Empat Sekolah Wakilkan Jakarta Pusat di LSS Tingkat Provinsi

Pendidikan

Empat Sekolah Wakilkan Jakarta Pusat di LSS Tingkat Provinsi

Tim penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi DKI Jakarta telah memulai melakukan peninjauan terhadap sekolah-sekolah di Jakarta Pusat. Dari wilayah ini sendiri terdapat sekitar empat sekolah yang menjadi peserta LSS, yakni TK Royal Tots Akademi di Kecamatan Menteng, SDN 04 Kecamatan Menteng, SMPN 216 Kecamatan Senen, dan SMKN 2 Kecamatan Gambir. Salah satu aspek penting yang akan ditinjau dari empat sekolah ini adalah terkait trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Empat Sekolah Wakilkan Jakarta Pusat di LSS Tingkat Provinsi

Kedatangan tim penilai LSS tingkat Provinsi DKI Jakarta pada 23 September 2019 ini disambut Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta, Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara menyebut, pihaknya tidak melakukan persiapan khusus dalam persiapan LSS tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Tidak ada persiapan khusus ini dipandang Bayu dikarenakan sejumlah indikator yang digunakan tim LSS seharusnya sudah sejalan dengan program kesehatan di sekolah-sekolah Jakarta Pusat. “Tidak ada yang khusus yah, semua berjalan apa adanya. Sebab tujuan kami bukan soal menang atau kalah tapi bagaimana sekolah ini memperbaiki pendidikan dan pelayanan kesehatan,” ujar Wali Kota Jakarta Pusat itu, sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (24/9/2019).

[Baca Juga: Empat Sekolah Jadi Perwakilan Jaksel di LSS Tingkat Provinsi]

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Penilai LSS tingkat Provinsi DKI Jakarta Husin menjelaskan apa saja indikator yang menjadi poin penting dari penilaian timnya. Baginya trias UKS, yakni pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat merupakan indikator penting.

Husin juga memaparkan mengenai tujuan dari LSS itu sendiri yang di mana dibagi menjadi tujuan umum dan khusus. Secara umum, LSS tingkat Provinsi DKI Jakarta bertujuan melihat sisi kenyamanan para pelajar dalam menjalani kegiatannya di sekolah secara baik dan sehat, sekaligus untuk meninjau pembentukan karakter siswa dengan sekolah sehat. Sedangkan secara khusus, tujuan lomba ini untuk meninjau apakah pembinaan sekolah sehat sudah berjalan dengan baik serta untuk melihat apakah sekolah telah melakukan penjaringan kader sekolah sehat.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Dukung TK Tzu Chi dalam LSS Nasional]

Salah satu sekolah yang langsung ditinjau oleh tim penilai LSS tingkat Provinsi DKI Jakarta adalah SMK Negeri 2 yang berlokasi di Jalan Batu No.3, Kecamatan Gambir. Tim yang berjumlah 14 belas orang itu pun selain melihat berbagai fasilitas di sekolah tersebut, mereka juga langsung mendengarkan paparan dari Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Murni Astuti terkait usaha apa saja yang telah dilakukan pihaknya dalam pembinaan kesehatan sekolah.

Yah mudah-mudahan keunggulan yang dimiliki sekolah ini dan edukasi ditanamkan kepada anak didik bisa menjadi niai penting. Kami akan sangat bangga jika SMKN 2 bisa meraih juara pertama LSS tingkat DKI Jakarta serta maju ke tahap tingkat Nasional,” harap Murni.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.