah pria dewasa di kawasan tersebut mulai membuat septic tank di beberapa titik. “Biar tidak langsung buang ke saluran. Supaya nggak bau,” tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

Berita Kawasan

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

11 December 2019, 15:00

Pamong Innovation Award Tahun 2019 pada 9 Desember 2019 digelar dalam rangka peningkatan kinerja para camat menyelesaikan permasalahan di wilayah masing-masing.

Suzuki Gelar Servis Gratis Untuk Angkot di Jakarta

Bisnis

Suzuki Gelar Servis Gratis untuk Angkot di Jakarta

11 December 2019, 14:00

Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya memfasilitasi 500 angkot, tahun ini ada sebanyak 700 angkot yang akan mendapatkan servis gratis

Anggaran Pembangunan Boarding School SMKN 74 Dikaji Kembali

Pendidikan

Anggaran Pembangunan Boarding School SMKN 74 Dikaji Kembali

11 December 2019, 13:00

Pengajuan anggaran pembangunan Boarding School SMKN 74, Jakarta Utara perlu dikaji kembali. DPRD meminta Disdik menundanya.

Hj Delima Tatung Rayakan Ulang Tahun ke-90 Dengan Suka Cita

Berita Kawasan

Hj. Delima Tatung Rayakan Ulang Tahun ke-90 dengan Suka Cita

11 December 2019, 12:00

Usia 90 tahun dan masih menjalani hidup dengan gembira, tentu menjadi anugerah yang patut disyukuri. Itulah yang dialami Hj. Delima Tatung dalam perayaan ulang tahunnya di Jakarta.


Comments


Please Login to leave a comment.